Film Badarawuhi di Desa Penari tembus 2 juta penonton (Sumber gambar: (Sumber Foto: Instagram/@kknmovie)

Sedang Ramai Menjadi Perbincangan, Yuk Intip Arti Nama Badarawuhi

18 April 2024   |   16:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Nama Badarawuhi beberapa waktu belakangan kembali “menggema” di media sosial dan bioskop seiring dengan pemutaran film berjudul Badarawuhi di Desa Penari yang rilis pada 11 April 2024. Sebelumnya, sosok ini sudah menjadi perbincangan kala film KKN di Desa Penari tayang di bioskop pada 2022.

Dalam film KKN di Desa Penari atau Badarawuhi di Desa Penari, Badarawuhi adalah lelembut atau siluman ular yang ada di desa penari. Dia kerap memilih manusia untuk dijadikan dawuh atau anak buahnya di alam gaib dengan berbagai cara.

Saat seseorang menjadi dawuh, jiwanya akan terperangkap di alam lain. Sementara tubuhnya akan kaku dan matanya yang terbalik di dunia nyata.

Baca Juga: 6 Film Terlaris Indonesia Sampai April 2024, Ada Badarawuhi di Desa Penari & Siksa Kubur

Ketika dalam film KKN di Desa Penari, Badarawuhi “mengambil” dua mahasiswa yang terdiri dari satu pria dan satu wanita. Sang wanita menjadi penarinya. Sementara itu, dalam film Badarawuhi di Desa Penari, sang lelembut terlihat “memilih” banyak wanita yang ada di desa penari.

Salah satunya adalah seorang wanita yang berusaha mencari tahu penyebab kondisi sang ibu yang tubuhnya kaku dan matanya terbalik. Dalam film ini, sang wanita yang tengah mencari biang keladi penyakit sang ibu justru nyawanya terancam.

Kehadirannya di desa penari juga ternyata telah ditunggu oleh Badarawuhi. Sang siluman menginginkannya menjadi dawuh-nya di alam gaib.

Dalam film tersebut, Badarawuhi digambarkan kerap menjadi seorang wanita cantik yang pandai menari. Namun, dia bisa berubah menjadi siluman dengan bagian bawahnya berupa badan ular dan atasnya tetap seperti manusia.

Terlepas dari penggambaran tentang makhluk tersebut, lantas, apa arti nama badarawuhi? Hypeabis.id tidak menemukan kata Badarawuhi dalam Kamus Bahasa Jawa–Bahasa Indonesia dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 

Namun, dalam nama tersebut terdapat kata bada yang merujuk kepada bakda dan memiliki arti setelah atau selesai. Sementara, rawuh yang merujuk pada kata teka berarti datang atau tiba dalam Kamus Bahasa Jawa–Bahasa Indonesia dari Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
.
Untuk diketahui, Badarawuhi merupakan salah satu daya tarik dalam film KKN di Desa Penari yang rilis pada 2022 dan merupakan salah satu karakter utama. Karya tersebut berhasil menjadi yang paling laris sepanjang sejarah industri film Indonesia dengan jumlah penonton mencapai lebih dari 10 juta orang.

Sementara itu, film Badarawuhi di Desa Penari yang tayang di bioskop mulai 11 April 2024 merupakan prekuel dari KKN di Desa Penari. Film ini berhasil box office setelah meraih jutaan penonton kurang dari satu minggu.

Sampai  saat ini, Badarawuhi di Desa Penari telah ditonton oleh lebih dari 2 juta orang. Selain tayang di dalam negeri, karya dari sutradara Kimo Stamboel itu juga akan tayang di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Baca Juga: Badarawuhi Di Desa Penari Akan Tayang di Amerika Serikat & Negara Lainnya

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Sheila On 7 Bawakan Lagu Baru di Tur Konser Tunggu Aku Di 2024

BERIKUTNYA

Zico Kolaborasi Bareng Jennie BLACKPINK Lewat Single SPOT!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: