iMac Apple (Sumber gambar: Unsplash/Blvck Paris)

Apple Mac Pertama dengan Chipset M4 Siap Meluncur Akhir 2024

17 April 2024   |   12:37 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apple diprediksi bakal menyematkan chipset generasi teranyarnya, yakni M4 Series pada perangkat baru mereka yang akan dirilis akhir 2024 atau awal 2025. Kabarnya semua chipset M4 memiliki fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. 

Mark Gurman dari Bloomberg, leaker ternama untuk produk-produk Apple, mengungkap bahwa raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, AS tersebut sedang bersiap meluncurkan chip M4 Series yang terdiri dari M4, M4 Pro, dan M4 Max.

Chipset Apple M4 memang dirancang untuk fokus pada AI, serta menjadi tahap awal untuk menambahkan kemampuan kecerdasan buatan ke semua produk Apple. M4 akan hadir dalam tiga tingkatan berbeda, chip entry-level diberi kode nama Donan, kode nama Brava untuk mid-level, dan kode nama Hidra untuk high-level.

Gurman telah mengungkapkan peta jalan (roadmaps) terperinci untuk M4 Mac yang akan dirilis pada perangkat baru Apple mulai akhir 2024 hingga paruh kedua 2025.

Sejumlah perangkat yang akan ditenagai M4 Series diprediksi mencakup iMac 2024, model dasar MacBook Pro 14 inci, model high-end MacBook Pro 14 inci, MacBook Pro 16 inci kelas atas, dan Mac Mini 2024. 

Baca juga: Apple Umumkan Jadwal WWDC Tahun Ini, Digelar 10-14 Juni 2024
 

Fase awal peluncuran M4 dimulai pada akhir 2024, chip tersebut akan disematkan pada dua perangkat Apple paling populer yakni MacBook Pro 14 inci dan iMac 24 inci varian low-end.

Selanjutnya, perusahaan juga akan memperkenalkan model perangkat yang lebih tinggi dalam kurun waktu akhir 2024 sampai awal 2025, yakni varian high-end dari MacBook Pro 14 dan 16 inci dengan chipset M4 Pro/Max. Mac Mini dengan konfigurasi M4 dan M4 Pro juga bakal hadir

Sementara itu pada awal 2025, Apple bakal merilis MacBook Air 13 inci dan 15 inci dengan chipset M4, Mac Studio, dan Mac Pro. Selanjutnya pada musim semi 2025 (Maret-Mei) chipset M4 Series akan menyambangi lini MacBook Air, kemungkinan model MacBook Air 13 dan 15 inci juga akan hadir.

Fase setelahnya giliran segmen desktop profesional yang akan mendapatkan pembaruan M4 Series. Mac Studio dengan varian chipset high-end M4 Series diperkirakan hadir pada pertengahan 2025. Terakhir Mac Pro yang memfasilitasi para profesional dengan kebutuhan pemrosesan ekstrem dengan chip M4 Ultra juga dijadwalkan pada paruh kedua 2024. 

Meskipun Apple baru saja meluncurkan MacBook Pro pertamanya dengan chip M3 pada November 2023 lalu, perusahaan tersebut kini sedang memproduksi chip M4 mereka yang bertenaga AI. 

Sebetulnya desas desus Apple akan memperkenalkan kemampuan AI ini sudah banyak dibicarakan. Diduga mereka bakal memperlihatkan bocorannya dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni 2024. Kabarnya, dalam acara ini Apple juga akan memperlihatkan iOS 18 yang sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan.

Baca juga: 5 Fakta Menarik CEO Apple Tim Cook yang Inspiratif, Hobi Hiking dan Bersepeda

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jejak Kesenian Kaligrafi A.D. Pirous, Lebih dari Sekadar Estetika

BERIKUTNYA

Hypereport: Menilik Sejarah Record Store Day, Pesta Rilisan Fisik Album Musik Digelar 20 April 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: