sumber gambar: tangkapan layar laman Christie

Christie Lelang Patung Kepala Buddha dari Indonesia

06 September 2021   |   19:19 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Balai lelang Christie akan melelang patung Kepala Buddha yang terbuat dari Andesit dari Jawa, Indonesia, dalam beberapa hari lagi. Harga perkiraannya dari US$30.000 atau sekitar Rp442 juta sampai US$50.000 atau Rp738 juta. 

Dilansir dari laman Christies.com, Kepala Buddha yang terbuat dari Andesit itu berasal dari Jawa, Indonesia, pada abad 9-10 dengan tinggi 41,3 cm. Kepala Buddha yang dilelang itu merupakan koleksi pribadi seseorang dari Amerika Serikat pada 1964. 

Masih dari laman Christies.com, waktu penawaran Kepala Buddha tersebut dimulai dalam 16 hari, dan registrasi ditutup dalam 15 hari. 

Dalam keterangannya, fitur wajah Kepala Buddha yang terbuat dari andesit tersebut diukir halus, dan elemen fisiognomis yang ada terlihat terinspirasi oleh tradisi artistik Gupta di India Utara. 

Hidung yang jelas dan ikal cangkang siput yang menutupi kepala dan ushnisha. Kepala ini juga sangat mirip dengan bermacam transendetal buddha yang menghiasi stupa besar Borobudur di Jawa Tengah, yang dibuat pada awal abad kesembilan di bawah dinasti Syailendra. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Young K Ungkapkan Janji Setia dalam Lagu Guard You

BERIKUTNYA

8 Tips Menikmati Kopi biar Bikin Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: