The Beatles (Sumber gambar: Twitter/ The Beatles)

Gokil, Surat Kontrak Pembubaran The Beatles Siap Dilelang Seharga Rp7 Miliar

25 June 2023   |   22:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pesona grup band The Beatles memang tidak ada duanya. Sebab kelompok musik asal Liverpool ini masih terus menjadi perbincangan hangat meski telah bubar pada dekade 1970-an. Belum lama ini bahkan surat penandatangan kontrak pembubaran mereka juga masih memiliki nilai fantastis dan siap dilelang.

Melansir laman Music News, surat kontrak pembubaran band rock n roll itu akan dilelang oleh Gotta Have Rock and Roll. Rumah lelang yang khusus melelang barang-barang bersejarah dalam kancah musik itu kali ini menghadirkan dokumen berjudul The APPLE CORPS Limited Dissolution of Contract Signed by All Four Beatles.

Dokumen yang dikenal sebagai kontrak pembubaran The Beatles itu ditandatangani oleh personil The Beatles termasuk, George Harrison, hingga Paul Mccartney. Terdiri dari dua halaman, bahkan dokumen ini juga ditandatangani John Lennon sebanyak dua kali  pada 29 Desember 1974.

Baca juga: Merinding, Teknologi AI Hidupkan Lagi Vokal John Lennon di Lagu Terakhir The Beatles

Uniknya, meski sebatas dokumen pembubaran, tapi arsip bersejarah bagi perjalanan The Beatles itu diperkirakan akan dilelang senilai US$500 ribu dolar atau sekitar Rp7 miliar. Saat dilakukan pengecekan, lelang arsip tersebut akan dilangsungkan di laman resmi Gotta Have Rock n Roll hingga 30 Juni 2023.  

"Dokumen ini diketik dan ditandatangani oleh Paul McCartney dan R. Starkey. Dokumen ini juga dua kali ditandatangani oleh George Harrison dan John Lennon," demikian tulis laman gottahaverockandrol dikutip Hypeabis.id.

The Beatles memulai sepak terjangnya di dunia musik setelah dibentuk pada 1960. Formasi band asal Liverpool, Inggris Raya, itu terdiri dari empat personil yaitu Paul McCartney (bass, vokal), John Lennon (gitar, vokal), George Harrison (gitar, vokal), dan Richard Starkey alias Ringo Starr (drum, vokal). 

Salah satu grup band klasik dunia ini merilis lagu single pertama mereka bertajuk Love Me Do pada akhir 1962. Setahun kemudian mereka  merilis album pertama bertajuk Please Please Me yang membuat band ini mulai dikenal masyarakat meski belum begitu populer dan menamai fans mereka Beatlemania.

Namun, awal 1964, The Beatles telah berhasil menjadi bintang internasional saat membuat debut film musik mereka A hard day's night. Dari sinilah Beetles sontak menjadi pemimpin utama dalam kebangkitan budaya Inggris dengan lagu-lagu populer mereka seperti  I Want to Hold Your Hand, dan Michele.

Sepanjang perjalanan bermusiknya, band legendaris tersebut telah merilis 12 album studio salah satunya album ikonik Abbey Road. Namun, setelah bertahun-tahun bersama, The Beatles mengumumkan bubar pada tahun 1970, di mana empat personilnya fokus menjalankan karir solo atau membentuk band baru.

Belum lama ini, Paul McCartney juga kembali menghidupkan lagi suara John Lennon dalam lagu terakhirnya menggunakan teknologi AI meski sang vokalis telah wafat. Kendati McCartney tidak mengungkap judul lagu yang sebentar lagi diluncurkan itu tapi beberapa kalangan mengungkap komposisi itu adalah lagu Now and Then yang dibuat Lennon setelah The Beatles bubar pada 1978.

Baca juga: Terjual Rp7,1 Miliar, Gitar Bass Paul McCartney Jadi yang Termahal di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Risiko Jemaah Haji Kena Heatstroke Tinggi di Mina, Begini Cara Cegah & Penanganannya

BERIKUTNYA

The Heirs dan 7 Drakor Ini Bakal Berusia 10 Tahun, Nostalgia Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: