Ilustrasi Minyak Alami Untuk Rambut (Sumber: unsplash.com/@priscilladupreez)

5 Minyak Alami Ini Cocok Untuk Perawatan Rambut Pria Agar Bebas Uban

16 April 2024   |   13:58 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sama seperti kaum hawa, rambut bagi kaum pria turut menentukan gaya penampilan layaknya sebuah mahkota. Bukan hanya soal model potongannya, menjaga kesehatan rambut tentu lebih utama agar tekstur, kilau, warna, dan juga baunya dapat mendukung kepercayaan diri.

Dalam perawatan rambut, sebagian besar pria justru memiih cara instan dengan menggunakan produk perawatan kimiawi yang banyak ditawarkan di pasaran. Padahal, salah satu bahan yang aman dan efektif dalam menjaga kesehatan rambut adalah dengan menggunakan minyak alami. 

Baca juga: Cara Merawat Rambut Kusut dan Rontok, Kuncinya di Sampo dan Sisir

Melansir dari sebuah studi global oleh Medihair, sekitar 35 juta pria di dunia mengalami kerontokan rambut. Tingginya kasus kerontokan rambut itu lantaran mayoritas pria cenderung abai dalam menjaga kesehatan rambut, karena kesibukan dan tidak bisa meluangkan waktu untuk perawatan.

Tuntutan kesibukan itulah yang membuat banyak pria lebih memilih produk perawatan instan yang jauh lebih murah tanpa mempertimbangkan risikonya. Seperti mengandung banyak senyawa kimia yang jsuru dapat merusak rambut dalam jangka panjang. 

Padahal, perawatan rambut dengan menggunakan minyak alami atau minyak murni justru dapat menjadi investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang jika digunakan secara rutin.

Keuntungannya, tidak hanya terletak pada manfaat langsung, seperti membuat rambut wangi, berkilau, dan lembap, tetapi juga pada dampak jangka panjang terhadap kesehatan rambut, seperti menumbuhkan rambut baru dengan akar yang lebih kuat dan bernutrisi.

Selain itu, minyak rambut ini juga memiliki nilai tambah sebagai bahan alami yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Terdapat banyak sekali minyak alami yang dapat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Namun ada beberapa jenis minyak yang direkomendasikan bagi seorang pria untuk perawatan rambut secara rutin.


1. Minyak Argan

Kerap disebut sebagai 'emas cair', minyak argan berasal dari biji pohon argan yang berasal dari bagian barat daya Maroko. Menurut MDHair, minyak ini memiliki banyak komponen yang dapat menutrisi rambut dan kulit kepala, seperti kandungan asam lemak, antioksidan, vitamin E, dan squalene.

Semua komponen ini dapat mengurangi inflamasi yang terjadi pada kulit kepala, melindungi akar rambut, mencegah rambut kusut dan bercabang, serta mendukung pertumbuhan rambut lebih sehat.


2. Minyak Kelapa

Sama seperti minyak argan, minyak kelapa kaya akan bahan yang dapat menutrisi rambut seperti lauric acid yang dapat meresap ke dalam batang rambut dan memberi protein pada rambut sehingga lebih sehat berkilau.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat membuat rambut lembut sehingga menjadi lebih mudah untuk diatur. Menurut Healthline, ada satu keuntungan lebih dari perawatan rambut menggunakan minyak kelapa, yaitu sifat antimikrobanya yang membuat kulit kepala dapat terhindar dari berbagai infeksi.


3. Minyak Jarak

Minyak biji jarak adalah minyak yang diekstrak dari biji tanaman Castor (rinicus communis) dan sudah banyak digunakan dalam aplikasi non-medis seperti pelumasan, kosmetik, dan pelapis. Namun banyak yang tidak mengetahui keuntungannya bagi kesehatan rambut.

Menurut WebMD, minyak ini kaya akan asam linoleat, yang merupakan emolien alami, yang dapat melunakkan atau melemaskan kulit kepala. Selain itu, PharmEasy menyebut minyak jarak juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur, yang dapat mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala seperti ketombe, gatal-gatal, dan lain-lain.


4.  Minyak Jojoba 

Minyak jojoba adalah minyak alami yang diekstraksi dari biji tanaman jojoba (Simmondsia chinensis) yang  berasal dari Amerika Utara. Layaknya minyak-minyak alami lainnya, minyak Jojoba sangat bernutrisi, kaya akan vitamin B, E, C serta mineral seperti Copper dan Zinc yang dapat mengunci kelembaban pada rambut.

Melansir SkinKraft, ada sebuah keuntungan dari penggunaan minyak jojoba yang tidak dimiliki minyak lain, yaitu menghentikan uban prematur pada usia muda. 


5. Minyak Lavender

Minyak Lavender memiliki banyak manfaat yang telah dibuktikan secara ilmiah. Menurut sebuah penelitian oleh BMC Dermatology menunjukkan bahwa minyak lavender dapat membantu mencegah atau membunuh kutu rambut.

Selain itu, menurut sebuah penelitian pada 2016 oleh National Center for Biotechnology Information Amerika Serikat, minyak lavender juga terbukti dapat menumbuhkan rambut lebih tebal dan lebih cepat dari biasanya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sinopsis & Fakta-fakta Low Life, Drakor Original Terbaru Disney

BERIKUTNYA

Bocoran Spesifikasi Galaxy Watch 7, Pakai Chip Exynos W940?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: