ilustrasi bisnis laundry (sumber gambar :Darya Sannikova/pexels)

5 Ide Bisnis Paling Cuan Setelah Lebaran

11 April 2024   |   15:41 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bulan puasa memang menjadi bulan penuh berkah. Tak hanya banyak pahala di dalamnya, selama bulan Ramadan banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjalankan usaha di berbagai bidang mulai dari kuliner, fesyen, hampers, dan lainnya.

Nah, setelah momen hari Raya Idulfitri, nyatanya masih banyak peluang bisnis yang bisa dikembangkan dan cukup menjanjikan loh Genhype.

Baca juga: Eksistensi Bisnis Board Game yang Tak Tergerus Digitalisasi

Bagi kalian yang ingin menjalankan usaha dan mendapatkan penghasilan tambahan setelah Lebaran, berikut beberapa rekomendasi ide bisnis yang bisa dijalankan seperti dikutip dari berbagai sumber.


1. Bisnis Jasa Bebersih Rumah 

Biasanya saat momen Hari Raya Idulfitri, banyak para asisten rumah tangga (ART) yang mudik untuk ke kampung halamannya. Setelah libur lebaran mungkin masih banyak yang kembali bekerja tetapi tak sedikit pula yang menetap di kampungnya dan tidak kembali bekerja. Kondisi ini ternyata bisa ditangkap sebagai peluang bisnis yang cukup potensial. 

Hal ini seperti diakui oleh Fibriyani Elastria, Chief Marketing Officer Pinhome yang menyebutkan bahwa setiap momen lebaran, permintaan jasa di Pinhome Servise melonjak lebih dari dua kali lipat.

Pinhome Service sendiri menghadirkan serangkaian layanan jasa rumah tangga rumah tangga. Menurutnya, yang paling diminati adalah jasa bersih-bersih rumah, temasuk jasa cuci piring yang permintaannya pun ikut naik 33% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Jasa bebersih rumah tangga ini tak hanya diminati pada momen Lebaran saja tetapi juga hingga masa setelah Lebaran. Apalagi biasanya cukup banyak rumah tangga yang ditinggal ART mudik dan tidak kembali lagi. Sementara itu untuk mendapatkan ART yang cocok dan sesuai tidaklah mudah sehingga jasa bebersih rumah akan tetap diminati.


2. Bisnis Jasa Servis dan Cuci Kendaraan

Pada saat Lebaran, banyak masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Nah, momen ini dapat dimanfaatkan dengan mengembangkan bisnis jas servis dan cuci kendaraan. Sebetulnya bisnis ini cukup menarik sebelum Lebaran karena akan banyak kendaraan, baik mobil maupun motor yang melakukan servis serta mencuci kendaraan sebelum lebaran agar kendaraannya terlihat kinclong dan berada dalam kondisi prima saat diajak mudik, 

Namun,  pasca lebaran pun bisnis ini masih akan tetap menarik dan menguntungkan loh Genhype karena pasti akan banyak kendaraan yang setelah melakukan perjalanan jauh, perlu untuk dicuci dan diservis kembali.

Selain membuka jasa servis dan cuci kendaraan di tempat, Genhype juga bisa loh menawarkan jasa servis dan cuci kendaraan langsung di garasi pengguna, seperti jasa yang juga ditawarkan oleh Pinhome Servis. Menurut Fibriyani, jasa servis ini meningkat dua kali lipat sepanjang 2023 sehingga akan menjadi bisnis yang menguntungkan pasca momen Lebaran.


3. Bisnis Jasa Laundry

Bisnis jasa laundry ini akan mulai meningkat terutama di kota-kota besar pada saat momen Lebaran ketika banyak ART yang pulang kampung. Daripada harus sibuk mencuci dan menyetrika sendiri pakaian di rumah, banyak yang memilih untuk menggunakan jasa laundry. Ini bisa dijadikan peluang yang menguntungkan, tidak hanya pada momen Lebaran saja tetapi juga akan tetap menguntungkan ketika dijalankan pasca Lebaran.

Memang saat ini persaingan sudah cukup ketat, karena itu perlu melakukan berbagai inovasi. Misalnya saja dengan melakukan layanan jemput bola atau mendatangi dan mengambil langsung pakaian konsumen yang ingin laundry. 


4. Bisnis Makanan Sehat

Saat momen Lebaran, masyarakat banyak mengonsumsi makanan bersantan dan berlemak yang tinggi kolesterol dan kalori. Nah, biasanya setelah melewati Lebaran, banyak masyarakat yang kembali ingin menjaga pola makan. Untuk itu mereka membutuhkan berbagai jenis menu makanan sehat. Namun sering kali mereka tidak memiliki waktu untuk menyediakan menu makanan sehat yang enak dan bergizi. 

Kondisi ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan, misalnya dengan menyediakan catering makanan sehat atau minuman alami. Bisnis catering makanan sehat ini bisa dipromosikan melalui orang-orang terdekat di lingkungan sekitar atau bisa juga melalui media sosial.


5. Bisnis Hewan Kurban

Setelah Hari Raya Idulfitri, selanjutnya umat Muslim akan merayakan Hari Raya Iduladha. Momen Lebaran biasanya banyak dimanfaatkan dengan menyisihkan sebagian THR yang didapatkan untuk membeli hewan kurban baik sapi, kambing, maupun domba. 

Kondisi ini bisa ditangkap sebagai sebuah peluang bisnis yang menguntungkan pasca lebaran dengan menyediakan berbagai hewan kurban yang berkualitas dengan proses penjualan yang mudah dan transparan. Manfaatkan media sosial dan media website untuk mempromosikan hewan kurban yang akan dijual.

Nah Genhype, itu dia tadi lima ide bisnis yang bisa dicoba bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis atau mendapatkan penghasilan tambahan pasca Idulfitri. Selamat mencoba. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Syarat Naik Kereta Api Bagi Ibu Hamil

BERIKUTNYA

Deretan Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara, dari Arab Saudi hingga Suriname

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: