Hubungan antara mertua dan menantu memerlukan pemahaman, kesabaran, serta keterampilan penyesuaian diri (sumber gambar: Canva)

Tips Mudik ke Rumah Mertua untuk Pengantin Baru: Dijamin Akur, Anti Canggung!

07 April 2024   |   22:30 WIB

Like
Hei, pengantin baru! Setelah sekian waktu tinggal bersama pasangan, hidup terpisah dari orang tua dan mertua, akhirnya, waktu mudik datang juga. Mudik ke rumah orang tua sih biasa saja, ya, tapi kalau mudik ke rumah mertua, hmm …

Sebagai pengantin baru, mudik ke rumah mertua bisa menjadi momen yang menegangkan. Ada banyak ekspektasi yang harus dipenuhi, adat atau budaya yang harus dipahami, serta kebahagiaan yang harus dibagikan. Jika tidak pandai menempatkan diri, bisa menimbulkan konflik. Seperti dilansir dari Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora (2023), 60 persen pasangan suami-istri mengalami ketegangan dalam hubungan dengan mertua, terutama antara menantu perempuan dan ibu mertua. Duh!

Mungkin yang tersisa dari ingatan adalah canda tawa dengan mertua dan keluarga besar pasangan saat pesta pernikahan. Apakah rasanya masih akan sama saat mudik ke rumah mereka? 

Baca Juga: 9 Cara Mencegah & Mengatasi Mabuk di Perjalanan Selama Mudik dan Libur Lebaran

Tenang, berikut ada beberapa tips untuk pengantin baru yang mudik ke rumah mertua. Dari rasa canggung, siapa tahu menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan untuk semua.

 

Persiapan Sebelum Mudik 

  • Komunikasi Terbuka
Komunikasi yang jujur dan terbuka adalah kunci utama untuk mengatasi potensi konflik. Sebelum perjalanan dimulai, diskusikan harapan dan kekhawatiran dengan pasangan dan buka ruang untuk mendengarkan satu sama lain. Pastikan juga memberi tahu rencana perjalanan dan jadwal keberangkatan dengan baik kepada keluarga mertua.
  • Siapkan Mental  
Memasuki lingkungan baru bisa menimbulkan perasaan cemas. Sebelum mudik, luangkan waktu untuk mempersiapkan diri secara mental. Fokuslah pada hubungan positif yang ingin dibangun dengan mertua dan keluarga pasangan. Ingat, mereka juga pasti bersemangat untuk mengenal lebih dalam menantunya.
  • Kenali Budaya Lokal
Setiap daerah mempunyai adat istiadat dan budaya tersendiri. Sebelum pergi, tidak ada salahnya untuk mempelajari tradisi dan kebiasaan mertua dan keluarga pasangan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghormati dan memperkuat hubungan.

 

Saat Tiba di Rumah Mertua

  • Bawa Hadiah
Membawa hadiah ke rumah mertua adalah tindakan sederhana yang dapat berdampak besar. Pilihlah hadiah yang bermakna dan sesuai dengan minat atau kebutuhan mertua atau keluarga pasangan. Membawa hadiah dapat menunjukkan kepedulian menantu terhadap keluarga pasangan.
  • Ajukan Pertanyaan dan Jadi Pendengar yang Baik 
Menjalin hubungan yang baik dengan mertua atau keluarga pasangan dapat juga dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan mendengarkan apa yang mereka ceritakan. Tunjukkan minat pada kehidupan mertua dan sesekali, berbagi cerita juga tentang diri sebagai seorang menantu.
  • Bantu Pekerjaan Rumah Tangga
Menunjukkan bahwa siap membantu dalam pekerjaan rumah tangga dapat memberikan kesan yang baik kepada mertua atau keluarga pasangan. Tawarkan bantuan dalam mempersiapkan makanan, membersihkan rumah, atau melakukan tugas-tugas lain yang diperlukan.
  • Bersyukur dan Bersabar
Ingatlah untuk selalu bersyukur atas kesempatan yang ada dan bersabar dalam menghadapi situasi yang mungkin sulit. Jangan ragu untuk meminta bantuan pasangan jika merasa terbebani atau tidak nyaman.

Mudik sebagai pengantin baru ke rumah mertua adalah langkah penting dalam membangun hubungan yang harmonis dengan keluarga pasangan. Walau, diakui, hubungan menantu dan mertua adalah dinamis dan memerlukan pemahaman, kesabaran, serta keterampilan penyesuaian diri. Dengan mengikuti tips di atas dan membawa sikap yang positif, menantu dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan berharga bagi semua orang.

Selamat mudik, ya, semoga perjalanannya penuh dengan kebahagiaan!

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Peggy Gou Bocorkan Bakal Manggung di We The Fest 2024, Catat Tanggalnya!

BERIKUTNYA

Cek Deretan Pantai Indah di Sepanjang Kawasan Pantura, Pemudik Wajib Melipir!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: