Sejumlah ruas jalan di Jakarta terpantau lengang. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Abdurachman)

Lebaran Enggak Mudik, Cek Rekomendasi Tempat Healing di Jakarta

10 April 2024   |   10:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Wisata di Jakarta enggak selalu harus ke mal atau kafe. Di tengah keramaian perkotaan yang hiruk-pikuk Jakarta tak pernah kehabisan tempat-tempat yang asyik dikunjungi, terutama bagi Genhype yang sedang ingin healing dan melepas penat.

Di tempat-tempat ini, kamu bisa merenung, bersantai, atau mengeksplorasi hal-hal yang belum pernah dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa me-time di tempat yang memiliki pemandangan dan suasana yang mendukung. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta.

Baca juga: Lebaran di Jakarta? Beragam Acara di Ancol Dapat Menjadi Pilihan


1. Hutan Kota GBK

Jika ingin mencari tempat yang tenang di Jakarta, Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) bisa jadi salah satu opsinya. Setelah direnovasi, Hutan Kota by Plataran ini memang menawarkan pemandangan yang sangat cantik.

Pengunjung bisa duduk-duduk di area padang rumput yang hijau sembari melihat deretan gedung bertingkat di Jakarta. Di sini, pengunjung bisa menikmati sensasi piknik yang menyenangkan.

Selain taman rerumputan, pengunjung juga bisa menikmati area kolam trembesi dengan konsep alas kayu di atasnya. Terlebih, tempat ini bisa diakses tanpa biaya masuk sehingga cocok bagi kalian yang mencari tempat healing, tetapi tetap hemat.
 
 


2. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park merupakan taman kota yang baru diresmikan pada 2022. Dahulu, tempat ini lebih dikenal dengan nama Taman Tebet. Setelah direvitalisasi, Tebet Eco Park berubah jadi taman buatan yang menawarkan banyak hal seru.

Dua kawasan taman yang awalnya terpisah dan berseberangan, yakni Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan, kini telah menjadi bergabung dan disulap menjadi taman baru yang mengedepankan fungsi ekologi, sosial, edukasi dan rekreasi.

Terletak di Jakarta Selatan dengan area seluas 7,3 hektare, pengunjung bisa bisa menikmati suasana pepohonan hijau, duduk-duduk, bercengkerama, hunting foto, hingga berolahraga. Tempat ini juga bisa dikunjungi secara gratis.
 
 


3. Pantai Ancol

Pantai Ancol cocok bagi kalian yang ingin suasana syahdu dan menenangkan. Ada beberapa spot yang ikonik di sini, yakni Pantai Indah dan Jembatan Cinta di Pantai Bende Ancol. Keduanya merupakan favorit warga Jakarta.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati sensasi piknik di Ecopark Ancol, melihat pameran seni di Pasar Seni, keliling Ancol gratis memakai bus Wara Wiri atau kereta Sato Sato, serta kulineran asik bareng keluarga. Biaya masuk ke pantai Ancol berkisar Rp30.000.
 

(JIBI/Bisnis/Suselo Jati) H+3 LEBARAN PENGUNJUNG ANCOL MENURUN Wisatawan memadati Pantai Carnaval Ancol di Jakarta, Selasa (25/4).

(JIBI/Bisnis/Suselo Jati) H+3 LEBARAN PENGUNJUNG ANCOL MENURUN Wisatawan memadati Pantai Carnaval Ancol di Jakarta, Selasa (25/4).


4. Pos Bloc Jakarta

Berkunjung ke Pos Bloc adalah pilihan yang tepat jika Genhype ingin sekadar bersantai. Tempat yang berlokasi di Jakarta Pusat ini dibuka sejak awal September 2021

Salah satu ciri khas menarik dari tempat ini adalah bangunannya yang klasik. Sebab, Pos Bloc berada di gedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung kator Pos Pasar Baru.

Di sini, pengunjung bisa nongkrong dan bersantai, baik di area luar maupun dalam. Ada banyak toko makanan dan minuman kekinian yang bisa dipesan. Selain toko makanan dan minuman, Pos Bloc juga memiliki toko-toko yang menjual produk ekonomi kreatif (ekraf).
 
 


5. Mbloc Space

M Bloc Space yang merupakan creative hub merupakan tempat yang asyik untuk nongkrong dan healing sejenak dari penatnya kota. Berada di bangunan tua yang dulu bekas perumahan pegawai Perum Peruri, tempat ini memadukan unsur klasik dan kekinian yang menarik.

Hal utama yang membuat nongkrong jadi lebih asyik di M Bloc Space adalah karena kafe dan tenant makanan yang bervariasi. Selain itu, sebagai ruang publik kreatif, ada sejumlah event yang cukup rutin diadakan di M Bloc, mulai dari live music, pameran, workshop, hingga peluncuran buku.

Di sini, pengunjung pun bisa menemukan beberapa spot foto yang jadi favorit pengunjung di antaranya tembok dengan aneka mural artistik, melihat museum, hingga berburu aksesoris dan komik.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by M Bloc Space (@mblocspace)

 


6. Setu Babakan

Di Setu Babakan, pengunjung bisa menemukan danau yang cukup asyik. Menjadi bagian daerah cagar budaya betawai di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, tempat ini bisa dijadikan lokasi healing yang berbeda.

Luasnya 165 hektare dan diapit oleh perkambungan masyarakat betawi. Pemandangan danau yang tenang
dan angin semilir membuat siapa saja yang berkunjung akan merasakan sesuatu yang beda. Selain itu di sini juga terdapat wisata air seperti sepeda air, olahraga kano dan memancing.

 
 


7. Taman Langsat

Berlokasi di Jalan Barito, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman Langsat bisa menjadi pilihan ruang terbuka yang asyik. Di sini, pengunjung bisa bersantai dan menikmati udara segar.

Bagi yang ingin berolahraga, tersedia area jogging track sepanjang 750 meter dengan lebar lintasan 2 meter. Namun, bagi yang ingin bersantai, pengunjung juga bisa menikmati area koleksi tanaman dan suasana hijau yang asri. Lalu, ada juga area permainan anak, dari jungkat jungkit, ayunan, hingga seluncuran.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Grebeg Syawal hingga Riyoyo Kupat, Ini Tradisi Lebaran Unik di Berbagai Daerah di Indonesia

BERIKUTNYA

Asal Mula & Sejarah Halalbihalal, Tradisi Idulfitri Khas Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: