Ilustrasi gawai (Sumber gambar: Unsplash/ Christian Wiediger)

Penyebab Instagram dan WhatsApp Down, Kini Telah Berangsur Pulih

04 April 2024   |   09:50 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dua aplikasi Meta, WhatsApp dan Instagram mengalami down pada dini hari tadi, Kamis (4/6/2024). Gangguan atau eror pada dua aplikasi tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi bersifat global. Efeknya, pengguna tak bisa mengakses layanan aplikasi tersebut sementara waktu.

Situs Downdetector mencatat gangguan mulai terdeteksi sekitar pukul 02.00 WIB. Lonjakan laporan masalah akibat pembatasan akses mulai membludak setelahnya. Setidaknya ada sekitar 82.000 kasus hanya dalam waktu kurang dari setengah jam kemudian.

Baca juga: Aplikasi Whatsapp Bakal Terintegrasi Chatbot Meta AI

Beberapa pengguna mengeluhkan gangguan terbanyak terjadi pada feed mereka. Laman utamanya tidak bisa menampilkan konten terkini seperti apa yang seharusnya terjadi. Halaman utama justru berisi posting-an dari konten-konten lama.

Sementara itu, gangguan yang terjadi di WhatsApp lebih pada layanan prapesan instan. Pengguna tidak bisa mengirim pesan kepada orang lain dan menerima pesan dari orang lain. Koneksi server juga mengalami perlambatan.

Sejauh ini, baru WhatApp yang sudah angkat bicara mengenai masalah yang terjadi. Mereka mengakui bahwa pada dini hari tadi terjadi sebuah masalah yang membuat aplikasinya terganggu. Namun, mereka tak memerinci masalah tersebut.

“Kami tahu beberapa orang mengalami masalah saat ini, kami berupaya mengembalikan semuanya ke 100% untuk semua orang secepat mungkin,” tulis WhatsApp di akun X dikutip Hypeabis.id, Kamis (4/4/2024).
 

Ilustrasi WhatsApp (Sumber gambar: Unsplash/Alexander Shatov)

Ilustrasi WhatsApp (Sumber gambar: Unsplash/Alexander Shatov)


Sementara itu, pihak Instagram maupun Meta belum memberikan konfirmasi apa pun. Akun Instagram Mark Zuckerberg juga sama sekali tak mengeluarkan pernyataan atau menyinggung masalah ini.

Beruntungnya, gangguan di dua aplikasi ini tidak berlangsung terlalu lama. Sekitar pukul 05.19 WIB, WhatsApp mulai berangsung normal kembali. Begitu pula dengan Instagram yang kini mulai pulih. “Dan kami kembali. Selamat mengobrol!” imbuh WhatsApp.

Gangguan yang terjadi pada aplikasi Meta ini merupakan kali kedua pada tahun ini. Jarak gangguan pertama dan kedua juga tidak berjalan terlalu jauh. Sebelumnya, Meta juga sempat mengalami masalah pada Maret 2024.

Saat itu, tiga aplikasinya, Instagram, Facebook, dan Threads, mengalami gangguan secara bersamaan. Pengguna mengeluhkan karena tiba-tiba logout dan sulit untuk login kembali.

Situs pemantau traffic Downdetector saat itu mencatat puncak gangguan ini terjadi pada Selasa (5/3) di atas pukul 22.00 WIB atau pukul 10.00 ET. Gangguan ini juga terjadi secara global.

Di Indonesia, Instagram terdeteksi mencapai puncak down pada Selasa (5/3) pukul 22.29 WIB dengan 9.141 laporan. Angkanya kemudian terus melandai. Data pukul 06.19 WIB mulai terus membaik hingga menjadi menunjukkan 25 laporan.

Juru bicara Meta Andy Stone di Twitter alias X kala itu mengakui kalau aplikasinya sedang bermasalah. Namun, lagi-lagi tanpa memberikan alasan teknis apa yang sedang terjadi di dalamnya.

Kendati demikian, Andy juga meminta maaf atas masalah yang terjadi. Sebab, gangguan ini membuat banyak orang merasa tidak nyaman karena akses komunikasi jadi terganggu.

"Sebelumnya hari ini, ada masalah teknis yang menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan kami. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk semua orang yang terkena dampaknya, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," tulisnya di X.

Baca juga: Ini Cara Memulihkan Akun WhatsApp yang Terblokir Karena Dugaan Spam

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Panda Fu Bao Pulang Kampung ke China, Warga Korea Selatan Bersedih

BERIKUTNYA

Mau Travelling dengan Toddler Tanpa Pusing? Yuk, Simak 6 Tips Berikut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: