Musang madu (Sumber foto: Instagram/huntingforparadise)

Fakta-fakta Musang Madu, Mamalia Kecil yang Terkenal Ganas & Pemberani

02 April 2024   |   18:59 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian tentang hewan yang paling pemberani di dunia? Mungkin beberapa akan menjawab singa atau macan sebagai hewan yang tidak mengenal kata takut. Namun, hewan yang tak memiliki rasa takut dan terkenal paling ganas di dunia adalah musang madu (Honey Badger) 

Musang madu atau Mellivora capensis adalah hewan mamalia pemangsa yang berasal dari Afrika dan Asia. Di antara keragaman hewan-hewan di dunia, musang madu dikenal sebagai salah satu yang paling pemberani. Ukurannya yang tak cukup besar tapi keberaniannya yang luar biasa, membuatnya menjadi salah satu predator puncak di habitatnya.  

Baca juga: Fakta Unik Binturong, Hewan Peliharaan Irfan Hakim yang Viral
 

Dilansir dari National Geographic, musang madu termasuk jenis famili Mustelidae, satu klasifikasi dengan sigung, berang-berang, dan musang lainnya. Walaupun musang madu termasuk omnivora, tapi mereka juga memakan madu serta larva lebah madu. Tak hanya itu, mereka juga memakan serangga, amfibi, reptil, burung, mamalia, akar, umbi, beri, dan buah-buahan.

Walaupun ukuran mereka lebih kecil daripada banyak predator lainnya, musang madu tak segan untuk melawan dan membela diri. Mereka dikenal karena kemampuan bertarung yang tangguh, dengan gigi dan cakar yang kuat untuk melindungi diri dan wilayahnya.

Bahkan, musang madu telah dinobatkan sebagai hewan mamalia yang tak kenal takut di dunia. Berikut adalah fakta-fakta tentang musang madu. 


1. Hewan paling pemberani di dunia

Pada 2002, musang madu dinobatkan sebagai hewan yang tak kenal takut oleh Guinness Book of World Records. Tak hanya memburu mangsa mereka sendiri, tetapi musang madu juga dikenal karena keberaniannya dalam melawan musuh-musuh yang jauh lebih besar daripada mereka, seperti singa atau hyena. 
 

2. Kecerdasan tinggi 

Musang madu adalah salah satu hewan yang sangat cerdas. Hal ini dibuktikan dari kepintarannya dalam mencari makan dan bersembunyi. Musang madu dapat menggali terowongan bawah tanah yang besar untuk bersembunyi dari mangsanya. Selain itu, mereka juga memiliki gigitan yang sangat kuat dan cakar tajam yang digunakan untuk mencabik-cabik mangsanya. 


3. Kulit yang tebal

Dilansir melalui Worldwide Experience, musang madu memiliki kulit yang sangat tebal, bahkan lebih tebal dari semua hewan lainnya (selain gajah, badak, dan jerapah). Kulit mereka setidaknya memiliki tebal 6 milimeter, jauh lebih tebal dibandingkan kerbau yang ukurannya 50 kali lipat. Kulit tebalnya merupakan bentuk pertahanan diri dari ancaman tombak, anak panah, sengatan lebah, dan cengkraman predator khususnya ular. 

Ketika hewan yang mengancam menggigit atau mencoba meraih dan memegang musang madu, musang itu dapat memutar dan melepaskan kulitnya sehingga pemangsa hanya mendapatkan kulit ari yang kenyal. Pada saat yang sama, musang madu dapat berputar dan memberikan gigitan atau pukulan dahsyat, dengan cakarnya yang besar kepada musuhnya.
 

4. Telinga yang tidak terlihat

Musang madu tidak memiliki telinga yang bisa dilihat karena kulit tebal di belakang kepala mereka. Kondisi ini ternyata bermanfaat, yang membuat mereka tidak mudah digigit atau dicakar saat sedang berkelahi. Meskipun tak terlihat, musang madu masih memiliki indra pendengaran yang sangat baik serta indra penciuman yang tajam. 
 

5. Memiliki gigi dan rahang yang kuat

Musang madu terkenal karena gigi dan rahangnya yang sangat kuat dan tajam. Sekali menggigit sesuatu, sulit memaksa mereka untuk melepaskannya. Bahkan, rahangnya cukup kuat untuk membuka cangkang penyu serta melahapnya hidup-hidup. Cakarnya juga relatif besar dan dapat menggali dengan cepat di tanah yang keras.

Baca juga: Baca juga: 6 Hewan Indonesia yang Telah Dinyatakan Punah, Terbaru Ikan Pari Jawa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Opor Ayam Tanpa Santan, Alternatifnya Pakai Susu dan Krimer

BERIKUTNYA

Sejarah & Prank April Mop yang Paling Mengejutkan Jagat Dunia Maya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: