Adidas Samba (Sumber gambar: Our Daily Dose)

5 Sneakers Ikonik dari Brand-brand Ternama, Genhype Sudah Punya?

02 April 2024   |   14:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Berbicara tentang sepatu, jenis sneakers mungkin jadi salah satu yang begitu akrab di telinga Genhype. Di antara berbagai kategori yang ada di pasaran, produk alas kaki sneakers seolah simbol ikonik dan tetap menjadi buruan para pencintanya. 

Sneakers merupakan alas kaki yang dikenal pada akhir 1800-an. Pada saat itu, model sepatu ini disebut dengan sneaks lantaran menggunakan karet sebagai solnya, sehingga tidak menimbulkan suara seperti sepatu umumnya ketika digunakan berjalan.

Baca juga: 5 Sneakers dengan Harga Fantastis, Melangkah dalam Gaya Hidup Menengah

Seiring proses industrialisasi yang makin berkembang, banyak produsen sepatu membuat sneakers lantaran peminatnya terus bertambah dari tahun ke tahun. Tidak hanya itu, sneakers tidak lagi sekadar berfungsi sebagai alas yang melindungi kaki, tapi menjadi simbol ekspresi dan kreativitas. 

Buat kalian para penggemar pencinta sepatu model tersebut, ini lo sneakers paling ikonik dari brand-brand ternama, menurut Our Daily Dose. Simak yuk. 
 

1. Adidas Samba

Adidas Samba menjadi produk pertama dalam list sneakers ikonik yang bisa dikoleksi. Adidas memproduksi alas kaki ini pertama kali pada 1950-an dan ditujukan untuk memudahkan para pemain sepak bola asal Jerman yang bertanding dengan kondisi lapangan yang dilapisi es.

Sepatu ini memiliki teknologi outsole yang diklaim dapat membuat penggunanya bergerak lincah lantaran memiliki daya cengkeram yang baik. Sekarang, sepatu ini menjadi pilihan para pencinta sneakers klasik dan tidak terbatas pada penggemar olahraga sepak bola. 
 

2. Vans Old Skool 

Vans Old Skool (Sumber gambar: Vans)

Vans Old Skool (Sumber gambar: Vans)

Sneakers dari jenama Vans bernama Old Skool ini pertama kali meluncur pada 1977. Sepatu ini memiliki ciri khas Jazz Stripe yang merupakan rancangan dari Paul Van Doren, yang berada di bagian samping.

Selain Jazz Stripe, Vans Old Skool juga menjadi pilihan dan favorit banyak pencinta sneakers lantaran memiliki desain plimsoll tebal, bahan suede atau kanvas, serta lapisan atas yang kokoh. 
 

3. Nike Dunk Low

Sepatu rancangan Peter Moore ini juga menjadi salah satu sneakers yang ikonik dan digemari banyak orang. Peter Moore adalah orang yang ada di balik desain sepatu Air Jordan 1, Nike Terminator, dan Air Force 1.

Nike Dunk Low pertama kali meluncur pada 1985 dan ditujukan untuk para pemain basket. Namun, alas kaki itu pada akhirnya digunakan oleh banyak pemain skateboard. Sepatu ini memiliki desain yang sederhana dan perpaduan warna yang kontras. 
 

4. Puma Suede 

Puma Suede (Sumber gambar: Puma)

Puma Suede (Sumber gambar: Puma)

Puma Suede adalah sneakers yang pertama kali keluar pada 1968. Sebelum mengusung nama Suede, alas kaki dari jenama ini terkenal dengan sebutan Crack. Namun, saat perusahaan bekerja sama dengan pemain basket Walt ‘Clyde’ Frazier, sepatu ini berganti berubah nama menjadi Clyde.

Pada saat itu, sang atlet menginginkan sepatu dengan warna yang berbeda untuk setiap pertandingannya. Perusahaan menyanggupinya, sehingga menggunakan bahan suede untuk memudahkan proses pewarnaan. Saat kontrak dengan Frazier berakhir pada 1970, sneakers ini juga berganti nama dari Clyde menjadi Puma Suede. 
 

5. Asics Gel

Asics Gel pertama kali eksis pada 1987. Pada saat itu, sneakers yang bernama Asics Gel-Lyte dengan teknologi gel tersebut hanya memiliki bobot 500 gram.

Sepatu itu memiliki rancangan khusus untuk pelari yang mementingkan kecepatan, bobot ekstra ringan, dan teknologi terkini. Untuk diketahui, teknologi gel pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan asal Jepang tersebut pada 1986. Pada saat itu, mereka berusaha mengurangi terjadinya cedera dengan cara menyerap dan mendistribusikan guncangan.

Baca juga: Intip Koleksi Sneakers Rayi RAN, Ada 150 Pasang Loh!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resmi Wamil, Song Kang Tulis Pesan Menyentuh untuk Penggemar

BERIKUTNYA

Ramai Film Lokal Masuk Box Office, Platinum Cineplex Tambah Bioskop Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: