Pemeriksaan kaki-kaki mobil. (Sumber gambar: Pexels/cottonbro studio)

Ini Pentingnya Cek Kaki-kaki Mobil Sebelum Mudik

31 March 2024   |   11:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu persiapan yang perlu menjadi perhatian Genhype sebelum melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi memeriksa kondisi kaki-kaki mobil. Pemeriksaannya cukup penting karena dapat berpengaruh terhadap keseimbangan dan kestabilan mobil. 

Dikutip dari laman Astra Daihatsu, kaki-kaki mobil merupakan istilah yang merujuk kepada sistem yang berhubungan dengan kendali, stabilitas, dan mobilitas mobil yang terdiri dari beberapa elemen di bagian bawah kendaraan.

Baca juga: Mudik Bawa Mobil Pribadi? Cek Dulu 9 Bagian Ini Agar Aman

Keputusan memeriksa atau melakukan servis terhadap kaki-kaki kendaraan sebelum mudik Lebaran memiliki banyak manfaat. Di antara semuanya, keuntungan yang paling utama adalah aktivitas mengemudi menjadi aman.

Servis terhadap kaki-kaki mobil terkait dengan pemeriksaan dan perawatan beberapa komponen, seperti suspensi, rem, dan sistem kemudi. Dengan begitu, fungsi komponen tersebut dapat berjalan dengan baik.

Keseimbangan mobil juga dapat terjaga ketika Genhype melakukan perawatan terhadap kaki-kaki mobil. Selan itu, getaran dan goncangan saat melewati jalan tidak rata ketika di kampung halaman juga dapat berkurang.

Selain menjaga komponen awet lebih lama, servis itu juga membuat penggunaan bahan bakar mobil yang kalian gunakan lebih irit sehingga pengeluaran untuknya menjadi lebih kecil. Kondisi ini dapat terjadi karena kontak antara ban dengan jalan dapat terjaga akibat kinerja suspensi yang optimal.

Dengan begitu, gesekan yang terjadi antara ban dan permukaan jalan ketika berputar akan berkurang. Pada akhirnya, hambatan yang membuat kendaraan berjalan lebih lambat juga dapat diminimalkan.

Kondisi tersebut dapat mengurangi beban pada mesin, sehingga efisiensi bahan bakar mobil yang kalian gunakan untuk mudik ke kampung halaman juga dapat mengalami peningkatan.

Genhype perlu segera melakukan pemeriksaan terhadap kaki-kaki mobil jika merasakan getaran yang tidak normal di kemudi, pedal gas, atau kursi ketika mengendarai kendaraan karena ciri-ciri itu mengindikasikan teradi masalah.

“Getaran yang kuat atau tidak wajar dapat menjadi tanda adanya komponen yang aus, keausan ban yang tidak merata, atau masalah pada sistem suspensi,” demikian tertulis.

Tidak hanya itu, kalian juga perlu membawa mobil ke bengkel untuk melakukan perawatan terhadap kaki-kaki mobil ketika mengalami kesulitan untuk mengendalikan mobil. Salah satu contohnya adalah sulit mempertahankan arah kendaraan.

Kondisi tersebut dapat terjadi lantaran ada yang salah dengan kaki-kaki mobil. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga ada kerusakan di bagian komponen tie rod, per, atau ball joint.

Tinggi kendaraan menjadi indikasi lain yang membuat kalian perlu melakukan pemeriksaan kaki-kaki mobil. Per yang aus, peredam kejut yang bocor, atau masalah suspensi bisa menjadi penyebab tinggi kendaraan mengalami perubahan.

Kaki-kaki mobil hanya salah satu dari sekian banyak dari kendaraan yang harus diperiksa oleh Genhype ketika akan melakukan perjalanan mudik. Salah satu di antaranya adalah kondisi mesin kendaraan.

Selain itu, pastikan juga beberapa komponen lainnya yang mungkin terlihat sepele, tetapi memiliki dampak yang besar, seperti wiper atau lampu sein.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Ghea Resort by Amanda Janna Eksplorasi Motif Kain Gringsing khas Bali di IFW 2024

BERIKUTNYA

Hari Film Nasional dan Legasi Berharga Bapak Perfilman Usmar Ismail

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: