Sekolah Mode (Sumber Foto: Freepik)

10 Peringkat Sekolah Mode Terbaik di Dunia yang Sukses Cetak Desainer Berbakat

28 March 2024   |   19:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kamu yang tertarik menekuni bidang fashion, tentunya penting sekali memilih sekolah mode terbaik. Selain menambah wawasan, memperkaya teknik, dan kreativitas dalam merancang busana, pendidikan ini juga diharapkan bisa membantu mempersiapkanmu bersaing di industri mode lokal maupun mancanegara.

Pasalnya untuk merancang suatu busana, kemampuan menjahit dan menggambar saja belum cukup. Saat menempuh pendidikan mode, calon-calon desainer akan diajari berbagai teknik khusus untuk membantunya menciptakan karya busana yang unik dan kreatif.

CEOWORLD Magazine baru-baru ini merilis peringkat sekolah fesyen terbaik di dunia. Peringkat ini didasarkan pada tujuh metrik utama kualitas dan reputasi dengan total skor mencapai 100 persen.

Baca juga:  Boardwalk Rumah Mode CHANEL Fall-Winter 2024-2025 Angkat Gaya Fesyen 1920-an & 1970-an

Penilaian tersebut meliputi perceived global brands influence atau pengaruh merek global (20 persen), recruiters responses atau tanggapan perekrut (20 persen), employers feedback atau masukan dari pemberi kerja (10 persen), job placement rate atau tingkat penempatan kerja (10 persen), admission eligibility atau kelayakan penerimaan (10 persen), specialization (10 persen), dan academic reputation atau reputasi akademik (20 persen).

Parsons School of Design meraih peringkat pertama sekolah mode terbaik di dunia. Sekolah ini sukses melahirkan desainer berbakat Marc Jacobs yang di awal kariernya dikenal sebagai Direktur Kreatif rumah mode Prancis Louis Vuitton. 

Salanjutnya iikuti dengan Fashion Institute of Technology (FIT) di posisi kedua. Sekolah ini juga sukses mencetak desainer legendaris Calvin Klein dan Michael Kors. Posisi ketiga dan keempat ada London College of Fashion di University of the Arts London dan Antoinette Westphal College of Media Arts & Design di Universitas Drexel yang menjadi tempat desainer mancanegara menempuh pendidikannya, seperti Jimmy Choo dan Ioana Ciolacu.

Menariknya, urutan ke-5 peringkat sekolah mode terbaik adalah ESMOD (École supérieure des art et teknik de la mode). Sekolah Mode tertua di dunia ini memiliki cabangnya sendiri di Jakarta yang telah menerapkan standar pendidikan seperti di negara asalnya, Prancis. Ini membuktikan bahwa Indonesia juga memiliki sekolah mode berkualitas tinggi dan dapat bersaing di tingkat global.

"ESMOD Jakarta merasa bangga atas pencapaian tersebut. Apalagi pelajaran yang kami berikan sesuai dengan
standarisasi internasional, kami juga selalu diawasi serta berkoordinasi dengan ESMOD Internasional," Kata Guillaume Oger, Head of Curriculum Development of ESMOD Jakarta.

ESMOD Jakarta berdiri pada 1996 oleh Hartini Hartarto. Setiap tahunnya, mereka memiliki fashion festival yang menampilkan karya-karya busana terbaik rancangan mahasiswa serta alumninya. Sekolah ini juga tak pernah absen mengikuti sejumlah pekan mode besar di tanah air, mulai dari Indonesia Fashion Week sampai Jakarta Fashion Week.

Sampai sekarang, ESMOD Jakarta telah banyak melahirkan desainer berbakat Indonesia yang berjaya di kancah global. Beberapa di antaranya termasuk Dian Pelangi, Ria Miranda, Hian Tjen, Eri Dani, Asky Febrianti, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah Genhype, bagi yang penasaran dengan peringkat sekolah mode terbaik di dunia, yuk simak daftarnya.
 

Peringkat Sekolah Mode Terbaik di Dunia

  1. Parsons School of Design
  2. Fashion Institute of Technology (FIT)
  3. London College of Fashion, University of the Arts London
  4. Antoinette Westphal College of Media Arts & Design
  5. ESMOD (École supérieure des art et teknik de la mode)
  6. Polimoda (Ente per le Arti applicate alla Moda e al Costume)
  7. Royal College of Art
  8. Central Saint Martins, University of the Arts London
  9. Swedish School of Textiles 
  10. National Institute of Fashion Technology (NIFT) 
Baca juga: Eksklusif Jeny Tjahyawati, Desainer Modest Fashion yang Berjaya di Pekan Mode Dunia

Editor : Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Tinggal Menghitung Hari, Begini Persiapan Angkutan Darat & Udara untuk Menyambut Lebaran

BERIKUTNYA

Isu Selat Muria Muncul Kembali, Begini Penjelasan BRIN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: