Aplikasi Whatsapp akan terintegrasi dengan Meta AI (sumber gambar: Unsplash.com)

Aplikasi Whatsapp Bakal Terintegrasi Chatbot Meta AI

27 March 2024   |   20:01 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
WhatsApp sedang dalam proses mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menghadirkan fitur dukungan baru. Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dalam menjawab beragam pertanyaan sederhana hingga kompleks dengan cepat dan efisien.

Salah satu kemampuan yang akan diperkenalkan adalah integrasi model AI dari Meta ke dalam bilah pencarian WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna dapat langsung memasukkan pertanyaan mereka tanpa harus beralih ke platform terpisah untuk berinteraksi dengan AI.

Baca juga: Ini Cara Memulihkan Akun WhatsApp yang Terblokir Karena Dugaan Spam

Percakapan dengan Meta AI akan terjadi dalam konteks yang sama dengan penggunaan bilah pencarian WhatsApp. Pengguna akan menemukan opsi untuk bertanya langsung pada Meta AI atau meminta saran dengan mengetik pertanyaan atau perintah ke dalam bilah pencarian.

Fitur ini juga dirancang untuk mempermudah pengguna dengan menyediakan beberapa petunjuk awal atau opsi untuk memulai percakapan dengan Meta AI. Meskipun kemampuan untuk berinteraksi langsung dengan Meta AI melalui pencarian masih dalam tahap pengembangan, rencananya fitur ini akan menjadi bagian dari pembaruan aplikasi.

Bagi yang telah mencoba ChatGPT dari OpenAI, penggunaan Meta AI akan terasa akrab. Meta telah merancang AI ini sebagai asisten serbaguna yang dapat membantu dalam berbagai tugas, seperti perencanaan perjalanan atau mencari jawaban atas pertanyaan yang umumnya diajukan pada mesin pencari.

Kerja sama Meta dengan Bing dari Microsoft juga memperkuat kemampuan Meta AI dengan menyediakan akses ke hasil web terbaru secara real-time. Hal ini memberikan keunggulan bagi Meta AI dibandingkan dengan banyak chatbot AI lainnya yang mungkin tidak memiliki akses terhadap informasi terkini.

Selain itu, Meta AI juga menawarkan fitur lain yang menonjol, yaitu kemampuannya untuk membuat gambar yang mirip dengan Midjourney atau DALL-E dari OpenAI dengan perintah /imagine. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar beresolusi tinggi dalam waktu singkat dan tanpa biaya tambahan.

Secara keseluruhan, integrasi teknologi AI ini di WhatsApp diharapkan akan memperkaya pengalaman pengguna dengan memberikan akses ke fitur-fitur yang inovatif dan membantu dalam berbagai aspek komunikasi dan pencarian informasi.

Bagi Genhype yang ingin mencoba lebih dulu fitur ini bisa dengan mengunduh WhatsApp versi beta terbaru untuk Android (versi 2.23.25.15). Setelah mengundung versi aplikasi yang sudah sesuai, terdapat dua cara untuk mengakses AI tersebut.

Pertama, dengan mengetuk tombol Meta AI pada tab Chats, yang akan membuka percakapan dengan chatbot. Kedua, dengan mencari Meta AI di kontak lalu tap pada kontak tersebut untuk membuka percakapan dengan chatbot. Setelah obrolan terbuka, kalian dapat menanyakan pertanyaan ke Meta AI dan chatbot akan menjawabnya.

Baca juga: Tampilan Baru WhatsApp Berubah, Fitur Menu Bergeser ke Bawah

Saat ini, belum ada informasi kapan WhatsApp akan memperkenalkan UI barunya ke publik. Namun, diperkirakan perusahaan tersebut akan meluncurkannya ke publik dalam beberapa bulan ke depan. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pasien Implan Cip Pertama Neuralink Bisa Main Game Pakai Pikiran 

BERIKUTNYA

Potensi Bisnis Jasa Karikatur, Ladang Cuan Para Pemilik Tangan Terampil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: