ilustrasi WhatsApp (Sumber gambar: Unsplash/Amin Moshrefi)

Tampilan Baru WhatsApp Berubah, Fitur Menu Bergeser ke Bawah

15 March 2024   |   21:10 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Layanan perpesanan instan WhatsApp kini punya tampilan baru untuk aplikasinya di ponsel Android. Beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia diketahui telah menerima update terbaru dari perubahan tampilan antarmuka secara otomatis dalam beberapa waktu terakhir ini.

Saat ini sejumlah orang juga telah membagikan tampilan antarmuka baru WhatsApp di media sosial X dan memancing diskusi hangat perihal hal tersebut. Banyak yang memuji tampilan antarmuka tersebut, tetapi tak sedikit pula yang menyayangkannya.

Baca juga: WhatsApp Blokir Tangkapan Layar Foto Profil, Ini Alasannya

Tampilan antarmuka WhatsApp memang berubah cukup signifikan. Salah satu yang paling kentara adalah tata letak bar menu utama. Jika pada versi lama bar menu utama yang berisi “Chat”, “Status”, “Communities”, dan Calls” berada di bagian atas, versi barunya kini berada di kolom bawah.
 

Ilustrasi tampilan baru WhatsApp (Sumber gambar:

Ilustrasi tampilan baru WhatsApp (Sumber gambar: GizmoChina)


Perubahan ini membuat tampilan baru WhatsApp Android sekilas mirip di perangkat iOS atau iPhone. Hal ini pun seketika membuat pengguna Android merasa perlu untuk melakukan adaptasi lagi mengenai antarmuka baru ini.

Meski baru ramai di Indonesia sekarang, rencana WhatsApp mengubah tampilan antarmukanya sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Secara global, rangkaian uji coba ini bahkan telah dimulai sejak pertengahan tahun lalu.

Setidaknya, menurut laporan Gizmochina, perubahan ini mulai kentara saat WhatsApp merilis pembaharuan baru (versi 2.23.10.6) melalui program Beta Google Play. Dalam versi tersebut, WhatsApp memperkenalkan beberapa fitur baru dan menarik.

Dalam pembaharuan tersebut, WhatsApp mulai memperkenalkan antarmuka yang didesain ulang dengan bilah navigasi bawah. Hal ini bertujuan untuk menyederhanakan peralihan tab bagi pengguna.

Namun, saat itu, fitur navigasi gesek dihilangkan, sehingga menimbulkan beberapa keluhan dari pengguna yang terbiasa dengan versi sebelumnya. Dengan mempertimbangkan respons pengguna, WhatsApp tak lama kemudian memperkenalkan kembali fitur menggeser antarbal dalam pembaruan beta terbarunya kala itu.

Belakangan ini, WhatsApp memang tampak rajin menghadirkan fitur-fitur baru lewat serangkaian update yang disediakannya. Beberapa yang cukup mencuri perhatian seperti fitur jajak pendapat dengan satu jawaban, takarir untuk dokumen, serta meneruskan foto lengkap bersama pesan di dalamnya.

 

a

Ilustrasi tampilan baru WhatsApp (Sumber gambar: WA Beta Info)



Pengguna WhatsApp juga belakangan bisa memanfaatkan fitur Lock Chat untuk WhatsApp beta. Fitur ini memungkinkan pengguna mengamankan chat tetrentu dengan otentikasi sidik jari.

Melansir dari WA Beta Info, situs pembocor WhatsApp yang populer, aplikasi ini juga baru meluncurkan versi 2.24.6.16. Versi anyar ini memungkinkan WhatsApp punya fitur untuk memfilter obrolan meski baru tersedia untuk kelompok uji yang terbatas.

Bagi mereka, fitur ini mewakili peningkatan yang signifikan terhadap pengalaman pengguna karena menyediakan alat bagi pengguna untuk mencari obrolan tertentu dengan cepat.

Selain itu, peningkatan ini menjawab permintaan pengguna yang sudah berlangsung lama, menunjukkan bahwa WhatsApp responsif terhadap masukan pengguna dan berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Penyair Timur Tengah dengan Bait Puisi yang Indah dan Penuh Makna

BERIKUTNYA

Sonic the Hedgehog 3 Selesai Digarap, Yuk intip Bocoran Ceritanya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: