Twin Peaks (Sumber: Prime Video)

3 Serial TV Lawas Bertema Misteri yang Masih Menarik Untuk Ditonton

27 March 2024   |   15:35 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Akhir-akhir ini, semakin banyak penggemar film yang menelusuri kembali serial televisi dari 1990 dan 2000an, sebagai era awal dari adaptasi komik dan novel ke dalam serial TV. Tren itu muncul berkat kehadiran platform streaming yang memungkinkan penonton dapat menikmati serial lama yang sebelumnya sulit diakses.

Dengan kembalinya popularitas serial TV klasik ini, penonton generasi milenial dan gen Z dapat menikmati dan mempelajari perkembangan awal dari genre misteri dan sci-fi, serta melihat bagaimana pengaruhnya dalam mewarnai karya-karya setelahnya. 

Baca juga: 10 Film & Serial Tayang April 2024 di Netflix, Ada Rebel Moon Part Two: The Scargiver

Selain itu, para penonton dapat melihat bagaimana ide-ide tersebut terus dikembangkan, bahkan sampai menciptakan banyak episode bertahun-tahun setelah pertama disiarkan. Deretan serial lawas ini, beberapa memiliki konsep dan alur yang cukup menarik, melibatkan emosi manusia yang mendalam, hingga pentingnya keluarga, dan kekuatan identitas bagi seseorang. 

Mulai dari alien hingga entitas interdimensi yang jahat, berikut tiga serial bertema misteri dan fenomena supranatural yang masih menarik untuk ditonton!


1. Twin Peaks (1990-2017)

Twin Peaks (Sumber: Prime Video)

Twin Peaks (Sumber: Prime Video)


Menjadi salah satu karya surealis terbaik yang diciptakan oleh David Lynch, Twin Peaks adalah serial drama misteri yang mengikuti cerita Agen Dale Cooper, seorang agen FBI yang diperankan oleh Kyle Maclachan. Dia ditugaskan untuk menginvestigasi kematian Laura Palmer, seorang murid sekolah menegah yang meninggal secara misterius di kota kecil bernama Twin Peaks.

Setelah mengumpulkan beberapa bukti, Agen Dale meminta bantuan Sheriff setempat, Harry S. Truman yang diperankan oleh Michael Ontkea, untuk menemani investigasinya. Saat penyelidikan berlangsung, dia mengungkap jaringan rahasia dan kebohongan yang melibatkan kehidupan pribadi Laura serta informasi tentang penduduk kota lain yang sebenarnya memiliki kehidupan ganda.

Meski warga Twin Peaks tampak biasa saja, kota ini menyembunyikan berbagai misteri paranormal yang mengelilingi areanya. Misteri-misteri aneh membuat Agen Dale begitu terganggu sekaligus penasaran.

ABC menyiarkan dua musim asli dari serial ini dari 1990-1991, yang diikuti perilisan film prequel Twin Peaks: Fire Walk with Me pada 1992. Pada saat perilisan Twin Peaks, banyak penonton yang kurang suka dengan narasi dan alur ceritanya, bahkan ada yang menyebutnya terlalu aneh. Namun alurnya memang dibawa dengan gaya surealis yang dituangkan oleh David Lynch dan terkadang sangat subjektif. 


2. Buffy The Vampire Slayer (1997-2003)

 

Buffy The Vampire Slayer (Sumber: Hotstar)

Buffy The Vampire Slayer (Sumber: Hotstar)


Buffy The Vampire Slayer diciptakan oleh Joss Whedon berdasarkan film tahun 1992 dengan judul yang sama, serta diramu dengan berbagai buku komik yang dirilis DC Comics. Serial ini mengikuti kisah seorang gadis remaja bernama Buffy Summers, yang ditugaskan untuk menjadi seorang Slayer.

Sebagai seorang Slayer, Buffy harus melawan vampir, setan, dan kekuatan jahat supernatural lainnya. Meskipun terbukti menjadi Slayer yang hebat, Buffy merasa tugasnya telah memberikan dampak emosional yang besar dalam hidupnya, dan memutuskan untuk membakar gym sekolah lamanya dengan harapan bisa lepas dari tugas Slayer-nya.

Namun rencananya ini diketahui oleh Rupert Gills, Watcher barunya yang mengingatkan kejahatan tidak bisa dihindari dan harus dilawan. Setelah pindah ke sekolah baru bernama Sunnydale High, Buffy segera mengetahui bahwa sekolahya dibangun di atas sebuah Hellmouth,  portal menuju dimensi iblis yang dapat menarik fenomena supernatural ke daerah tersebut.

Tidak ada pilihan, dia pun memutuskan untuk kembali menjadi seorang Slayer, dan melawan iblis di sekolah bersama dua teman barunya, Xander Harris dan Willow Rosenberg, yang secara kolektif bernama Scooby Gang.

Secara keseluruhan, Buffy The Vampire Slayer menjadi serial ikonik karena dengan sempurna memadukan unsur komedi, drama, dan horor, serta menjadi salah satu serial saat itu yang berani menampilkan tokoh utama wanita yang kuat.


3. Charmed (1998-2006)

 

Charmed (Sumber: IMDb

Charmed (Sumber: IMDb)

Terkenal dengan elemen fantasinya, Charmed adalah serial yang disiarkan oleh The WB berdasarkan serangkaian buku novel dan cerita pendek yang ditulis oleh Constance Burge. Serial ini mengikuti kisah tiga saudara perempuan, Prue, Piper, dan Phoebe Halliwell, yang menemukan buku milik keluarganya bertajuk The Book of Shadows di loteng rumahnya.

Dalam buku ini, tertulis bahwa mereka adalah keturunan dari barisan penyihir wanita baik yang memiliki kekuatan dahsyat. Mereka bertiga ditakdirkan untuk melindungi dunia dan orang yang tidak bersalah dari kejahatan setan, penyihir, dan makhluk jahat lainnya, dengan kekuataan yang dikenal sebagai Power Of Three. 

Baca juga: Sinopsis Serial 3 Body Problem di Netflix, Kisah Epik Ilmuwan Selamatkan Dunia

Mereka tinggal bersama di sebuah rumah mewah di San Francisco, di mana mereka harus hidup layaknya manusia biasa, sambil melawan roh jahat sebagai penyihir yang kuat. Namun mereka tidak sendiri, dibantu oleh Leo Wyatt, seorang Whitelighter yang berperan sebagai malaikat pelindung mereka.

Charmed kerap dipuji karena mengangkat juga berbagai isu sosial, seperti rasisme, kesehatan mental, dan masalah lain yang tak kalah penting dengan cara yang sensitif dan menggugah pikiran melalui narasinya.
 

SEBELUMNYA

300 Desainer Lokal Angkat Pesona Wastra Betawi di Indonesia Fashion Week 2024

BERIKUTNYA

Daftar PTN & Prodi Favorit SNBP 2024, Ada Kampus Genhype?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: