3 Body Problem. (Sumber gambar: Netflix)

Sinopsis Serial 3 Body Problem di Netflix, Kisah Epik Ilmuwan Selamatkan Dunia

24 March 2024   |   12:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3 Body Problem menjadi tontonan baru yang tak boleh dilewatkan untuk penggemar genre fiksi ilmiah. Tayangan ini adalah serial fiksi ilmiah hasil adaptasi dari novel berjudul sama karya insinyur sekaligus penulis asal China, Liu Cixin. Serial ini besutan kreator dari Game of Thrones yaitu David Benioff, DB Weiss, dan Alexander Woo.

Serial yang hadir sebanyak 8 episode ini akan mengajak penonton masuk ke dalam kisah misteri dan penemuan yang menggemparkan, sebelum konsekuensi yang berpotensi menimbulkan bencana menjadi kenyataan.

Baca juga: Netflix Rilis Trailer Baru Drakor Chicken Nugget, Cek Sinopsisnya

Kisahnya meliputi perjalanan lintas benua dan garis waktu, mulai dari Revolusi Kebudayaan di China pada 1960-an, jalanan Oxford di Inggris, hingga organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

Mengambil latar belakang peristiwa Revolusi Kebudayaan di China pada 1960-an, 3 Body Problem mengikuti kisah seorang perempuan muda yang berprofesi sebagai astrofisikawan bernama Ye Wenjie. Hidupnya kacau balau setelah melihat ayahnya dibunuh secara brutal.

Dalam kondisi tersebut, Wenjie diwajibkan menjalankan tugas militer karena latar belakang ilmiahnya dan dikirim ke pangkalan radar rahasia di daerah terpencil. Di tempat tersebut, kelompok militer sedang mencoba merancang misi yang akan memungkinkan mereka berkomunikasi dengan penduduk angkasa.
 

Sinyal dari Bumi kemudian dikirimkan ke seluruh ruang angkasa tanpa memiliki target kuncian tertentu. Alhasil sinyal tersebut melakukan kontak pertamanya dengan makhluk luar angkasa yang menghuni planet Trisolaris dan dapat berkomunikasi dengan pangkalan radar.

Namun, tanpa disangka para alien justru menginvasi ke Bumi karena dunia yang mereka tinggali kondisinya sangat memprihatinkan dan hampir hancur. Pendapat di kalangan para penguasa di Bumi sangat beragam. Beberapa di antaranya mendukung secara terbuka tentang kerja sama dengan makhluk asing tersebut. Namun beberapa lainnya, sangat menolak dan berjuang untuk melawan invasi mereka.

Sementara itu, Wenjie bertugas memimpin misi tersebut bersama sekumpulan ilmuwan brilian, yang mengharuskannya mengambil keputusan. Keputusannya membawa pengaruh bagi sekelompok ilmuwan cerdas di masa kini. Ketika hukum alam tersingkap tepat di depan mata mereka, lima mantan kolega bersatu lagi untuk menghadapi ancaman terbesar dalam sejarah umat manusia.

Didorong oleh kebencian dan rasa kehilangan mendalam atas kematian ayahnya, Wenjie akan mengambil keputusan yang membahayakan seluruh planet Bumi, menunjukkan betapa kekecewaan atas kesalahan yang dilakukan umat manusia dapat berujung pada solusi yang putus asa dan salah arah.
 

Dalam trailer yang dirilis Netflix menampilkan sekelompok manusia yang secara misterius melakukan bunuh diri massal dengan menggantungkan dirinya di tiang lampu jalanan kota. Rupanya, kejadian gila itu ada kaitannya dengan sejarah masa lampau pada 1970-an ketika para ilmuwan mengirim sejumlah sinyal ke ruang angkasa.

Secara misterius, hal itu menyebabkan era kegelapan di Bumi dan membuat manusia bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya terjadi. Hal tersebut menyebabkan kekacauan di Bumi, dan manusia pun harus terlibat dalam sejumlah konflik dan peperangan yang mengancam nyawa dan keberlangsungan hidup mereka.

"Dari berbagai benua dan dekade, lima sahabat brilian membuat penemuan yang menggemparkan seiring dengan terungkapnya hukum sains dan munculnya ancaman nyata. 3 Body Problem  adalah kisah epik yang mendefinisikan ulang drama fiksi ilmiah dengan misteri berlapis dan kisah hubungan antarmanusia," demikian tulis Netflix dalam situs resminya.

Sutradara David Benioff mengatakan meski berangkat dari novel fiksi ilmiah yang kental dengan latar belakang budaya Tiongkok, serial 3 Body Problem dibuat dengan mencakup setting cerita di berbagai benua, budaya, dan garis waktu sehingga kisahnya bersifat global.

Oleh karena itu, dalam menggarap serial ini, dia dan tim menghadirkan jajaran pemeran internasional yang sangat beragam untuk mewakili gagasan bahwa ini bukan hanya perjuangan satu negara, melainkan perjuangan global untuk bertahan hidup.

"Ini adalah kisah tentang kemanusiaan, dan perjuangan umat manusia dengan misteri yang tampaknya tak terpecahkan yang kemudian berubah menjadi krisis eksistensial," katanya.

Serial 3 Body Problem diperankan oleh Rosalind Chao dan Zine Tseng sebagai Ye Wenjie, Perry Yung sebagai Ye Zhetai, Li Fengxu sebagai Shao Lin, Lan Xiya sebagai Tang Hongjing, Vedette Lim sebagai Vera Ye, Jovan Adepo sebagai Saul Durand, Eiza Gonzalez sebagai Auggie Salazar, dan Jess Hong sebagai Jin Cheng.

Selain itu, ada pula John Bradley sebagai Jack Rooney, Alex Sharp sebagai Will Downing, Saamer Usmani sebagai Raj Varma, Benedict Wong sebagai Clarence “Da” Shi, Liam Cunningham sebagai Thomas Wade, Sea Shimooka sebagai Sophon, Jonathan Pryce dan Ben Schnetzer sebagai Mike Evans, dan Marlo Kelly sebagai Tatyana Haas.
 



Baca juga: 12 Film & Serial Tayang Maret 2024 di Netflix, Ada 24 Jam Bersama Gaspar

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Inspirasi Warna Gorden Terbaik untuk Menyambut Lebaran 2024

BERIKUTNYA

Langkah Sederhana Menjaga Krisis Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: