Yogyakarta (Sumber Foto: Pemerintah Daerah DIY)

Yogyakarta Bakal Diserbu 11,7 Juta Pemudik Lebaran 2024, Cek Imbauan Ini!

27 March 2024   |   13:05 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Yogyakarta siap menyambut lonjakan pemudik pada periode Lebaran 2024. Diperkirakan sebanyak 11,7 juta orang akan memadati daerah yang dijuluki Kota Pelajar tersebut serta menjadikannya destinasi mudik terbesar keempat di Tanah Air setelah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Berdasarkan hasil kajian dan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dinas Perhubungan DIY, diprediksi ada 11,7 juta pemudik yang akan datang ke Yogyakarta, sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan parah. 

Sebagai upaya untuk mengantisipasinya, petugas akan melakukan pemantauan dan rekayasa lalu lintas di berbagai titik strategis mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Selain itu, sejumlah jalur alternatif juga telah disiapkan untuk mengurai kemacetan. 

Baca juga: Daftar Lokasi SPKLU di Jalan Tol Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Petugas juga mengimbau supaya para pemudik bisa merencanakan perjalanannya dengan matang. Misalnya memilih waktu yang tepat untuk berangkat dan memanfaatkan moda transportasi umum demi mengurangi penumpukan kendaraan, serta selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

Adapun jumlah pemudik yang akan datang ke Yogyakarta merupakan yang terbesar keempat dari semua provinsi di Indonesia. Daerah tujuan mudik terbesar pertama adalah Jawa Tengah, yang jumlahnya diprediksi mencapai 61,6 juta orang.

Setelah itu ada Jawa Timur dengan jumlah pemudik sebesar 37,6 juta orang, serta di posisi ketiga ada Jawa Barat dengan jumlah pemudik sebesar 32,1 juta orang. Barulah setelah itu ada DIY dengan jumlah pemudik diprediksi sebesar 11,7 juta.


Mudik Lebaran 2023 di Yogyakarta 

Melihat tahun-tahun sebelumnya, jumlah pemudik yang masuk ke Yogyakarta ada lebih dari 5 juta orang pada momentum Lebaran 2023 lalu. Tahun ini jumlahnya meningkat dua kali lipat sehingga menjadi pehatian pemerintah dan masyarakat.

Dari 5,8 juta pemudik yang masuk ke Yogyakarta pada 2023, antara lain mudik dengan menggunakan sepeda motor sebanyak 20,3 persen atau 1,2 juta orang, sedangkan yang menggunakan mobil pribadi sebanyak 22,07 persen atau 1,3 juta orang.

Jumlah pemudik ke Yogyakarta pada momen Lebaran 2023 lalu juga mengalami kenaikan dibandingkan saat Lebaran 2022 yang hanya sekitar 3,9 juta orang. Mengingat tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Indonesia masih dibayang-bayangi pandemi Covid-19, sehingga setiap mobilitas masyarakat pun diawasi dengan ketat.

Biasanya para pemudik ini tidak hanya akan berada di Yogyakarta pada hari Lebaran saja, mereka diperkirakan datang sebelum Lebaran dan masih di sana beberapa hari setelahnya. Terlebih kawasan ini memiliki banyak destinasi wisata menarik yang menjadi faktor pemicu meningkatnya jumlah pemudik tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. 

Baca juga: 5 Tip Mencegah Mabuk di Bus saat Mudik Lebaran 2024

Ada beberapa tempat wisata yang menarik di Yogyakarta dan sekitarnya, misalnya mengunjungi Keraton dan Puri Taman Sari, Candi Prambanan, Candi Mendut dan Candi Boko, serta yang tak kalah menarik ada Candi Borobudur yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban di dunia. Pulangnya jangan lupa berkunjung ke Malioboro untuk berbelanja oleh-oleh. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Spesifikasi Xiaomi 14 Resmi di Indonesia, Dibanderol Rp11,9 juta

BERIKUTNYA

Apple Umumkan Jadwal WWDC Tahun Ini, Digelar 10-14 Juni 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: