Zhangye Danxia, Gansu, China (Sumber foto: Freepik/Wirestock)

4 Pegunungan Berwarna Paling Cantik di Dunia, Salah Satunya Punya 14 Rona

26 March 2024   |   18:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Pegunungan merupakan bentangan alam memukau, yang terbentuk dari jutaan tahun proses alami akibat pergerakan lempeng benua, aktivitas vulkanik, dan erosi. Di antara pegunungan yang tersebar di seluruh dunia, beberapa di antaranya memiliki daya tarik yang unik karena formasi geologis, keindahan alamnya, atau fenomena alam yang langka.

Ada banyak rangkaian pegunungan yang terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Misalnya, Pegunungan Himalaya di Asia sebagai puncak tertinggi di dunia atau Gunung Everest yang menjulang megah di ketinggian 8.000 meter di atas permukaan laut.

Namun, terdapat juga keindahan pegunungan lainnya yang sangat langka, yakni pegunungan berwarna. Dengan keindahan alam dan keberagaman fenomena alam yang langka, tidak heran jika pegunungan ini sering kali dianggap sebagai tempat paling indah di dunia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 4 pegunungan berwarna paling cantik di dunia. 

Baca juga: Daftar 7 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada Semeru & Carstensz Pyramid
 

1. Vermilion Cliffs, Arizona, AS

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kyle Huber (@asenseofhuber)


Pegunungan yang besar dan berwarna-warni ini terdapat di sebelah selatan Utah, tepatnya di sepanjang Jalan Raya 89A. Dilansir melalui The Points Guy, pada abad ke-19 pegunungan ini merupakan rute yang dilewati oleh para pemukim melalui tebing-tebing agar bisa berpindah dari Utah ke Arizona. 

Sekarang, tempat ini sudah menjadi Monumen Nasional yang memiliki luas hampir 300.000 hektare. Di pegunungan ini pengunjung bisa melihat formasi batu yang indah seperti Gua Sungai Paria dan Coyote Buttes.

Jika Genhype berlibur ke sini, kalian bisa menginap di kota-kota terdekatnya seperti Page, Arizona, Kaban, dan Utah. Ada beberapa hotel di daerah tersebut seperti Hampton Inn Lake Powell dan Best Western Lake Powell


2. Gunung Vinicunca, Peru

 

Gunung Vinicunca atau juga dikenal sebagai Gunung Pelangi atau Gunung Tujuh Warna yang terletak di Peru dianggap sebagai salah satu gunung yang paling menakjubkan di dunia. Pegunungan ini terkenal dengan lapisan mineralnya yang bernuansa merah, pink, ungu, dan hijau.

Dilansir melalui AURI, gunung warna-warni yang letaknya sekitar 5.000 meter di atas permukaan laut ini disebabkan oleh formasi geologi yang terkumpul dari waktu ke waktu oleh campuran unsur laut, danau, dan sungai. 

Proses terbentuknya warna dan tekstur yang bervariasi pada pegunungan tersebut disebabkan oleh campuran mineral yang terbawa oleh air dari pegunungan, serta pengaruh angin dan kelembaban. Proses oksidasi yang terjadi itu akhirnya menciptakan variasi warna dan tekstur yang unik pada pegunungan tersebut.

Saat ini, popularitas Gunung Vinicunca berkembang pesat dan menjadi tujuan favorit para penggemar trekking dan pendakian gunung. Media Business Insider juga memasukkan Gunung Vinicunca sebagai bagian dari daftar 100 tempat yang wajib dikunjungi di dunia.


3. Zhangye Danxia, Gansu, Cina

 

Zhangye Danxia yang terletak di China merupakan deretan pegunungan terbesar paling indah di Asia. Taman yang memiliki luas sekitar 520 kilometer persegi dengan berbagai macam warna seperti merah, biru, oker, hijau, ungu, dan lainnya itu diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Pegunungan ini membentang sekitar 120 mil persegi dengan puncak tertingginya mencapai sekitar 2.500 meter. Fakta menarik tentang taman pegunungan yang berwarna-warni ini adalah bahwa di antara pegunungannya terdapat jalan yang dulunya dilalui oleh para pedagang untuk membentuk Jalur Sutra yang terkenal.


4. Serrania de Hornocal, Argentina

 

Serranía de Hornocal, atau dikenal sebagai Pegunungan 14 Warna, terletak di ujung timur laut Andes Argentina, sekitar 24 kilometer dari kota Humahuaca di provinsi Jujuy. Pegunungan ini memiliki keunikan yang terletak pada pola zigzag yang hampir simetris pada ketinggian 4.700 meter diatas permukaan laut. 

Setiap warna yang terlihat di Serranía de Hornocal disebabkan oleh mineral yang berbeda dalam batuan di wilayah tersebut. Mineral yang teroksidasi karena terpapar udara dan terkikis erosi tersebut menghasilkan corak warna yang berbeda pada pegunungan. 

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Ekstrem di Dunia, Tebing Curam sampai Gunung Berapi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hari Kesadaran Epilepsi, Yuk Kenali Penyebab & Cara Penanganannya

BERIKUTNYA

Begini Cara Berhemat saat Nonton Konser di Singapura

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: