Ilustrasi gorden jendela (Sumber Gambar: Unsplash/Eduard Militaru)

Cek Jenis-Jenis Gorden untuk Memperindah Tampilan Rumah

14 March 2022   |   16:11 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Salah satu benda yang wajib ada di rumah adalah gorden. Kain penutup jendela ini tidak hanya memiliki fungsi untuk melindungi ruangan dari paparan sinar matahari, atau menjaga privasi penghuni rumah, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif.  

Meski begitu ketika hendak membeli gorden, kita akan berhadapan pada ragam jenisnya. Mulai dari desain klasik, minimalis, hingga modern. Membingungkan bukan? Namun, kalian jangan khawatir karena Hypeabis.id sudah menghimpun informasi tentang jenis-jenis gorden, yang bisa menjadi panduan sebelum membelinya.  Apa saja? Yuk simak informasi di bawah ini:
 

1. Pinch pleat

Gorden jenis ini biasanya memiliki lipatan yang memanjang dari atas ke bawah. Adapun pada bagian atasnya, gorden jenis ini memiliki cincin atau saku untuk menggantungkannya. Pinch pleat merupakan salah satu jenis gorden yang paling mudah ditemui di pasaran. 
 

2. Goblet style

Gorden goblet style atau gorden gaya piala. Hal itu karena bentuk lipatan atas pada gorden tersebut menyerupai cangkir atau piala. Dengan tampilannya yang mewah, gorden ini dapat dihadirkan pada ruang-ruang bergaya modern dan elegan. 
 

3. Tie top

Di antara beberapa jenis gorden, tie top tampaknya gorden paling sederhana. Sesuai namanya, tie top, gorden ini dipasang ke tiang dengan mengikat simpul pada bagian atas. Gorden ini cocok untuk menghadirkan suasana bohemian, romantis, atau santai. 
 

Tirai putih memberikan sentuhan privasi dan menghadirkan kehangatan pada sebuah ruangan. (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

Tirai putih memberikan sentuhan privasi dan menghadirkan kehangatan pada sebuah ruangan. (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)
 

4. Ripple Fold

Gorden jenis ini umumnya memiliki pengait yang terpasang di rel gorden. Hal tersebut membuat gorden ini mudah dibuka dan ditutup. Gorden ripple fold biasanya dipasang pada area perkantoran atau hotel. Kita bisa menghadirkannya pada ruang-ruang bernuansa modern, bahkan klasik. 
 

5. Grommet 

Gorden jenis ini memiliki lubang atau cincin pada bagian atas, sehingga kita bisa langsung menggantungnya. Salah satu kelebihan dari gorden ini adalah mudah dibuka atau ditutup dengan cepat, tanpa memunculkan suara. 
 

6. Box pleat

Lipatan atas pada gorden box pleat terlihat lebih formal dan klasik. Para pembuat gorden ini harus menjahit secara khusus keliman pada gorden ini. Tirai berlipit kotak memberikan tampilan yang sangat disesuaikan dan elegan karena memiliki lipatan yang dalam hingga ke seluruh panjang gorden.
 

7. Tab Top 

 

(Sumber Gambar: Pexels/M&W Studio)

Ilustrasi gorden tab top. (Sumber Gambar: Pexels/M&W Studio)

 
Salah satu ciri dari gorden ini adalah pada bagian atas dibuat jahitan untuk memasukkan batang gorden. Selain itu agar pengguna mudah untuk menarik dan mengulurnya. Kemudian, jahitan itu dibuat merenggang agar batang gorden tetap terlihat. 
 

8. Rod pocket

Kebalikan dari tab top, gorden rod pocket dirancang agar batang gorden tertutup. Gorden ini memiliki saku pada pagian atas agar dapat dimasukkan batang gorden, sehingga betul-betul sangat sederhana bentuknya. Oleh karena itu, rod pocket dianggap sebagai jenis tirai paling klasik. 
 

9. Gorden penggelap ruang

 

(Sumber Gambar: Ikea)

(Sumber Gambar: Ikea)

Mengutip dari ikea.co.id, gorden blackout dihadirkan untuk meminimalisir sebagian besar cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. Selain itu, gorden ini juga dapat berfungsi untuk menghalau pandangan dari luar, sehingga dapat menjaga privasi para penghuni. 
 

10. Gorden transparan (vitrase)

Sebetulnya gorden ini pelengkap dari gorden utama. Sebab gorden yang biasanya berbahan kain tipis ini kerap dihadirkan sebagai pelapis gorden utama. Meski begitu, gorden ini dapat meminimalisir cahaya matahari yang masuk. 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Awas, Ada Phishing Notifikasi Palsu Minta Atur Ulang Kata Sandi

BERIKUTNYA

Riset: Orang Indonesia Makin Banyak Gunakan Fitur E-Wallet dan Pay Later

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: