Ilustrasi tirai atau gorden rumah (Sumber gambar: Unsplash/Jon Tyson)

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Gorden

29 September 2022   |   14:34 WIB

Gorden atau tirai merupakan salah satu elemen penting di dalam rumah. Sebab, selain berfungsi sebagai penghalang cahaya, tirai juga memiliki peran dekoratif untuk mempercantik rumah atau hunian.  Sebagai peredam cahaya, tirai dapat melindungi kaca jendela dari debu atau meredam paparan sinar matahari.

Adapun, fungsinya sebagai elemen dekoratif, tirai akan menambah kualitas ruangan dalam hunian. Dengan pemilihan tirai yang tepat, tidak hanya nyaman, tetapi juga rumah kalian indah dipandang mata.

Baca juga: 4 Strategi Promosi ala Kak Jill, Penjual Gorden Viral di Tiktok

Meski begitu, untuk memilih tirai tidak mudah. Kalian perlu cermat dalam menentukan tirai atau gorden. Sebab, setiap jenis gorden memiliki karakteristiknya masing-masing. Di sini, Hypeabis.id telah menghimpun informasi dari Bisnis Indonesia Weekend edisi April 2017 tentang pemilihan tirai untuk rumah kalian.

Simak tipsnya berikut ini. 
 

1. Warna

Hal yang penting untuk dijadikan pertimbangan dalam membeli tirai adalah pemilihan warna. Dari sisi warna, kalian harus memperhatikan unsur lain. Misalnya, warna dinding, lantai dan atap rumah. Warna tirai yang kalian pilih dapat dikombinasikan dengan warna dinding atau lantai. 

Umpamanya, jika dinding putih, maka dapat menggunakan tirai berwarna krem. Pilihan lainnya, kalian dapat menggunakan warna turunan seperti coklat, coklat muda, dan seterusnya. 

Sementara itu, bila kalian ingin memberikan kesan lebih fun, maka dapat memilih tirai berwarna cerah. Kemudian, kalau ingin hunian lebih natural, maka dapat memilih warna tirai yang hijau. Sementara itu, warna pink akan berkesan dimanjakan. Biru dan abu-abu lebih ke warna maskulin.
 

2. Motif

Terkait pemilihan motif pada tirai, maka dapat disesuaikan dengan selera kalian. Apabila kalian menyukai hal berbau tradisi, maka dapat memilih tirai bermotif batik, sedangkan jika kalian menyukai penampilan maskulin, dapat memilih tirai dengan motif kotak atau garis. 

Di samping itu kalian boleh mencoba motif floral, seperti daun, bunga. Namun, jika ingin tampilan rumah lebih modern, maka dapat menggunakan motif garis atau bidang yang lebih santai dan fun.

 

Ilustrasi gorden/ potterybarn

Ilustrasi gorden/ potterybarn


Kendati, pilihan motif dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah, tetapi kalian dianjurkan agar tidak terlalu berlebihan dalam memilih motif tirai. Motif tirai yang terlalu ramai atau berlebihan, akan mengurangi fokus pandangan terhadap interior hunian. 
 

3. Material

Selain pemilihan warna dan motif, hal lain yang harus diperhatikan adalah material atau bahan tirai. Jika harus menggunakan bahan yang polos, usahakan agar menggunakan jenis bahan yang rapi.

Hindari bahan yang kelihatan tidak rapi. Pilih bahan yang mengikuti lipatan vertikal tirai. Pemilihan bahan menjadi penting, agar penghuni rumah dapat menyesuaikan dengan kemampuan dan waktu perawatan tirai.

Bagaimana sudah mendapat pencerahan soal pemilihan tirai? Kalau iya, kuy hunting di toko-toko home decor atau marketplace langganan kalian.  

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Sering Enggak Disadari, Ini 7 Kesalahan Mengatur Keuangan Keluarga

BERIKUTNYA

Awas, 4 Makanan Berlabel Healthy Food Ini Ternyata Tinggi Gula dan Kalori

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: