Cek daftar smartphone terkencang yang rilis resmi di Indonesia sepanjang 2023 (Sumber gambar: Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

Daftar Smartphone Terkencang Rilis Resmi di Indonesia 2023 

25 December 2023   |   20:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Akhir tahun sudah di depan mata. 2023 menjadi tahun yang cukup menantang bagi industri smartphone dengan segala gejolaknya. Kendati demikian, pasar ponsel pintar tetap ramai dengan daftar panjang rilisan produk terbaru dari berbagai vendor untuk pasar Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan ponsel dengan kinerja yang kebut. 

Diolah dari data platform benchmark AnTuTu (diakses per 25 Desember 2023), ada sejumlah smartphone dengan performa kencang yang resmi rilis di Indonesia. Artinya, ponsel-ponsel ini bisa dimiliki oleh Genhype secara resmi, dengan berbagai dukungan after sales, ketimbang membeli perangkat tidak resmi dari luar negeri di platform ecommerce

Memang, top 3 smartphone terkencang di dunia yang ada di dalam daftarnya tidak atau belum bisa dipastikan rilis di Indonesia. Mereka adalah Mi 14 Pro di urutan pertama, Nubia Z50S Pro di urutan kedua, dan Red Magic 8 Pro+ di ranking ketiga. 

Baca juga: 5 Smartphone Terbaik Semester Pertama 2023 versi AnTuTu, Red Magic 8 Pro+ Geser Mi 13

Akan tetapi, daftar berikutnya mencakup sejumlah ponsel pintar yang tersedia di pasar dalam negeri. Dan, yang menyandang gelar sebagai smartphone terkencang di Indonesia rilisan tahun ini jatuh kepada Red Magic 8S Pro dari ZTE. 

Vendor ini memang sudah punya nama besar di panggung global. Namun, untuk Indonesia, ZTE terbilang baru menjajaki pasar warga +62. Red Magic 8S Pro yang merupakan smartphone gaming itu rilis di Indonesia pada Agustus 2023 dengan banderol sekitar Rp12 juta. 

Selain Red Magic, daftar ponsel pintar terkencang yang rilis di Indonesia sepanjang tahun ini juga mencakup dua raksasa teknologi. Mereka adalah Samsung dengan Galaxy S23 Series yang rilis pada Februari 2023 dan Apple dengan produk terbarunya iPhone 15 Series yang meluncur pada Oktober. 

Lebih lanjut, berikut beberapa smartphone terkencang yang resmi rilis di Indonesia sepanjang 2023, berdasarkan data AnTuTu. 
 

1. Red Magic 8S Pro 

(Sumber gambar: Red Magic)

(Sumber gambar: Red Magic)

Pada Agustus 2023, perusahaan teknologi asal China, ZTE, resmi memboyong produk smartphone Red Magic 8S Pro ke pasar Indonesia. Sejak pertama kali diumumkan di China pada Juli tahun ini, ponsel ini memang menyita perhatian publik dengan spesifikasinya yang gahar. 

Bukan tanpa alasan, Red Magic 8S Pro bercokol di aplikasi benchmark AnTuTu sebagai smartphone terkencang di dunia sepanjang Juli 2023. Dengan hasil itu, tentunya produk ini hadir dengan cip yang kebut, karena memang didesain sebagai ponsel khusus gim alias smartphone gaming. 

Ponsel ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang punya fabrikasi 4 nanometer, dan merupakan salah satu yang terkencang di dunia. Cip ini punya CPU octa core dengan kecepatan hingga 3 GHz dan GPU Adreno 730. Ditambah dengan konfigurasi RAM LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0. 

Cip yang super gahar itu diimbangi dengan sistem pendingin ICE 12.0 Magic Cooling System, 3D Ice-Level Dual-Pump, VC Liquid Cooling dan Graphene di bagian bawah layar. Saat peluncurannya, ponsel ini dibanderol seharga Rp11,99 juta untuk varian 12/256GB dan Rp14,99 juta untuk varian 16/512GB. 
 

2. Galaxy S23+ 

(Sumber gambar: Samsung)

(Sumber gambar: Samsung)

Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, terus membuktikan dirinya sebagai salah satu penyedia smartphone berkualitas. Salah satunya dengan perilisan Galaxy S23 Series, yang secara resmi dihelat pada Februari 2023 di pasar Indonesia. 

Salah satu variannya, yakni Galaxy S23+ nyatanya masuk dalam jajaran teratas smartphone dengan skor AnTuTu tertinggi, dengan overclocked. Di jajaran global, ponsel ini bersandar di posisi kelima dunia, sementara di Indonesia menempati posisi kedua, di bawah Red Magic 8S Pro. 

Samsung menyematkan cip premium Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 di perangkat ini. Dengan begitu, tak heran jika performanya memang mumpuni. Berdasarkan situs resminya Galaxy S23+ cipnya bertipe octa core dengan kecepatan 2GHz sampai 3,36GHz, didukung oleh RAM 8GB dengan memori sampai 256GB. 

Ini memang bukan smartphone gaming, tapi punya kinerja yang kencang untuk keperluan bermain gim. Sejatinya, Samsung lebih mengedepankan bidang fotografinya untuk seri ponsel terbarunya itu, dengan menyematkan pembaruan peranti lunak dan fitur foto/video profesional. 

Hal yang menarik, daftar AnTuTu menyatakan bahwa seri Galaxy S23+ punya kinerja lebih kencang ketimbang varian paling premiumnya yakni Galaxy S23 Ultra, yang di daftar ini berada tepat di bawahnya. 
 

3. iPhone 15 Pro

(Sumber gambar: Apple)

(Sumber gambar: Apple)

Salah satu smartphone yang paling dinantikan kehadirannya pada tahun ini, tidak lain tidak bukan, adalah produk terbaru dari Apple yakni iPhone 15 Series. Sebagai ponsel premium dan terbaik dari perusahaan, tentunya tak aneh jika produk tersebut masuk dalam daftar AnTuTu (hasil olahan, karena aplikasi memisahkan sistem operasi Android dan iOS). 

Varian paling populer dari seri itu, iPhone 15 Pro termasuk dalam smartphone terkencang di Indonesia yang rilis pada tahun ini. Posisinya berada di peringkat empat, tepat di bawah Galaxy S23 Ultra, dan di atas varian paling mahalnya yakni iPhone 15 Pro Max. 

iPhone 15 Pro dilengkapi dengan cip tercanggih perusahaan A17 Pro. Proses dengan 6 core ini diklaim punya CPU lebih cepat 10?n GPU lebih cepat 20?ri seri pendahulunya serta dibangga-banggakan sebagai jawara untuk bermain gim. Hal ini memang dibuktikan dengan kemampuannya untuk memainkan gim-gim komputer dan konsol di smartphone tersebut.
 
iPhone 15 Pro resmi diumumkan pada Oktober 2023 untuk pasar Indonesia. Smartphone itu dibanderol mulai dari harga Rp20,99 juta untuk varian 128GB sampai Rp31,99 juta untuk varian memori 1TB. 

Adapun, dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah daftar smartphone terkencang yang rilis resmi di Indonesia pada 2023. 
 
Nama Smartphone Skor AnTuTu 
Red Magic 8S Pro 1637830
Galaxy S23+ 1560297
Galaxy S23 Ultra 1541898
iPhone 15 Pro 1537400
iPhone 15 Pro Max 1521725
Galaxy S23 1502490
Oppo Find N3 1423773

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Harga Tiket Masuk Varuna, Pertunjukan Teatrikal Bawah Air di Taman Safari Bali

BERIKUTNYA

Monas Masih Jadi Primadona Warga Jabodetabek Mengisi Libur Natal 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: