Cireng, salag satu menu olahan aci. (Sumber gambar : Andri Sutrisna/Pexels)

Sedapnya 5 Olahan Aci ala Kimbab Family, Cocok Buat Takjil

22 March 2024   |   22:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menu takjil di Indonesia terbilang cukup beragam baik dari segi rasa, aroma, hingga bentuknya. Bahan yang digunakan pun cukup bervariasi. Salah satu yang kerap dipakai untuk membuat sajian khas Ramadan ini adalah tepung tapioka atau yang kerap disebut aci. 

Tepung aci terbuat dari akar umbi tanaman singkong yang diparut, kemudian diekstrak dengan air. Parutan singkong yang diberi air kemudian disaring dan diperas. Lalu, airnya akan diendapkan. Endapan tersebut disebut sari pati singkong. Sari pati singkong selanjutnya dijemur dan menjadi tepung tapioka atau aci. Tepung aci ini bisa diolah menjadi berbagai macam sajian.

Baca juga: Cek 7 Lokasi Berburu Takjil Murah Meriah di Jakarta, dari Benhil hingga Gandaria

Mungkin Genhype pernah mendengar cilok, cireng, hingga cimol. Ya, semua terbuat dari aci dengan ciri khas tekstur kenyalnya. Nah, buat kamu yang ingin berkreasi dengan tepung aci untuk menghadirkan sajian berbuka puasa, berikut rekomendasi dari Kimbab Family. 
 

1. Kolak Biji Salak

Takjil satu ini berbentuk bulat dengan tekstur kenyal karena menggunakan adonan aci. Untuk penyajian, biasanya ditambahkan air gula dan santan sebagai pelengkap. “Makanan yang biasa ada di bulan puasa, kuahnya gula dan santan. Dalamnya ubi dan beras ketan,” ujar Gina Selviana, pemilik kanal YouTube Kimbab Family. 
 

2. Cireng

Cireng merupakan gorengan berbahan tepung tapioka dengan bumbu bawang dan kaldu sebagai penyedap. Adonan dibentuk bulat pipih lalu digoreng kering dan disantap dengan cocolan bumbu rujak atau bumbu kacang. Gina dan keluarganya sangat suka cireng tanpa isi.

"Tapi kalau yang ada isinya, saya suka ada bumbu kacangnya. Jadi saya akan buat setengah nggak ada isinya dan setengah isi bumbu kacang,” katanya. 
 

3. Tahu Aci

Untuk membuat tahu aci, cukup sediakan tahu kuning dan tepung aci. Gina menyebut tahu diisi dengan adonan aci, kemudian digoreng sehingga menghasilkan tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam. Semakin sedap dengan ditambah saus sebagai cocolan. 
 

4. Cilok Goang

Cigo atau cilok goang merupakan jajanan aci yang disajikan dengan kuah sambal goang khas Sunda yang pedas. Kuah sambal terbuat dari bawang merah, bawang putih, kencur, cabai rawit, dan cabai merah, yang digerus kasar, kemudian ditumis. Tumisan sambal ditambah bumbu penyedap seperti garam, gula, dan merica. Ketika terlihat matang, tambahkan cilok dan aduk rata.

Bagi Kimbab Family yang mayoritas tidak suka makanan pedas, Gina mengakalinya dengan memakai kuah kaldu. "Anak-anak biasanya nggak pakai sambal atau ditusuk-tusuk aja pakai tusuk sate,” tuturnya. 
 

5. Dessert Boba Taiwan

Sajian dessert boba khas Taiwan ini sangat cocok disantap saat berbuka puasa. Selain segar dan memuaskan dahaga, sajian ini cukup mengenyangkan. Gina menyebut isinya yang lengkap dengan kuah susu yang menyegarkan, pasti menjadi favorit anak-anaknya, Suji, Yunji, dan Jio.

"Anak-anak pasti bakal suka, isinya boba tapioka, pacar cina, puding, jeli, nata de coco, dan pakai kuah susu. Kalau ada es krim bisa ditambah es krim,” ujarnya. 

Baca juga: Cek 7 Spot Legendaris Berburu Takjil dari Berbagai Daerah di Indonesia Ini 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jebolan Indonesian Idol Anggis Devaki Rilis Single Baru Kisah Tanpa Dirimu

BERIKUTNYA

5 Ponsel Lipat Paling Laris di Dunia, Ada Galaxy Z Flip5 & Oppo Find N3 Flip 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: