Program Mudik Gratis (Sumber Foto: Freepik)

Cara Daftar dan Persyaratan Mudik Gratis Lebaran 2024 dari Kemenhub

21 March 2024   |   17:51 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang Hari Raya Idulfitri, masyarakat Indonesia memiliki tradisi mudik ke kampung halamannya masing-masing. Pada periode tersebut, instansi pemerintahan seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) biasanya menyediakan program mudik gratis yang bisa diikuti semua orang.

Mengutip dari Kemenhub RI, program mudik gratis bertujuan untuk mengurangi orang-orang yang berkendara jarak jauh dengan sepeda motor. Selain tidak didesain untuk perjalanan jauh, risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor juga sangat tinggi.

Baca juga: Cek Kuota dan Jadwal Mudik Gratis dengan Kapal Pelni

Program mudik gratis tersedia melalui berbagai moda, yaitu moda transportasi darat dan laut. Kota yang menjadi tujuan mudiknya pun beragam, mulai Padang, Yogyakarya, Semarang, hingga Solo.

Nah Genhype, yuk, simak cara daftar mudik gratis yang disediakan oleh instansi pemerintah dan BUMN.


1. Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub 

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan bus dan truk. Pendaftaran dan persyaratan lengkapnya dapat diakses melalui aplikasi Mitra Darat yang dibuka mulai 5 Maret-3 April 2024.

Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang, dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik akan berlangsung pada 5-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik pada 14-15 April 2024.


2. Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub

Ditjen Perhubungan Laut melalui Kemenhub mengadakan program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024. Berikut ini cara daftar dan persyaratannya.
  1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK
  2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
  3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.
  4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di lokasi berikut: Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kantor Kementrian Perhubungan RI.
  5. Wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu.
  6. Pemudik yang berkumpul di kantor Kemenhub disarankan tidak membawa kendaraan atau memarkir kendaraan di tempat lain.
  7. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024 di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Semarang-Jawa Tengah. 


3. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub

Ditjen Perkeretaapian melalui Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program mudik gratis untuk masyarakat yang mudik dengan sepeda motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis. Tiket kereta api bisa didapatkan mulai 4 Maret-18 April 2024. Tersedia kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. 

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024. Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program MOTIS 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

Baca juga: Asyik KAI Tebar Tiket Promo Mudik Lebaran Ramadan Festive Mulai 20 Maret 2024

Simak persyaratannya!
  1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C.
  2. WAJIB melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar.
  3. Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc.
  4. Bagi Peserta yang hanya mendaftarkan Sepeda Motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti Mudik moda transportasi lainnya.
  5. Sepeda Motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor.
  6. Tidak diperkenankan menitipkan helm dan kaca spion.
  7. BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan. 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Harga dan Spesifikasi Huawei MateBook D 14

BERIKUTNYA

Penyebab & Cara Penanganan Karies Gigi pada Anak Menurut Dokter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: