PELNI DOCKING SEJUMLAH KAPAL SAMBUT ARUS MUDIK (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Paulus Tandi Bone)

Pendaftaran Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub Dibuka, Cek Cara Daftar dan Persyaratannya!

13 March 2024   |   19:05 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, siap-siap daftar mudik gratis. Tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program mudik gratis 2024 lewat jalur laut. Program ini terbuka bagi siapa saja yang ingin pulang kampung, tetapi tanpa mengeluarkan uang sedikitpun.

Mengutip laman Kemenhub, pendaftaran mudik gratis sudah mulai dibuka mulai hari ini, Rabu 13 Maret 2024. Periode pengiriman data diri dan berkas akan dibuka hingga 7 April 2024.

Kuota mudik gratis 2024 Kemenhub yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pehubungan Laut ini cukup banyak. Kemenhub telah menyiapkan kursi mudik gratis bagi 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor.

Baca juga: Cek Sisa Kuota Tiket Kereta Api Jarak Jauh Untuk Mudik Lebaran 2024

Rencananya, para peserta yang mengikuti mudik gratis dengan kapal laut ini akan dijadwalkan berangkat [ada 3 April-17 April 2024. Hanya para pemudik yang telah mendaftar dan terpilih yang akan mengikuti program ini.

Cara mendaftar program mudik Kemenhub jalur laut ini cukup mudah. Peserta hanya perlu menyiapkan data diri dan mematuhi beberapa aturan yang ada. Berikut adalah beberapa persyaratannya.

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK
2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.

Setelah melihat persyaratan, peserta bisa melakukan pendaftaran melalui laman resmi Kemenhub. Peserta lalu akan melalui proses verifikasi. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik dimulai 15 Maret 2024 dan berlangsung setiap hari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah).

Verifikasi dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok – Jakarta Utara, Kantor Kementrian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu. Mengingat keterbatasan lahan parkir maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan, atau memarkir kendaraan di tempat lain).

Sementara itu, verifikasi calon peserta arus balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), dimulai pada 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang - Jawa Tengah

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menuturkan program Angkutan Mudik Gratis 2024, termasuk lewat jalur laut, bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman dengan nyaman pada masa Lebaran 2024.

Kemenhub menyarankan agar masyarakat tidak mudik ke kampung halaman dengan menggunakan transportasi sepeda motor. Berkendara dengan sepeda motor selain tidak didesain untuk perjalanan jauh, risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor juga sangat tinggi.

Baca juga: Mau Ikut Mudik Gratis Kemenhub? Cek Cara Daftar & Ketentuannya

Pihaknya pun mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan juga akan diangkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Gamers Merapat, Cek Senjata & Map Baru di Patch Update CODM Season 3: Vintage Vigilance

BERIKUTNYA

Exhuma Akan Tayang di Amerika Serikat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: