Calon penumpang menunggu kedatangan Kereta Api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Mau Ikut Mudik Gratis Kemenhub? Cek Cara Daftar & Ketentuannya

04 March 2024   |   17:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi Genhype yang hendak mudik pada Lebaran 2024. Kalian dapat mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan. Selain tidak perlu mengeluarkan uang, program ini juga memungkinkan bagi kalian untuk membawa serta motor yang akan digunakan di kampung halaman.

Dalam siaran pers Kementerian Perhubungan yang dilihat Hypeabis.id, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Dita Irawati mengatakan bahwa program angkutan mudik gratis Lebaran 2024 untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Baca juga: Tips & Trik War Tiket KAI Untuk Mudik Lebaran 2024

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” katanya.

Program Mudik Gratis yang tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api dan akan diselenggarakan di beberapa titik simpul transportasi.

Di jalur darat, Kemenhub menggelar program bertajuk Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk. Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat pada 5 Maret-3 April 2024.

Kemenhub menyediakan 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor pada arus mudik dan balik. Keberangkatan arus mudik akan berlangsung pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik dari 14 sampai 15 April 2024.
 

Di jalur laut, Kemenhub mengadakan program bertajuk Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut. Kuota program ini untuk  9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor dan akan berangkat pada 3-17 April 2024.

Di jalur kereta api, program pulang kampung Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api. Para pemudik dapat memperoleh tiket kereta api mulai 4 Maret sampai 18 April 2024.

Dalam program itu, Kemenhub menyediakan kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Nah, bagi kamu yang hendak mendaftar mudik gratis bisa mengakses laman mudikgratis.dephub.go.id. Dalam laman ini, terdapat pilihan program mudik gratis yang ingin diikuti. Kalian tinggal mengeklik tombol daftar yang tertera di dalam itu dan mengikuti alurnya.

Pada saat ini, tombol daftar yang tersedia di laman tersebut adalah untuk kereta api. Adapun, syarat dan ketentuan yang berlaku adalah peserta harus memiliki KTP, kartu keluarga, dan SIM C. Peserta mudik gratis wajib melakukan verifikasi ke posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih saat mendaftar.

Adapun yang perlu diingat, motor yang akan dibawa ke kampung halaman memiliki kapasitas mesin maksimal 200 cc. Bagi peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor wajib memiliki /menunjukkan bukti mudik dengan moda transportasi lainnya.

Peserta mudik gratis juga harus menyerahkan sepeda motor yang akan diikutsertakan H-1 sebelum tanggal keberangkatan Sepeda Motor. Dalam program itu, Genhype yang ikut serta dalam program mudik gratis juga tidak boleh menitipkan helm dan kaca spion.

Terakhir, syarat dan ketentuan terkait mudik dengan kereta api adalah bahan bakar minyak yang terdapat di dalam kendaraan wajib dikosongkan pada saat penyerahan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

8 Aksesoris Nintendo Switch yang Paling Diburu Tahun 2024

BERIKUTNYA

Cek Tahapan & Tata Cara Pengisian SPT Pajak, Jangan Sampai Salah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: