Meta hadirkan fitur layanan bahasa isyarat di perangkat Porta (dok. Meta)

Lebih Inklusif, Meta Hadirkan Fitur Bahasa Isyarat di Perangkat Video Portal

17 December 2021   |   12:05 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa teknologi Meta—sebelumnya bernama Facebook—menambahkan fitur video relay services (VRS) ke perangkat panggilan videonya yang tak lain ialah Portal. Fitur ini memungkinkan pengguna memakai penerjemah bahasa isyarat ke dalam percakapan video. 

Kehadiran fitur penerjemah ini merupakan hasil kolaborasi Meta dengan ZP Better Together, sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada solusi komunikasi untuk pengguna dengan disabilitas, khususnya tunarungu. 

Dilansir dari The Verge, Jumat (17/12) juru bicara Meta, Lisa Auslen, mengatakan bahwa untuk memanfaatkan fitur ini pengguna harus memiliki akun ZP dan mengonfirmasi pemenuhan syarat untuk layanan tersebut.

Baik layanan maupun perangkat Portal nantinya akan disediakan gratis bagi mereka yang memenuhi syarat, seperti pengguna VRS di Amerika Serikat dan berkomunikasi memakai American Sign Language (ASL).

(Baca juga: Forza Horizon 5 Bakal Dilengkapi Fitur Penerjemah Bahasa Isyarat dalam Game)

Setelah pengguna memiliki akun ZP dan Portal, layanan juru bahasa ASL dapat diakses melalui aplikasi ZP yang tersedia di Portal App Store. Dalam pemberitahuan pers, Meta menyebut penerjemah ASL akan muncul di layar selama panggilan Portal dan tersedia selama 24/7.

Sebagaimana diketahui panggilan video telah menjadi aktivitas yang umum dilakukan selama pandemi. Para penyedia layanan ini termasuk Microsoft Teams, Zoom, hingga Meta menghadapi banyak kiritik dan tantangan terkait aksesibilitas.

Oleh sebab itu, mereka mulai menyediakan berbagai fitur penunjang untuk mendorong akses yang lebih merata bagi seluruh pengguna termasuk para penyandang disabilitas. Misalnya dengan menghadirkan fitur teks langsung (live caption).

Adapun, Meta melakukannya upaya lebih dengan menghadirkan fitur layanan bahasa isyarat. Perusahaan menyatakan bahwa bahasa isyarat merupakan bahasa utama bagi komunitas tunarungu oleh sebab itu sangat penting untuk memberikan akses tersebut.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Begini Cara Menjaga Kondisi Baterai Sepeda Listrik Tetap Prima

BERIKUTNYA

3 Cara Seru Merayakan Hari Ibu pada 22 Desember

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: