ROG Phone 8 Series yang resmi meluncur di pasar gadget Indonesia (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Sudah Rilis di Indonesia, ROG Phone 8 Series Dibanderol Mulai Rp10 Jutaan

21 March 2024   |   07:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Asus baru saja merilis smartphone gaming terbarunya di Indonesia, ROG Phone 8. Hadir dengan desain yang lebih ramping, lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis, ponsel ini diklaim tidak hanya menjawab kebutuhan para gamer, tapi juga streamer hingga content creator.

Ellie Chen, SEA Channel Manager Asus mengatakan ROG phone seri terbaru ini membawa berbagai peningkatan. Tidak hanya dari segi performa, tetapi membawa kualitas kamera yang lebih mumpuni. Lantas apa saja fitur dan spesifikasi yang dihadirkan? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Genhype.

Baca juga: Ponsel Gaming ZTE Redmagic vs ASUS ROG, Mana yang Lebih Gahar?
 

1. Performa

ROG Phone 8 Series ditenagai prosesor Mobile Platform Snapdragon 8 Gen 3, didukung RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0. Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto mengatakan dengan chipset tersebut, kemampuan CPU meningkat 30 persen dibandingkan Snapdragon  Gen 2.

“Grafis meningkat 20 persen, tidak ada nge-lag,” ujarnya. 

Pengguna dapat melakukan gaming marathon tanpa overheat berkat desain Konduktor Rapid-Cooling, bagian dari desain termal GameCool 8 yang mampu mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.

Selain itu, pendingin tambahan baru AeroActive Cooler X yang dapat dipasang, kini 29 persen lebih kecil tetapi menawarkan efisiensi termal 1,2 kali lebih tinggi. Dengan demikian, mampu mengurangi suhu penutup belakang hingga 26 derajat Celcius. ROG Phone 8 Series juga menjadi ponsel gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68. 
 

2. Layar 

Layar ponsel gaming terbaru Asus ini memakai panel AMOLED (Samsung E6) fleksibel 6.78 inci dengan teknologi LTPO. Layar ini mendukung tingkat penyegaran adaptif. 

Ellie menyebut sistem yang terdapat pada ponsel ini mampu menyesuaikan tingkat penyegaran secara otomatis mulai dari 1-120 Hz, tergantung pada kinerja yang sedang berjalan untuk mengurangi konsumsi daya. Pengguna juga dapat memilih refresh rate hingga 165 Hz untuk pengalaman bermain yang lancar, dan tingkat sampel sentuh mencapai 720 Hz untuk respons instan. 

Adapun, puncak kecerahan layar ditingkatkan menjadi 2500 nit. Alhasil pengguna dapat bermain gim atau menonton film dengan layar jelas bahkan di bawah sinar matahari. Asus bekerja sama dengan Pixelworks untuk akurasi warna. 
 

3. AniMe Vision

ROG Phone 8 Series memiliki elemen-elemen yang dapat disesuaikan secara unik, termasuk logo Aura RGB Lighting pada varian biasa, dan layar Mini-LED Anime Vision pada varian Pro. Pengguna dapat mengekspresikan persona dan kreativitas mereka. 

AniMe Vision merupakan layar dengan 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang sudah disetel atau dibuat oleh pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat membuka animasi rahasia dengan menyentuh ponsel secara berhadapan dengan ROG Phone 8 Pro atau edisi Pro lainnya. 

Baca juga: Spesifikasi & Harga Nubia Neo 5G, Ponsel Gaming Entry Level Terbaru dari ZTE
 

AnimVision. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

AniMe Vision. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

4. Fitur Berbasis AI

Asus menyematkan empat fitur kecerdasan buatan (AI) yang ramah bagi gamer pada ROG Phone 8 Series. Gamer dapat dengan mudah memindahkan permainan ke latar belakang dengan mode Latar Belakang atau menangkap momen kunci dengan X Capture.

Ada pula AI Grabber untuk menangkap teks dan X Sense dapat meningkatkan pengalaman bermain gim. Fitur-fitur ini mampu memberikan tips dan bantuan saat diperlukan. 

AI Grabber juga dapat menangkap teks langsung dari permainan menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition. Selain itu, X Capture dan X Sense 2.0 mendukung lebih banyak gim terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.

Fitur AI lainnya mencakup Semantic Search atau pencarian sesuai semantik dalam penggunaan ponsel. Fitur ini memanfaatkan bahasa alami dalam Galeri, Launcher, dan Pengaturan. 

Sementara itu, Wallpaper AI dapat membuat wallpaper menggunakan teknologi Stable Diffusion. Ada pula teknologi pengurang kebisingan AI yang dapat mengurangi kebisingan dua arah agar suara jelas dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam gim. 
 

5. Kamera AI

Selain mendukung pengalaman gaming, AI juga meningkatkan kamera ROG Phone 8 Series. Kamera utama menggunakan sensor gambar terbaru Sony 50 MP Dilengkapi lensa wide angle 24mm, sementara mode zoom 2x mengubahnya menjadi lensa utama serbaguna 50mm yang cocok untuk mode potret dan foto makanan. 

Mendukung pengalaman pengambilan gambar ROG Phone 8 Series memiliki Stabilizer Gimbal Hybrid6-Axis 3.0 yang menjamin video lebih halus dan foto tanpa goyangan saat bergerak. Stabilisasi ini dapat digunakan dalam mode pemotretan standar dan mode potret. 

Stabilitas video dijamin dengan perangkat keras OIS anti-goyangan dan algoritma perangkat lunak EIS ter-upgrade yang menggunakan data giroskop untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis pada setiap bidang pandang akan memastikan video tetap stabil.

Untuk pertama kalinya, ROG Phone 8 Series menyertakan lensa telefoto 3x. Lensa ini dilengkapi dengan OIS bawaan, memberikan hasil yang jelas dan tajam, bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah dengan mode Fotografi Malam. 

Sementara itu, teknologi Asus HyperClarity dengan menggunakan file yang tidak diproses (RAW), menampilkan setiap detail dalam foto dengan jelas, serta memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30x. Selama pengambilan video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk memberikan hasil yang stabil dengan zoom hingga 10x.

Kamera ultra wide 13 MP ini dilengkapi dengan lensa free-form dan algoritma terkini untuk mengurangi distorsi lensa. Selain itu, kamera selfie ultrawide depan 32 MP memiliki bidang pandang (FoV) yang ditingkatkan dari 73 derajat menjadi 90 derajat untuk selfie grup. 

Lensanya dilengkapi dengan sensor RGBW yang memastikan gambar bersih dengan lebih sedikit noise, bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Ditambah teknologi OZO Audio, pengguna bisa menghilangkan suara angin agar rekaman di luar ruangan menjadi jelas, atau menangkap audio spasial 3D Surround yang lebih imersif. 
 

Harga dan ketersediaan

Hadir dalam dua varian, ROG Phone 8 dan ROG Phone 8 Pro, ponsel gaming Asus ini memiliki varian dari sisi kapasitas penyimpanan dan harga. Untuk varian pertama dengan RAM 12GB dan storage 256GB, dibanderol Rp 10,9 juta. Kamu bisa memilih warna Storm Grey dan Phantom Black.

Sementara varian ROG Phone 8 Pro memiliki RAM 16GB dan storage 512GB, dengan warna Phantom Black. Varian ini dibanderol dengan harga Rp 14,9 juta. Selain itu, terdapat varian ROG Phone 8 Pro Edition dengan RAM 24 GB dan storage 1 TB. Untuk varian premium yang sudah include AeroActive Cooler X, dibanderol dengan harga Rp19,9 juta.

Dalam periode First Sales Program Pre-Order yang berlangsung dari 20 Maret hingga 30 April 2024, seluruh pembelian varian akan mendapatkan Free AeroActive Cooler X Limited Stock. 

Khusus Varian ROG Phone 8 Pro dengan RAM 16GB dan storage 512GB, dapat dibeli dengan harga khusus, Rp14,4 juta. Pada periode Consumer Launch Sales Program pada 20-23 Maret 2024, seluruh pembelian varian akan mendapatkan Free AeroActive Cooler X ditambah ROG X PUBG Exclusive Merchandise. 

Baca juga: Dibanderol Mulai Rp11 Jutaan, Cek Spesifikasi Smartphone Gaming Redmagic 8S Pro

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Dijual Hari Ini, Cek Harga Tiket Konser TREASURE Kategori Umum

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Film Poor Things yang Dibintangi Emma Stone & Mark Ruffalo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: