ASUS ROG Phone 8 (Sumber gambar: ASUS)

Spesifikasi dan Harga ASUS ROG Phone 8

10 January 2024   |   11:12 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Produsen ponsel ASUS menandai awal tahun ini dengan meluncurkan smartphone gaming terbarunya, ROG Phone 8. Generasi paling anyar dari seri gaming ASUS ini pertama kali diperkenalkan secara global dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Seperti namanya, ASUS ROG Phone 8 merupakan penerus dari versi ROG Phone 7 yang dirilis pada awal 2023. Tak tanggung-tanggung, ada tiga varian untuk ponsel barunya ini, yakni ROG Phone 8 reguler, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition. 

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Pengontrol Gim ASUS ROG Tessen Mobile Controller

Ketiga model terbaru ROG Phone 8 Series ini memiliki ukuran yang sama, yakni berdimensi 163,8 x 76,8 x 8,9 mm dengan bobot hanya 225 gram. Dengan demikian, generasi baru ponsel ini lebih ringkas dari pendahulunya yang memiliki dimensi 173 x 77 x 10,3 dengan bobot 239 gram.

"Seri ROG Phone 8 telah didesain ulang sepenuhnya — perubahan terbesar dalam sejarah panjangnya. Ponsel ini berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium yang futuristik dan membawa perubahan besar, dengan bodi yang lebih ramping dan ringan serta bezel yang lebih tipis menjadikannya ponsel gaya hidup yang sempurna bagi para gamer," demikian pernyataan ASUS di laman resminya, dikutip Hypeabis.id, Rabu (10/1)

Dari ketiganya, salah satu yang menarik dari seri ASUS ROG Phone 8 reguler. Meski berada di versi terbawah, sebenarnya ASUS ROG Phone 8 tak kalah saing dalam hal spesifikasi dengan tipe lain.

ASUS ROG Phone 8 ditenagai dengan chipset terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini akan dipadukan dengan RAM LPDDR5X hingga 12 GB dengan media penyimpanan UFS 4.0 hingga 256GB.

Sistem operasi gawai ini sudah versi Android 14 dengan tampilan antarmuka ROG UI. Ponsel ini memiliki fitur gaming yang beragam. Dari Air Trigger, AeroActive Cooler, sistem pendingin GameCool 8, hingga AI di berbagai aplikasi pemantau gim.

“ROG Phone 8 masih memiliki struktur termal presisi yang revolusioner. Teknologi GameCool 8 mengadopsi desain Sistem Pendingin SoC 360° Gen 2 yang inovatif, menghasilkan peningkatan efisiensi termal sebesar 22%,” klaim Asus. 
 

ASUS ROG Phone 8 (Sumber gambar: ASUS)

ASUS ROG Phone 8 (Sumber gambar: ASUS)

ASUS ROG Phone 8 dibekali layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus. Memiliki refresh rate hingga 165 Hz, ponsel ini juga mampu menampilkan kecerahan layar hingga 2.500 nit. Sebagai ponsel gaming, layar ASUS ROG Phone 8 juga dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass Victus 2.

Untuk sektor kamera, ASUS ROG Phone 8 dibekali dengan tiga kamera di bagian belakang. Masing-masing memiliki resolusi 50MP untuk kamera utama, 32 MP untuk kamera telefoto, dan 13 MP untuk ultra lebar. Adapun, kamera depannya beresolusi 32 MP

Selain itu, ponsel ini sudah dibekali sertifikat IP68 yang tahan terhadap air dan debu. Sertifikasi ini meningkat dari seri ROG Phone 7 yang hanya mentok di IP54. Dari segi baterai, ponsel ini memiliki daya 5.500 mAh dengan dukungan fast charging hingga 65 W

Sayangnya, untuk bagian belakang, ASUS ROG Phone 8 hanya dibekali dengan lampu berwarna Aura RGB yang standar. Adapun, pada versi Pro dan Pro Edition, bagian belakangnya telah dilengkapi fitur AniMe Vision yang mampu menampilkan beragam animasi melalui layar mungilnya yang unik. 

Dari informasi yang tertera di situs resminya, ROG Phone 8 reguler dibanderol dengan harga US$1.099 atau sekitar Rp17 jutaan.

Baca juga: Ponsel Gaming ZTE Redmagic vs ASUS ROG, Mana yang Lebih Gahar?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sinopsis dan Daftar Pemeran Film Sehidup Semati, Laura Basuki hingga Ario Bayu

BERIKUTNYA

Skandal Berlalu, Golden Globe Awards 2024 Kembali Curi Perhatian Penonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: