SORE (Sumber Foto: Instagram/@sorezeband)

5 Lagu Terbaik Band Sore, Ada Pergi Tanpa Pesan Hingga Karolina

20 March 2024   |   19:01 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Belantika musik Indonesia tengah berduka setelah kehilangan sosok Ade Paloh, vokalis band SORE atau Sore Ze Band. Di usianya yang ke 47 tahun, Ade Paloh mengembuskan napas terakhir karena sakit. Ade Paloh disemayamkan di Taman Pemakaman Umum Pondok Ranggon, Jakarta Timur, kemarin Selasa (19/3/2024).

Penggemar dan penikmat musik bisa mengenang karya Ade Paloh lewat band SORE dan lagu-lagunya. Adapun SORE merupakan band indie asal Jakarta yang berdiri sejak 2002. Beranggotakan Ade Firza Paloh (gitar, vokal), Awan Garnida (bass, vokal), Reza Dwiputranto (gitar, vokal), Bemby Gusti (drum, perkusi, vokal), Ramondo Gascaro (piano, keyboard, gitar, vokal). 

Baca juga: Ade Paloh Vokalis Band Sore Meninggal Dunia, Simak Profil dan Rekam Jejaknya

Sore memiliki keunikan tersendiri, yakni semua anggotanya bermain musik dengan kidal atau tangan kiri. Selain itu, setiap personel mengambil bagian sebagai vokalis dalam album-albumnya. Sampai saat ini Sore telah meluncurkan album penuh dan EP (extended play) atau mini album, serta sejumlah album kompilasi.

Beberapa judul albumnya mulai dari Centralismo (2005), Ports of Lima (2008), Los Skut Leboys (2015), danQuo Vadis, Sore? (2023), serta EP Sombreros Kiddos (2010) dan Mevrouw (2019), juga kompilasi Sorealist (2013)

SORE juga kerap mengisi sejumlah soundtrack original film Indonesia seperti Funk The Hole untuk film Janji Joni (2005), Pergi Tanpa Pesan dan No Fruits For Today untuk film Berbagi Suami (2006), lalu Oh Jakarta untuk film Arisan 2 (2011), dan lalinnya. Nah Genhype, yuk simak sejumlah lagu terbaik dari band Sore berikut ini.
 

1. Pergi Tanpa Pesan 

Pergi Tanpa Pesan adalah salah satu lagu terbaik band SORE yang sangat emosional. Lagu ini menggambarkan perasaan kehilangan dan kesepian. Penyampaian emosinya tersusun rapi lewat lirik-lirik lagunya yang puitis dan perpaduan musik jazz dan folk khas SORE. Lagu ini menjadi soundtrack untuk film Berbagi Suami yang tayang pada 2006.


2.  Sssst…

Sssst… merupakan lagu band SORE yang terkenal di kalangan penikmat musik indie. Lagu ini memiliki irama yang bisa membuat pendengarnya bergoyang. Terlihat dalam video klipnya, para personel bergaya kocak dan menghibur. Namun di balik itu semua, ada sisi menyentuh yang disampaikan lewat lirik lagunya yang mengisahkan tentang perpisahan.


3. Mata Berdebu

Mata Berdebu merupakan lagu kedua di album Centralismo mengisahkan tentang kerinduan seseorang terhadap sosok orang yang dicintainya. Liriknya di bait pertama yang dinyanyikan Ade Paloh tampak indah sekaligus sendu

Tak ku pelajari di mana pelangi itu. Di antara kabut, kucari jemari itu
Dan aku tak bisa melangkah. Di antara musafirnya


4. Bantal Keras

Bantal Keras merupakan lagu yang masuk dalam album Sorealist (2013). Lagu ini sangat sentimental untuk para penggemar SORE, karena digarap oleh Mondo sebelum memutuskan hengkang dari band. Bantal Keras sendiri bisa dibilang memuat pernyataan maaf SORE kepada para anggotanya, khususnya Mondo.

Dan salahku dia hilang. Terhempas kemarau waktu yang menggarang
Dan salahku tak kujelang. Seribu juta masalah rapuh, bisu...

 

5. Karolina

Karolina adalah lagu band SORE yang sering didengar para penggemarnya. Liriknya mengisahkan tentang perasaan jatuh cinta seorang pria kepada seorang wanita bernama Karolina. Lagu ini memiliki nuansa melankolis dengan sentuhan unsur-unsur musik jazz, folk, hingga pop.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadi Produksi Termahal A24, Civil War Debut dengan Rating Tinggi

BERIKUTNYA

7 Fakta Unik dari Turki yang Jarang Diketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: