Ade Paloh (Sumber Foto: Instagram/@sorezeband)

Ade Paloh Vokalis Band Sore Meninggal Dunia, Simak Profil dan Rekam Jejaknya

19 March 2024   |   15:28 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka datang dari belantika musik Indonesia, Ade Paloh vokalis band Sore meninggal dunia hari ini, Selasa (19/3/2024). Pria pemilik nama lengkap Firza Amar Paloh tersebut mengembuskan napas terakhirnya pada usia 47 tahun. Penyebab meninggalnya diketahui karena sakit. 

Berita tersebut diumumkan oleh beberapa kerabat dekatnya, salah satunya pengamat musik Adib Hidayat. Melalui cuitan unggahan di laman resmi Twitter-nya, dia mengaku mendapatkan kabar duka Ade Paloh dari drummer band Sore, Bemby Gusti.

"Berita duka Ade Paloh vokalis dan pencipta lagu dari @SOREband wafat pada Selasa 19 Maret 2024 karena sakit. Duka cita mendalam untuk keluarga besar Sore dan Ade Paloh," kata Adib Hidayat. 

Baca juga: Kabar Duka, Sastrawan Abdul Hadi W.M. Meninggal Dunia Usia 77 Tahun

Kabar duka juga diumumkan oleh Wendi Putranto, manajer band Seringai. Melalui unggahan terbarunya, dia mendapatkan informasi kepergian Ade Paloh dari Awan Garnida yang merupakan pemain bas sekaligus vokalis band Sore.

"Innalilahi wainna ilaihi rojiun. Telah wafat dengan tenang karena sakit pada hari ini Firza Amar Paloh (Ade Paloh), vokalis dan pencipta lagu SORE, sebuah kehilangan yang sangat besar," ujar Wendi.

Kendati demikian, belum ada informasi lebih lanjut mengenai penyakit yang diidap oleh Ade Paloh sebelum meninggal dunia. Berdasarkan keterangan dari laman Instagram resmi band Sore, jenazah akan disemayamkan di TPU Pondok Ranggon sore ini. Pihak band Sore juga meminta keikhlasan doa terutama dari teman-teman dan penggemar.
 

Profil Ade Paloh

Ade Paloh yang bernama lengkap Firza Amar Paloh lahir pada 29 Maret 1976. Sepanjang hidupnya, dia dikenal sebagai musisi yang kreatif dan inspiratif yang dituangkan dalam karya-karya musik. Ade Paloh membentuk band bernama Sore sejak 2002, yang beranggotakan Awan Garnida, Reza Dwiputranto, Bemby Gusti, dan Ramondo Gascaro.

Nama Sore dipilih karena semua personelnya mempunyai kebiasaan bangun Sore. Selain itu, mereka juga sangat suka suasana sore hari yang indah dan memesona. Band ini juga mempunyai keunikan tersendiri, yakni semua anggotanya bermain musik dengan tangan kiri atau kidal. Kurang lebih selama 22 tahun Ade Paloh bergabung bersama Sore.

Meski begitu, dia sempat memutuskan untuk keluar dari band pada 2010 karena lelah dan butuh istirahat sejenak. Di luar itu, dia juga ingin mencoba bermusik sendiri. Ade sempat menyampaikan bahwa keputusannya untuk keluar bukan karena mengalami konflik dengan para personel Sore lainnya, melainkan murni karena keinginannya sendiri. 

Ade Paloh mulai bereksplorasi membuat musik yang sesuai dengan gayanya sendiri melalui mononim Drs. F. Achmar dan grup Marsh Kids. Bersama grup Marsh Kids, Ade Paloh menggunakan nama Drs. F. Achmar. Dia bekerja sama dengan beberapa musisi dari anggota Tigapagi dan Polka Wars. 

Tak lama kemudian, sekitar tiga tahun setelahnya, Ade Paloh kembali bermusik dengan band Sore. Bersama Bemby Gusti dan Awan Garnida mereka kembali merilis album kompilasi pada 2013. 

Baca juga: Eko Londo Meninggal Dunia, Pelawak Legendaris yang Getol Ingin Masuk Srimulat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Entitas Unik & Menarik dari Proyek Penulisan Kolaboratif SCP Foundation

BERIKUTNYA

Malam Pencabut Nyawa Jadi Film Horor Kedua Garapan Sidharta Tata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: