NIntendo Switch (Sumber gambar: Unsplash/Magnus Engo)

Game Persona 6 Bakal Rilis di Nintendo Switch 2?

20 March 2024   |   14:44 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Industri gim belakangan sedang ramai dengan kabar kolaborasi antara dua perusahaan ternama, Nintendo dan Atlus, untuk produk terbaru mereka mendatang. Nintendo dengan konsol generasi anyarnya, Nintendo Switch 2 dan Atlus dengan judul gim peran (role playing game/RPG) populernya, Persona 6. 

Memang, sampai saat ini, masih belum ada informasi resmi apa pun mengenai dua produk terbaru baik dari Nintendo maupun Atlus tersebut. Akan tetapi, sejumlah pihak telah melaporkan bahwa keduanya tengah menjalin komunikasi untuk kolaborasi pada masa mendatang. 

Baca juga: 3 Konsol Game Retro Menarik yang Gagal Rilis, Ada Sega VR

Akun X/Twitter @MbKKssTBhz5, yang mengeklaim orang dalam dari Sega - perusahaan induk Atlus - menyebutkan bahwa Atlus berencana untuk membawa seri terbaru gim RPG populernya, Persona 6 ke platform Nintendo Switch 2. Ini jadi kabar yang cukup dinantikan, dan sangat mungkin terjadi mengingat gim-gim Persona sebelumnya juga bisa dimainkan di konsol Nintendo Switch (eguler dan lite). 

Atlus saat ini memang masih fokus mengembangkan konten unduhan (downloadable content/DLC) untuk gim anyarnya, Persona 3 Reload. Perusahaan gim asal Jepang itu memang tengah getol menghadirkan sejumlah gim hasil remake dan remastered IP-nya untuk konsol next gen, termasuk Xbox Series X/S dan PlayStation 5. 

Namun, leaker juga telah mengungkap bahwa gim RPG Persona 6 tengah disiapkan dan dijadwalkan rilis pada 2025. Kehadiran judul baru itu, akan memecah telur 8 tahun penantian dari waralaba arus utamanya, setelah Persona 5 rilisan 2016, yang bahkan telah di-enhance dalam judul Persona 5 Royal keluaran 2019. 

Bagaimanapun, seri Persona sudah jadi salah satu gim JRPG yang digandrungi gamer. Data Statista mencatat bahwa semua seri gim Personal berhasil terjual sekitar 16,8 juta unit. 

Adapun, Nintendo Switch 2 juga merupakan salah satu topik yang hangat dibicarakan di kalangan pencinta gim. Konsol mutakhir dari Nintendo itu sebelumnya, dijadwalkan akan rilis pada paruh kedua 2024. Namun, laporan yang lebih baru menyebut bahwa jadwal perilisan konsol itu kemungkinan besar bakal mundur hingga 2025. 

Nikkei menyebut bahwa Nintendo diperkirakan bakal merilis penerus konsol larisnya itu pada awal Maret 2025, sejalan dengan rumor tanggal rilis pada kuartal pertama tahun yang sama, yang dilaporkan oleh VGC dan Eurogamer

Keputusan penundaan rilis tersebut diambil karena adanya kekhawatiran kekurangan stok perangkat yang bakal tersedia. Selain itu, jeda yang ada juga diharapkan bisa memberi waktu yang cukup kepada para pengembang untuk membuat judul-judul gim baru untuk konsol Nintendo Switch 2 mendantang. 

Jika demikian, bukan tidak mungkin Persona 6 yang juga dijadwalkan meluncur pada tahun 2025 bakal jadi salah satu judul yang siap masuk ke konsol Nintendo Switch 2. Selain Persona, judul gim populer lain yang disebut-sebut bakal tersedia di perangkat terbaru itu adalah Pokemon Legends: ZA, yang telah diumumkan oleh The Pokemon Company bakal rilis pada tahun depan. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Game Lokal Seru, Bisa Jadi Teman Ngabuburit

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Suka Duka Musisi Indie dari Kacamata Jordan Susanto & Nathalie Ezmeralda

BERIKUTNYA

Penikmat Seni Merapat, Ekshibisi Ireland's Eye Kembali Dihelat di WTC Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: