Logo SCP Foundation (Sumber foto: SCP)

3 Entitas Unik & Menarik dari Proyek Penulisan Kolaboratif SCP Foundation

19 March 2024   |   17:42 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Akses internet memudahkan setiap penggunanya yang ingin berkarya. Tak terkecuali bagi para penulis yang ingin berkolaborasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Terkait fenomena ini, banyak penulis yang bersatu dalam sebuah proyek penulisan kolaboratif yang masih berjalan hingga kini yaitu SCP Foundation. 

Seorang pengguna di forum Something Awful bernama Andrew Pontiou, ingin menciptakan proyek penulisan di mana semua penulis dapat menyerahkan tulisannya di satu halaman khusus, dan diharapkan dapat terus berkembang serta memperluas narasi secara keseluruhan. 

Pada 10 Juli 2008, Pontiou mengumumkan bahwa dia akan memulai sebuah proyek penulisan kolaboratif dengan nama SCP Foundation, juga dikenal sebagai SCP Wiki. 

Baca juga: Hypereport Resolusi 2024: Mengulik Karya & Asa Para Penulis Muda

Cerita inti dari SCP Foundation adalah sebuah organisasi fiksi yang beroperasi secara sembunyi-sembunyi dan mendunia, Mereka memelihara database informasi tentang objek, entitas, dan fenomena anomali, yang dikenal sebagai SCP (Special Containment Procedures). 

Organisasi ini memiliki tujuan yang sangat besar, yakni untuk mengamankan, membendung, dan melindungi anomali ini dari publik atau sebaliknya, menjaga dunia tetap normal normal dan mencegah kerugian terhadap kemanusiaan. Namun, mereka dapat bebas menggunakan cara apa saja untuk keselamatan dunia, bahkan dengan upaya yang kejam sekalipun. 

Mereka yang ingin ikut berkontribusi dalam penulisan untuk SCP Foundation dapat menulis tentang berbagai aspek, seperti alur cerita, aturan organisasi, peristiwa-peristiwa tertentu, dan hal-hal lainnya. Namun, yang paling umum ditulis oleh kontributor adalah entitas yang dipelajari oleh organisasi tersebut. 

Dengan banyaknya variasi cerita-cerita di proyek ini, Berikut adalah 3 entitas menarik dari SCP Foundation!
 

1. SCP-682 "Reptil yang Sulit Dihancurkan"

Salah satu entitas SCP paling populer dan terkuat, SCP 682 dideskripsikan sebagai makhluk besar yang memiliki fitur layaknya reptil, dengan asal-usul yang misterius. Entitas ini menunjukan intelektual yang sangat cerdas, dan terlihat terlibat dalam komunikasi yang kompleks dengan entitas lain serta personel penjaganya.

Reptil ini masuk kedalam kelas Keter, atau sangat berbahaya, dan SCP harus segera menemukan cara untuk menghancurkannya. Sama seperti julukannya, reptil ini sangat sulit dihancurkan, dan segala upaya untuk melukainya tidak akan efektif, karena dia dilengkapi dengan kemampuan regenerasi dan beradaptasi dengan apa pun yang merugikannya.

Tak hanya itu, reptil ini juga memiliki kemampuan untuk menyerap energi dari barang organik dan anorganik yang dikonsumsi. Kedua kemampuan SCP-682 untuk bertahan hidup ini sangat luar biasa. Dia pernah terlihat bergerak dan berbicara dengan kondisi 87 persen tubuhnya hancur atau membusuk.

Lantaran tidak dapat dihancurkan, hal yang dapat dilakukan organisasi hanyalah mengurungnya di dalam ruangan berukuran kecil dan direndam asam. Jika reptil ini terlihat untuk bergerak, berbicara, atau mencoba untuk kabur, dia harus segera ditindak dengan dengan sumber daya apa pun yang dimiliki organisasi. 

Bahaya SCP-682 bukan hanya dari kemampuanya untuk bertahan hidup, tapi juga wataknya yang sangat membenci manusia dan kehidupan, yang sering diutarakan berkali-kali dalam banyak arsip-arsip rekaman. Namun, entitas itu punya simpati terhadap anomali lain seperti SCP-053, seorang anak perempuan berumur 3 tahun yang bisa membuat orang yang memandangnya jadi tidak rasional, paranoid, dan suka membunuh. 

Banyak orang yang membenci gadis kecil yang tidak bersalah ini. Namun, tidak dengan SCP-682 yang kadang bermain dengan gadis tersebut. Seolah mereka memiliki nasib persis yang sama, dibenci oleh semua orang. 

Baca juga: Penulis Raiy Ichwana Siap Terbitkan Novel Hibrida, Kisah Fiksi-Ilmiah dengan Drama Keluarga
 

2. SCP-4999 “Seseorang yang Mengawasi Kita”

SCP-4999 (Sumber: scp-wiki.wikidot.com/scp-4999)

SCP-4999 (Sumber: scp-wiki.wikidot.com/scp-4999)

Seseorang yang sedang menunggu ajalnya dijemput, selalu ingin dikelilingi oleh keluarga dan kerabat terdekat. Sayangnya banyak orang yang tidak merasa ditemani saat momen tersebut sehingga menciptakan pengalaman kematian yang sedih dan tidak damai. Inilah yang ingin ditangani oleh salah satu anomali tidak berbahaya, SCP-4999. 

SCP-4999 adalah entitas humanoid dengan asal dan komposisinya tidak diketahui. Penampilan fisiknya bervariasi, tetapi dia selalu terlihat menggunakan pakaian formal berwarna gelap. Dia akan terwujud hanya di hadapan satu pribadi manusia dalam satu waktu.

Semua orang yang terpapar olehnya, tercatat  berada dalam kondisi kesehatan yang sangat buruk, terluka parah, atau berada di ranjang kematian mereka. SCP-4999 akan muncul di samping orang-orang tersebut, persisnya 20 menit sebelum kematian. Dia hanya muncul saat subjeknya sadar dan sendirian, tidak saat dalam koma, tidur, atau tidak sadarkan diri. Juga, tidak muncul jika subjeknya ditemani atau diawasi oleh orang lain.

Hal ini terjadi saat seseorang sedang dalam kondisi sekarat dan sepenuhnya sendirian, di mana SCP-4999 berperan sebagai teman dan pendamping mereka dalam peralihan dari dunia ke alam akhirat. Ketika muncul, SCP-4999 akan mengambil sebungkus rokok dari saku jaketnya dan menawarkannya kepada orang tersebut. 

Jika diterima, SCP-4999 akan menempatkan satu rokok di bibir subjek dan satu untuk dirinya sendiri, kemudian menyalakan keduanya. Namun, jika ditolak, SCP-4999 akan menyalakan dan merokok rokok tersebut sendirian, sambil melakukan kontak fisik dengan subjek, seperti memegang tangan mereka dengan erat atau menempatkan tangan di bahu mereka. 

Dia terus melakukan ini sampai orang tersebut akhirnya meninggal dunia. Setelah subjeknya meninggal, dia akan menghilang, tapi meninggalkan bekas puntung rokok yang dihisap, sebagai tanda bahwa subjeknya tidak meninggal sendirian. Lantaran sifatnya yang bisa cepat menghilang dan muncul kapan saja, SCP-4999 dibiarkan berkeliaran oleh organisasi SCP.
 

3. SCP-294 "Mesin Kopi"

Jika kedua SCP sebelumnya adalah makhluk hidup, SCP-294 adalah sebuah anomali yang berbentuk barang. Anomali ini adalah terlihat seperti mesin penjual kopi standar, di mana cara mengoperasikannya cukup mudah dan normal.

Setelah menyetorkan lima puluh sen mata uang AS ke dalam slot koin, pengguna akan diminta untuk memasukkan nama cairan apa pun menggunakan touchpad. Inilah keunikan anomali ini, yang dapat mengeluarkan cairan apa saja, bahkan zat yang biasanya tidak ada dalam keadaan cair, seperti nitrogen, besi, dan kaca dalam cangkir kertas biasa.

Namun cangkir kertas tersebut tidak akan terpengaruh dengan zat yang ada di dalamnya. Misalnya jika berisikan lava panas, cangkir itu tidak akan terbakar. Mesin ini tidak dapat selalu dipakai, karena setelah kira-kira lima puluh penggunaan, mesin tidak mau menanggapi permintaan lebih lanjut. Setelah jangka waktu kurang lebih 90 menit, mesin ini sudah terisi kembali dengan sendirinya. 

Mesin ini secara konsep mungkin terlihat berguna bagi umat manusia, tapi ada beberapa insiden yang menyebabkan organisasi SCP tetap mengawasi siapa yang menggunakan mesin ini.

Salah satu insiden fatal menimpa Joseph, agen SCP yang ingin mencoba mesin ini dengan menulis nama teman Joe dalam mesin tersebut sebagai lelucon.  Mesin tersebut menerima permintaan “A Cup of Joe” yang diketik, tapi agen Joseph berkeringat secara intens, pusing, dan kemudian pingsan.

Saat personel lain mengecek keadaan Joseph, mereka melihat cairan apa yang dikeluarkan dari mesin tersebut. Mereka terkejut saat melihat campuran darah, jaringan, dan cairan tubuh lainnya. Pengujian mengungkapkan bahwa cairan tersebut memiliki kecocokan urutan DNA dengan urutan DNA milik Agen Joe. 

Baca juga: Profil Adania Shibli Penulis asal Palestina yang Batal dapat Penghargaan Frankfurt Book Fair

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rumah Produksi Lokal Raih Kerja Sama Internasional di Ajang FILMART 2024

BERIKUTNYA

Ade Paloh Vokalis Band Sore Meninggal Dunia, Simak Profil dan Rekam Jejaknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: