Ilustrasi kota Singpura (Sumber foto: Unsplash)

QRIS Bisa Dipakai di Singapura, Keuntungan buat UMKM dan Pariwisata

17 November 2023   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) pada meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran QR antarnegara Indonesia dan Singapura. Langkah ini memungkinkan nasabah dari lembaga keuangan yang berpartisipasi melakukan pembayaran ritel antarnegara.

Dalam hal ini, menggunakan aplikasi pembayaran yang dimilikinya, dengan cara sensor Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS) yang ditampilkan oleh pedagang di Indonesia atau Singapura.

Baca juga: QRIS Berlaku di Singapura, Cek Cara Belanja Antarnegara

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa interkoneksi pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Singapura akan mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM.

"Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari komitmen negara anggota ASEAN pada kerja sama Konektivitas Pembayaran Regional [egional Payment Connectivity/RPC] dan implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, dalam mewujudkan metode pembayaran yang lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat, " katanya dikutip dari laman Bank Indonesia, Jumat (17/11/2023). 

Dia menuturkan bahwa interkoneksi pembayaran QR antarnegara merupakan pencapaian penting dari upaya BI dan MAS dalam mendorong integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital, serta meningkatkan hubungan perekonomian antara Indonesia dan Singapura. 

Dengan meningkatnya kenyamanan pembayaran, interkoneksi akan mampu memperluas akses pasar bagi pelaku usaha kedua negara, khususnya usaha mikro dan kecil, melalui bertambahnya jumlah konsumen baru. 

Inisiatif ini juga akan menguntungkan wisatawan kedua negara seiring kembalinya peningkatan pariwisata setelah pandemi. Pada paruh pertama 2023, terdapat 600.000 wisatawan yang datang dari Singapura ke Indonesia dan 1,1 juta wisatawan dari Indonesia ke Singapura.

Selain itu, kedua bank sentral ini juga menandatangani Letter of Intent (LOI) terkait kerangka kerja penyelesaian transaksi dalam mata uang lokal atau localcurrency settlement. Nantinya, setelah diimplementasikan pada 2024, kerangka ini akan memfasilitasi penyelesaian transaksi pembayaran lintas negara, termasuk pembayaran dengan QR, perdagangan, dan investasi antara Indonesia dengan Singapura dengan menggunakan mata uang lokal setiap negara.

Dia meyakini bahwa langkah itu akan mendukung pelaku usaha dan pengguna lainnya untuk meminimalkan eksposur terhadap nilai tukar risiko dan meningkatkan efisiensi. LOI tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding yang pernah dilakukan kedua bank sentral terkait kerja sama untuk mendorong transaksi bilateral dalam mata uang lokal pada Agustus 2022, sejalan dengan upaya memperkuat integrasi keuangan Asean untuk memfasilitasi penggunaan mata uang lokal dalam transaksi antarnegara Asean.     

Managing Director MAS Ravi Menon mengatakan bahwa interkoneksi pembayaran QRIS-QR NETS akan mendorong aktivitas e-commerce antarnegara dan belanja wisatawan antara Singapura dan Indonesia oleh individu dan pelaku usaha kecil. 

Pada masa depan, kerangka kerja sama penyelesaian mata uang lokal oleh BI dan MAS akan melengkapi interkoneksi pembayaran QR melalui fasilitas penggunaan Rupiah Indonesia dan Dolar Singapura untuk penyelesaian transaksi pembayaran antarnegara. "Inisiatif ini menandakan pencapaian Singapura dalam memperkuat interkoneksi pembayaran lintas negara yang terus berkembang dengan negara mitra utama di regional," ujarnya. 

Baca juga: 3 Fitur Baru QRIS Mulai Agustus 2023 Bisa Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai

Editor: Dika irawan

SEBELUMNYA

4 Kiat Mempersiapkan Dana Darurat, Bikin Hidup Lebih Tenang

BERIKUTNYA

Play by UOB Indonesia di Art Jakarta 2023, Ajang Kenalkan Seni ke Anak dengan Cara Menyenangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: