Sejauh Mata Memandang (Sumber Foto: PIFW 2024)

Intip Koleksi Busana Serba Putih Spesial Hari Raya dari Sejauh Mata Memandang

18 March 2024   |   15:21 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jenama Sejauh Mata Memandang luncurkan koleksi terbarunya bertajuk Sasi yang dalam bahasa Jawa artinya Bulan (penanggalan), penanda waktu yang digunakan dalam kalender. Konsep ini dimaknai sebagai pengingat akan waktu kita yang terbatas, sehingga perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Adapun Sasi yang juga merupakan koleksi spesial hari Raya dari Sejauh Mata Memandang, diluncurkan khusus untuk menyambut bulan suci Ramadan yang melambangkan harapan dan memiliki makna baik bagi banyak orang. Koleksi ini diluncurkan secara perdana di gelaran Plaza Indonesia Fashion Week 2024.

Baca juga: Warna-warni Koleksi Pendatang Baru Paris Fashion Week 2024, CFCL & Zomer Curi Perhatian

Sasi menampilkan 17 look, terdiri dari ragam selendang yang dipadupadankan dengan berbagai potongan busana seperti gaun, atasan berupa tank top, kemeja, bustier, serta celana, dan rok dengan motif-motifnya yang khas. Palet warnanya bernuansa hijau, terracotta, dan putih, ditonjolkan dengan detail kerancang.

“Saya menemukan inspirasi untuk koleksi ini dari ibu saya yang sering mengenakan pakaian tradisional seperti kebaya, yang kemudian dipadukan dengan selendang untuk menyempurnakan penampilannya,” kata Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, dikutip dari rilisnya, Senin (18/3/2024).
 

Koleksi Busana Sasi (Sumber Foto: PIFW 2024)

Koleksi Busana Sasi (Sumber Foto: PIFW 2024)


Terdapat lima looks busana serba putih yang terdiri dari gaun-gaun panjang yang dipadukan dengan outer transparan dan selendang yang dikenakan dileher atau bahu. Detail motif-motif cantik menciptakan tekstur pada kainnya, membuat busana ini tetap bernuansa tradisional yang menjadi ciri khas jenama tersebut.

Busana yang ditampilkan dibuat dengan berbagai teknik. Mulai dari teknik patchwork dengan memanfaatkan kembali (upcycle) kain perca sisa produksi (limbah tekstil pra-konsumsi) dan mengubahnya menjadi produk baru. Selanjutnya teknik bordir dan bordir kerancang pada bahan tulle, linen, dan katun yang dihias dengan motif-motif khasnya.
 

Koleksi Sejauh Mata Memandang (Sumber Foto: PIFW 2024)

Koleksi Sejauh Mata Memandang (Sumber Foto: PIFW 2024)

 

Kemudian ada teknik batik cap pada kain TENCEL lyocell, katun primisima, serta katun voile. Tak ketinggalan ada teknik tenun jacquard pada kain berbahan campuran TENCEL lyocell dan katun berwarna putih menghasilkan motif ayam yang menjadi maskotnya.

Sejauh Mata Memandang sendiri merupakan jenama yang didirikan oleh Chitra Subyakto pada 2014. Sejak awal berdirinya, mengusung konsep slow fashion yang menciptakan produk positif alam (nature positive) yang indah dan berkualitas dengan menerapkan bisnis yang bertanggung jawab dan berkesadaran melestarikan alam dan budaya.

Dalam berkarya, jenama ini terus berusaha untuk terus tumbuh, berkembang, dan bergerak bersama seluruh Keluarga Sejauh yang terdiri dari perajin, pengusaha lokal, maupun UMKM di berbagai sudut Indonesia, yang senantiasa berkreasi dengan menghormati bumi, memuliakan tradisi, dan merawat manusia.

Produk Sejauh Mata Memandang meliputi kain, aksesoris, dan pakaian ready-to-wear untuk wanita, pria, dan anak-anak, serta produk home and living, yang dapat ditemui di beberapa butik di Jakarta dan Bali, serta marketplace resminya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Sponsor Teraneh dan Penuh Kontroversi di Formula 1

BERIKUTNYA

Sejarah Panjang Tunggal Putra Garuda di Turnamen All England: Rudy Hartono hingga Jonatan Christie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: