Solois Yura Yunita. (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Yura Yunita Nyanyikan Lagu "Keluarga", Karya Terakhir Glenn Fredly yang Belum Dirilis

16 March 2024   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebuah lagu karya mendiang musisi Glenn Fredly dinyanyikan dan dirilis oleh solois Yura Yunita berjudul "Keluarga". Lagu tersebut adalah karya terakhir Glenn yang belum sempat dirilisnya dan masih tersimpan di gawai sang musisi. Lagu "Keluarga" bakal menjadi soundtrack dari film biopik Glenn Fredly The Movie.

Seperti judulnya, lirik lagu "Keluarga" bercerita tentang arti menjadi keluarga. Bagaimana berkumpul dalam suasana yang menyenangkan merupakan momen yang tak ternilai harganya. Berbagi tawa dan cerita, serta menerima kurang dan lebih satu sama lain anggota keluarga. 

Baca juga: Yura Yunita Merilis Lagu Jalan Pulang, Pesan Mendalam tentang Kematian

Dengan aransemen minimalis gitar dan piano yang manis, dibalut vokal Yura yang lembut, lagu "Keluarga" memberikan nuansa yang mengajak pendengarnya untuk memaknai penerimaan satu sama lain sebagai sebuah keluarga.

Yura Yunita, yang dipercaya menyanyikan lagu tersebut tentu bukan sosok yang asing. Bung Glenn adalah sahabat, mentor, sekaligus teman baik dalam hidup dan karier bermusik Yura. Solois asal Bandung itu pun mengaku merasa haru saat diminta untuk membawakan lagu "Keluarga".

"Sebuah kehormatan Yura diminta untuk menyanyikannya, menyelesaikan karya terakhirnya. Membawakan lagu Keluarga yang diciptakan Kakak Glenn yang belum pernah dirilis dan kini setelah dia meninggalkan kita semua, rasanya seperti kembali berbicara dengannya," kata pelantun lagu Tutur Batin itu.
 

Bagi Yura, lagu "Keluarga" memberikan makna tentang bagaimana seseorang bisa saling memahami kekurangan satu sama lain dan perbedaan yang ada sebagai anggota keluarga. Bukan hanya dalam lingkup keluarga pribadi, tetapi secara lebih jauh juga bisa dimaknai bagaimana sesama manusia bisa saling memahami. 

"Semoga lagu Keluarga yang akan menjadi soundtrack Glenn Fredly The Movie bisa memberikan kita ruang untuk lebih mengenali sosok Kak Glenn lebih dekat,” kata Yura.

Ada kisah menarik di balik penggarapan lagu tersebut. Daniel Mananta, selaku produser film Glenn Fredly The Movie, bercerita bahwa lagu tersebut ditemukan di gawai mendiang Glenn dalam bentuk voice note, saat dia dan tim sedang melakukan riset tentang keluarga musisi asal Ambon itu.

Rupanya, lagu itu sempat dibuat dan direkam oleh mendiang Glenn setelah putrinya lahir. Seperti diketahui, satu bulan setelah putrinya lahir yang diberi nama Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo, Glenn Fredly meninggal dunia. Lagu itu pun diberi judul "Keluarga".

Daniel juga mengatakan lagu "Keluarga" merupakan wujud ungkapan keinginan Glenn Fredly yang sangat mendambakan sebuah keluarga kecil, sekaligus harapannya agar Indonesia bisa menjadi keluarga yang besar tanpa lagi melihat perbedaan.

"Mengingat visi Bung Glenn bukan hanya memimpikan keluarga pribadi untuk dirinya tapi juga mengharapkan kita, satu Indonesia juga bisa menjadi sebuah keluarga besar, tanpa melihat lagi perbedaan. Sehingga, untuk original soundtrack Glenn Fredly The Movie kami memutuskan menyelesaikan lagu ini sebagai bentuk dedikasi ke Bung Glenn," katanya.
 

Lagu “Keluarga” ciptaan Glenn Fredly yang dinyanyikan Yura Yunita telah tersedia di seluruh platform musik streaming, dan akan menjadi soundtrack film biopiknya. Film Glenn Fredly The Movie merupakan sinema biopik persembahan dari Time International Films yang diproduksi oleh DAMN! I Love Indonesia Pictures bekerja sama dengan Adhya Pictures. 

Film yang dijadwalkan tayang pada 2024 itu disebut akan menyuguhkan kisah perjalanan karier sekaligus percintaan Glenn Fredly yang berbalut drama menguras emosi. Termasuk, perjalanan sang musisi dengan latar belakang jasa-jasanya yang besar dan berpengaruh bagi Indonesia, salah satunya upaya Glenn mengadvokasi kota kelahirannya, Ambon, untuk mendapat predikat City of Music. 

Glenn Fredly The Movie disutradarai oleh aktor senior Lukman Sardi, dan dibintangi oleh Marthino Lio sebagai Glenn Fredly, Zulfa Maharani sebagai Mutia Ayu, Alyssa Abidin sebagai Nola, Sonia Alyssa sebagai Dewi, Bucek Depp sebagai ayah Glenn yang bernama Henkie, serta penyanyi senior Ruth Sahanaya sebagai Linda, mama Glenn. 

Baca juga: Teaser Trailer Glenn Fredly The Movie Dirilis, Drama Perjalanan Karier & Cinta Sang Musisi
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta Unik tentang Kurma, Sejarah Panjang di Timur Tengah hingga Pohonnya yang Tahan Penyakit

BERIKUTNYA

Resep Rawon Daging Enak, Cocok Jadi Menu Buka Puasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: