Yura Yunita (Sumber gambar: Merakit)

Yura Yunita Merilis Lagu Jalan Pulang, Pesan Mendalam tentang Kematian

30 January 2023   |   10:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Lagu-lagu penyanyi Yura Yunita terkenal akan pesan dan maknanya yang mendalam. Lebih dari sekadar karya musik, lagu-lagunya tak jarang terdengar seperti ungkapan lantunan harapan sekaligus doa darinya. Kini, Yura kembali mencoba menghangatkan hati para pendengarnya dengan lagu barunya bertajuk Jalan Pulang.

Seolah telah tercermin dalam judulnya, lagu Jalan Pulang merupakan buah permenungan Yura tentang sebuah pertanyaan kemanakah arah tujuan akhir manusia. Menurutnya, setiap manusia akan 'pulang' dan meninggalkan dunia dengan jalan dan caranya masing-masing.

"Mudah-mudahan lagu ini bisa mengiringi perjalanan pulang siapapun, untuk semua teman-teman yang sudah memikul beban berat di pundaknya saat mengejar mimpinya, mengejar ekspektasinya," ucap penyanyi kelahiran Bandung itu.

Baca juga: Sukses Bikin Baper, Intip Makna Lagu Dunia Tipu-Tipu dari Yura Yunita

Lagu Jalan Pulang sendiri diciptakan oleh Yura bersama Donne Maula. Penciptaan lagu ini didasari oleh pemikiran dan mengolah rasa terdalam mereka tentang makna pulang. Bagi mereka, perjalanan panjang yang sudah mereka jalani sebenarnya hanyalah rangkaian langkah dari kaki-kaki kecil manusia yang ada di Bumi yang luas ini.
 

Cover artwork single Jalan Pulang (Sumber gambar: Merakit)

Cover artwork single Jalan Pulang (Sumber gambar: Merakit)

Yura mengungkapkan bahwa proses penciptaan lagu Jalan Pulang tak lepas dari pengalaman perjalanan spiritualnya saat ibadah umroh belum lama ini. Lewat lagu ini, dia ingin menceritakan tentang perjalanan 'pulang'-nya ke Sang Maha Pencipta.

"Proses pembuatan lagunya cukup cepat dan lirik lagu ini terngiang-ngiang ketika aku ibadah umroh. Aku ditemani suami dan orang tuaku, jadi rasanya proses pembuatan lagu ini betul-betul hangat," ungkap penyanyi berusia 31 tahun tersebut.

Perilisan lagu ini pun mencuri perhatian sutradara Angga Dwimas Sasongko yang kala itu tengah mencari original soundtrack untuk film terbarunya berjudul Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP).

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Marchella FP dan akan dirilis pada 2 Februari 2023 mendatang. Adapun, sang penulis novel juga turut terlibat dalam proses pembuatan lirik lagu Jalan Pulang.

"Karena Yura penyanyi yang bagus dan sangat 'dalam' kalau bikin lagu. Selain itu, Yura bisa mewakili suara perempuan, sesuai dengan cerita film ini dan lagunya menginterpretasikan konsep kembali ke diri sendiri," ujar Produser film JJJLP, Tersi Eva Ranti.
 

Lagu Jalan Pulang sendiri telah dirilis pada 19 Januari 2023, dimana lebih dahulu dibandingkan filmnya. Selain Jalan Pulang, lagu Tutur Batin yang menjadi bagian dalam album Dunia Tipu-Tipu juga turut melengkapi soundtrack dalam film JJJLP.

Setelah merilis lagu, Yura juga tengah menyiapkan rangkaian video untuk memvisualisasikan single Jalan Pulang. Rangkaian visualisasi ini dibuka dengan video lirik yang dirilis bersamaan dengan lagunya.

Kumpulan rekaman memori tentang ragam makna pulang telah Yura kumpulkan dan siap untuk dirangkai menjadi sebuah video yang menggugah hati untuk dirilis pada Februari mendatang.

Baca juga: Tutur Batin Yura Yunita Tercurah di Panggung Java Jazz Festival

Setelah itu, pada Maret, dia juga akan merilis video musik yang akan menghanyutkan para pendengar ke makna terdalam tentang rumah sebagai tujuan akhir yang manusia cari. Adapun, seluruh rangkaian video ini layak untuk dinantikan di kanal YouTube Yura Yunita.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cara Sederhana Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Durian

BERIKUTNYA

Genhype, Ini yang Bikin Cita Rasa Thai Tea Unik dan Nikmat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: