Tokyo Revengers. (Sumber foto: IMDb)

3 Rekomendasi Anime Berlatar Belakang Dunia Kriminal Bawah Tanah

14 March 2024   |   06:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Anime mencakup banyak genre yang menarik perhatian penonton dengan berbagai preferensi dan demografis. Salah satu genre yang menarik dalam dunia anime adalah potret kehidupan di dunia kriminal bawah tanah. Tidak hanya memperlihatkan sisi buruk, tapi terkadang sisi terang dari kehidupan seorang kriminal.

Dalam genre ini, penonton akan disuguhi dengan cerita-cerita yang penuh ketegangan dan karakter-karakter keren mulai dari penampilan dan wataknya. Namun biasanya karakter dalam genre ini juga memiliki moralitas yang kompleks. Karena kisah asal usul mereka, masalah yang di hadapi, trauma mereka semuanya saling terkait sehingga menciptakan sebuah alur cerita yang kompleks.

Baca juga: Cerita Sand Land, Anime Terakhir Garapan Akira Toriyama

Dunia kriminal bawah tanah dalam anime, menjadi wadah yang mengeksplorasi dan memahami kondisi kehidupan bagi individu yang tinggal daerah dengan tingkat kejahatan yang tinggi di kehidupan nyata. Menunjukan bahwa sebenarnya banyak dari mereka adalah orang baik yang terpaksa melakukan kejahatan karena berbagai tuntutan hidup.

Untuk mendapat gambaran dunia kriminal bawah tanah yang kejam namun memiliki banyak pelajaran penting, berikut adalah 3 Anime yang Dengan Latar Belakang Dunia Kriminal Bawah Tanah!


1. JoJo's Bizarre Adventure: Golden Wind

 

JoJo's Bizarre Adventure: Golden Wind (2018). (Sumber foto: Prime Video)

Sebagai bagian ke 6 dari serial animanga JoJo's Bizarre Adventure: Golden Wind tetap mengikuti kisah keluarga Joestar melawan kejahatan. Dalam Golden Wind, penonton akan mengikuti petualangan Giorno Giovanna, seseorang remaja yang memiliki hubungan darah misterius dengan keluarga Joestar.

Giorno tinggal di kota Naples Italia pada 2001, dimana aktivitas mafia  lokal sedang sangat aktif, khususnya perdagangan narkoba. Giorno yang mengalami perlakuan kasar dan perundungan saat kecil, menyelamatkan seorang anggota mafia terluka.

Dua bulan kemudian, pria itu berterima kasih, membawa perubahan positif dalam hidup Giorno, termasuk berhenti dari perlakuan kasar dari orang tuanya dan mendapat perlakuan baik dari semua orang di kampung halamanya.

Kejadian tersebut membawa Giorno pada jalur kebajikan dan kebenaran, membimbingnya menuju impian mulianya untuk menjadikan kota tersebut aman dari ancaman narkoba. Untuk mencapai tujuan tersebut, Giorno bersama rekan-rekannya harus mengungkap identitas bos di dalam mafia Passione, organisasi kejahatan paling berpengaruh dan terkorup di kota itu, serta menggulingkanya untuk menjadi bos baru.

Secara keseluruhan, Golden Wind menceritakan kejamnya dunia mafia beserta resikonya, dan menunjukan dengan hati dan tujuan yang mulia, dunia dapat menjadi tempat yang lebih baik.


2. Tokyo Revengers

 

Tokyo Revengers. (Sumber foto: IMDb)

Tokyo Revengers. (Sumber foto: IMDb)

Anak muda yang menjadi berandalan geng motor di Jepang tak hanya menganggu masyarakat sekitar, tapi juga merugikan diri sendiri. Melansir dari Comic Book Resources inilah yang menginspirasi Ken Wakui, mantan berandalan yang berubah menjadi seorang mangaka.

Karya terbaiknya adalah Tokyo Revengers, yang banyak berlatar belakang di kota Tokyo pada 2000-an.Sebagai mantan berandalan, Ken mengetahui seluk beluk kehidupan berandalan dan mendasarkan Tokyo Revengers dari masa lalunya. 

Anime ini mengikuti kisah Hanagaki Takemichi, seorang pria muda yang menjalani kehidupan dia anggap kurang memuaskan. Takemichi juga melihat kematian mantan pacarnya saat masih sekolah dulu, Hina yang dibunuh oleh sebuah gang bernama Tokyo Manji.

Hingga suatu saat di sebuah stasiun, seseorang tidak diketahui mendorong Takemichi dari peron sampai tertabrak kereta yang melaju. Mengira dirinya telah mati, Takemichi kaget saat sadar bahwa ia kembali ke kehidupanya 12 tahun yang lalu, saat ia masih bersekolah.

Takemichi akhirnya mengetahui bahwa dai memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu dan bersalaman dengan Naoto, adik Hina manta pacarnya. Dalam upaya mencegah kematian Hina di masa depan, Takemichi bersiap untuk menghadapi geng Tokyo Manji dan menghentikan ancaman mereka.

Anime ini menyoroti bahayanya menjadi berandalan, dan bagaimana Takemichi yang tadinya pengecut, menjadi pemimpin yang kuat karena selalu mengikuti apa yang menurut hatinya adalah kebenaran.


3. Black Lagoon

 

Black Lagoon. (Sumber foto: Prime Video)

Black Lagoon. (Sumber foto: Prime Video)

Sama seperti Tokyo Revengers, anime Black Lagoon mengikuti kisah pria biasa yang tiba-tiba masuk ke dunia kriminal. Black Lagoon menceritakan kisah Rokuro "Rock" Okajima, seorang pengusaha yang lemah lembut,  yang sedang berada dalam kapal kargo yang bertujuan ke Asia Tenggara, ketika kapal tersebut tiba-tiba diserang oleh Bajak Laut.

Rock disandera oleh para bajak laat, namun bukanya ingin kabur, ia malah tertarik dan mulai bercengkrama dengan para bajak lauk.  Akhirnya Rock  setuju untuk bergabung dengan kru yang dikenal sebagai Black Lagoon Co, yang beranggotakan Revy, Dutch, dan Benny yang kejam dan gila.

Dengan kemampuan bisnisnya, Rock ditugaskan untuk mengelola keuangan dan bernegosiasi dalam penyelundupan senjata, perdagangan narkoba, penculikan, dan pemasaran gelap. Misi yang dilakukan oleh Black Lagoon memang sangat berbahaya, sering kali melibatkan baku tembak, ledakan, dan pertempuran laut.

Seiring berjalanya cerita, Rock yang sebelumnya memiliki karakter yang lemah lembutm mulai menjadi lebih kejam dan efisien saat melakukan aksi kejahatanya. Dia sada dan menerima bahwa dengan perubahan sikapnya ini, akan menjamin keselamatan rekan-rekanya yang dia sayangi.

Anime ini menunjukan sisi gelap dari dunia kejahatan, di mana orang berhati murni dapat melakukan aksi kejahatan demi orang yang mereka sayangi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

List Drama Korea yang Bikin Gagal Move On, Dijamin Tak Menyesal Menontonnya

BERIKUTNYA

Weverse Con Festival 2024 Rilis Daftar Lineup Pertama, Ada Billlie hingga BOYNEXTDOOR

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: