Menu Buka Puasa (Sumber Foto: Freepik)

5 Menu Anti Begah untuk Berbuka Puasa

12 March 2024   |   12:51 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Es buah, kolak, gorengan, soto, sampai nasi padang memang bikin lapar mata di bulan puasa. Setelah belasan jam menahan lapar, kita langsung tergoda dan langsung menyantapnya dalam porsi besar seolah tidak ada hari esok. Akhirnya perut jadi begah dan tubuh terasa lebih berat untuk beraktivitas.

Mengutip dari NHS, perut begah adalah kondisi di mana seseorang merasa perutnya penuh atau kembung yang disertai dengan sensasi tidak nyaman setelah makan. Gejala begah, yakni perut yang terlihat lebih besar dari biasanya, sakit perut, keroncongan, dan sering kentut.

Baca juga: 4 Menu Makanan Cepat Saji untuk Sahur Ramadan 2024

Perut begah umumnya disebabkan oleh oleh udara yang terperangkap atau menumpuk di saluran cerna karena kebiasaan makan yang terlalu cepat dan dalam jumlah banyak. Untuk mencegah perut begah, sebaiknya kita makan dengan bertahap dan pelan-pelan. Selain itu yang tak kalah penting, yakni mengubah pola makan lebih sehat dan bergizi seimbang. Nah Genhype, yuk simak menu buka puasa yang tidak akan membuat perut begah.
 

1. Kurma

Saat perut kosong, tubuh butuh lebih banyak asupan gula supaya kadar gula dalam darah stabil. Sebuah kurma mengandung 20 gram kalori dan 5,3 gram karbohidrat, yang terdiri dari gula dan serat. Namun, jangan khawatir karena kadar gulanya tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan membuat gula darah naik drastis. 

Tak hanya itu, kurma juga merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Di dalamnya mengandung mineral penting untuk kesehatan tubuh seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.
 

2. Salad Buah

Salad buah bisa menjadi menu buka puasa ringan yang tidak akan bikin begah. Pilihlah semangka, melon, pepaya, kiwi, pir, stroberi, atau anggur untuk dijadikan salad buah yang segar dan tidak menyebabkan kembung. Buah-buahan ini juga memiliki kandungan gula yang rendah, tapi kadar airnya tinggi sehingga bisa menghidrasi tubuh selama puasa.
 

3. Sup dan Makanan Berkuah

Sup atau makanan berkuah lainnya yang rendah lemak adalah pilihan sebagai menu buka puasa. Kamu bisa memasak berbagai jenis sup sayuran seperti sup jagung, sup ayam, sup krim jamur, atau sup tomat sebagai pilihan. Sup hangat juga dapat menghangatkan lambung yang kosong seharian. Buatlah sup bening yang menyegarkan, hindari menambahkan terlalu banyak krim atau santan ke dalam sup untuk menghindari asam lambung.
 

4. Protein Rendah Lemak

Pilihlah sumber protein rendah lemak untuk menu buka puasa, misalnya seperti dada ayam tanpa kulit, ikan tanpa lemak seperti cod, haddock, dan nila yang rendah lemak namun tinggi protein, tofu, putih telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Untuk sementara hindari dulu daging sapi, kambing, ikan tinggi lemak seperti tuna, sarden, dan makarel, serta produk olahan susu seperti keju, dan yoghurt tinggi lemak yang mengandung lemak jenuh tinggi. Tidak apa-apa mengonsumsinya sesekali, namun bila terlalu sering bisa membuat perut begah.


5. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks biasanya ditemukan dalam makanan yang mengandung serat dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Makanan ini biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya, sehingga perut akan terasa begah dan kembung. Alternatifnya, kalian bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, quinoa, kentang atau roti gandum utuh yang kaya serat tapi mudah dicerna.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Pianis Yiruma Umumkan Konser di Jakarta 27 April 2024, Tiket Sold Out Kurang dari 24 Jam

BERIKUTNYA

Makin Diminati Anak Muda, Cek Kiat Jitu Bermain Tenis Lapangan 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: