Ilustrasi iPhone. (Sumber gambar: Ben Kolde/Unsplash)

Intip Bocoran Tampilan iPhone SE 4, Bakal Dirilis Tahun 2025?

07 March 2024   |   20:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Apple dikabarkan tengah menyiapkan iPhone versi murah dari lini seri iPhone SE. Merek raksasa gawai itu diyakini akan meluncurkan iPhone SE generasi keempat atau iPhone SE 4. Kabar ini mencuat berjarak sekitar dua tahun, sejak Apple merilis iPhone SE 3 tahun 2022 lalu.
 
Bocoran desain iPhone SE 4 pun beredar luas di internet. Menurut gambar render computer aided design (CAD) yang ditulis oleh media teknologi 91Mobiles, desain tampilan iPhone SE 4 bakal berbeda dengan generasi pendahulunya. 
 
Perbedaannya terletak pada aspek layar yang lebih luas dan bezel tipis, disertai dengan notch atau poni layar. Gawai iPhone SE 4 disebut bakal hadir dengan layar berukuran 6,1 inci dengan poni, dan tanpa tombol home sehingga tampak lebih modern serupa gawai kekinian lainnya.
Desain tampilan itu mengalami peningkatan dari iPhone SE 3 yang masih dilengkapi dengan bezel tebal dan tombol home fisik. Begitupun dari segi ukuran laya, iPhone SE 3 memiliki layar yang lebih kecil yakni 4,7 inci.
 

iPhone SE 3 (Sumber gambar: Apple)

iPhone SE 3 (Sumber gambar: Apple)

Notch di iPhone SE 4 kemungkinan bakal menjadi wadah bagi sistem kamera TrueDepth seperti yang hadir di iPhone X. Fitur itu memungkinkan ponsel bisa mengakomodasi sistem autentikasi lewat pemindaian wajah atau disebut Face ID. Bila fitur itu benar akan hadir iPhone SE 4, maka ini menandai kali pertama fitur Face ID ada di line seri iPhone SE.
 
Spesifikasi lain yang juga menarik untuk disimak dari iPhone SE 4 ialah kehadiran port USB-C, menggantikan port Lightning yang selama ini menemani sejumlah seri ponsel iPhone. Perubahan ini disinyalir demi memenuhi ketentuan Uni Eropa untuk menjadikan USB-C sebagai port universal pada tahun 2024.

Meski mengalami sejumlah perubahan desain dan konfigurasi, iPhone SE 4 disebut masih akan mempertahankan kamera belakang tunggal seperti seri pendahulunya. Konfigurasi kamera itu memang selama ini dipakai Apple untuk lini seri iPhone SE.
 
Adapun, dimensi iPhone SE 4 dikabarkan hadir dengan tinggi 147,7 x lebar 71,5 x ketebalan 7,7 mm. Jika sejumlah bocoran render CAD itu akurat, maka iPhone SE 4 akan menjadi lini seri SE pertama dengan layar lebih besar, fitur Face ID, port USB-C dan peningkatan lain. Perangkat ini juga akan menandai berakhirnya masa body iPhone SE dengan desain yang compact.
 

iPhone SE 3 (Sumber gambar: Apple)

iPhone SE 3 (Sumber gambar: Apple)

Sebelumnya, beredar pula sejumlah bocoran spesifikasi dari iPhone SE 4. Menukil dari laman Phone Area, iPhone SE 4 disebut akan dilengkapi dengan kamera belakang 48 megapiksel, yang mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya dengan 12 megapiksel. Jika benar, kualitas kamera ini juga hampir serupa dengan yang ada di iPhone 15.
 
Sementara dari segi penyimpanan, iPhone SE 4 diduga akan masih tetap berada di maksimal 64 GB seperti generasi SE sebelumnya, alih-alih meningkat dan hadir dengan tawaran penyimpanan 128 GB.

Dari segi prosesor, belum diketahui pasti prosesor apa yang akan melengkapi iPhone SE 4. Diketahui, generasi SE terakhir yakni iPhone SE 3 dilengkapi dengan prosesor A15. Jika Apple ingin meningkatkan spesifikasinya pada iPhone SE 4, tentunya minimal harus menggunakan prosesor A16 atau SoC yang lebih baru.
 
Adapun, iPhone SE 4 dikabarkan bakal meluncur pada Maret 2025. Lantaran disinyalir akan hadir dengan sejumlah peningkatan fitur, desain, tampilan, dan layar dari generasi pendahulunya, iPhone SE 4 disebut akan dibanderol dengan rentang harga mulai dari US$450 atau sekitar Rp7 juta hingga US$500 atau sekitar Rp7,8 juta. 

SEBELUMNYA

4 Misteri Internet Yang Belum Terpecahkan

BERIKUTNYA

Mengenal Daftar Iceberg dan 3 Rekomendasi Video Iceberg Menarik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: