Ilustrasi iPhone (Sumber gambar: Unsplash/James Yarema)

Bocoran Spesifikasi iPhone 16 Pro, dari Chipset hingga Capture Button

23 January 2024   |   13:06 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Seperti tradisi yang telah berlangsung bertahun-tahun, Apple diprediksi akan meluncurkan IPhone 16 series pada musim gugur tahun 2024. Ponsel andalan Apple yang akan datang ini mungkin akan membawa beberapa tambahan besar, terutama pada versi pro.

Mengutip dari GSM Arena, iPhone 16 pro masih akan menggunakan RAM 8GB. Namun, smartphone anyar ini akan menggunakan modem baru dari Snapdragon X75 5G. Ini adalah versi pengganti dari Snapdragon X70 yang digunakan pada seri sebelumnya. 

Sementara itu, laporan Gizchina memprediksi bahwa Apple akan memperkenalkan tombol Capture Button untuk melengkapi Action Button yang sudah muncul pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Tombol anyar ini punya fungsi penting bagi para pengguna iPhone yang senang membuat konten video. Sebab, dengan satu klik di Capture Button, pengguna bisa langsung melakukan perekaman video. 

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 15 Pro dan Pro Max, Unggulkan Material Titanium

Tak hanya itu, tombol tersebut juga akan lebih multifungsi, utamanya dalam hal penyesuaian zoom dan fokus kamera. Oleh karena itu, Capture Button juga akan berguna bagi para penggemar fotografi. Sebab, ada banyak hal yang bisa dilakukan hanya dari satu tombol saja.

Mulai dari memperbesar dan memperkecil sudut pandang, men-dragging ke kiri atau ke kanan, dan banyak hal lain. Meski hal ini bisa dilakukan dengan usapan layar, kehadiran tombol ini bisa sedikit menyederhanakan prosesnya.

Sumber ini juga memprediksi Capture Button akan menjadi tombol tambahan yang lokasinya ada di bawah tombol Power di sisi kanan perangkat. Tata letak memang kerap jadi hal krusial, karena akan mempermudah atau justru mempersulit akses juluran tangan.
 

Kamera iPhone 16 Pro 

Tak hanya itu, rumor mengenai spesifikasi kamera kini juga mulai diulas oleh sejumlah pihak. Melansir dari Gizmochina, Digital Chat Station melalui Weibo mengeklaim Apple akan memasang kamera iPhone 16 Pro dengan lebih canggih.

Model iPhone 16 Pro akan hadir kamera utama 1/1,14 inci dan lensa telefoto periskop. Kamera tersebut menawarkan kemampuan zoom yang lebih baik dibandingkan pendahulunya, yakni hingga lensa pembesaran tertraprisma 5 kali. 

IPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max kabarnya akan menampilkan panel kaca yang dibuat menggunakan solusi G+P. Artinya bagian belakangnya merupakan cetakan dari kaca dan plastik menjadi satu.

Di sisi lain, ada tradisi bahwa Apple biasanya melakukan perubahan besar pada desain iPhone setiap tiga tahun sekali. Mengingat model iPhone 15 Pro hanya mengadopsi bingkai titanium dengan tepi bulat, laporan Xda Developers berharap iPhone 16 Pro tidak beralih ke material lain atau menampilkan desain yang sangat berbeda.

Namun, perubahan besar mungkin terletak pada ukurannya. Berbeda dengan iPhone 15 Pro 6,1 inci dan 15 Pro Max 6,7 inci, ada rumor bahwa iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max masing-masing akan berukuran 6,3 dan 6,9 inci.

Selain itu, mengingat model iPhone 15 Pro mengemas chip A17 Pro, ada kemungkinan iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan memperkenalkan prosesor A18 Pro. Namun, belum diketahui seberapa mumpuni dan hemat dayanya. Meski dapat diasumsikan bahwa itu akan diproduksi melalui proses 3nm.

Baca juga: Mengejar Android, iPhone 17 Pro Max Bakal Dilengkapi dengan Lensa Telephoto 48 Megapiksel

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Tentang Shio Naga Kayu

BERIKUTNYA

Review Film Outfit of The Designer, Problema di Balik Kehidupan Model & Desainer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: