Berolahraga membuat tubuh bugar saat Ramadan. (Sumber gambar : Pexels/Pixabay)

4 Langkah Penting Agar Lebih Siap Berpuasa Ramadan

30 March 2022   |   20:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tidak terasa Ramadan akan tiba dalam beberapa hari ke depan. Tidak sedikit umat muslim yang mempersiapkan diri menyambut bulan puasa itu dengan berbelanja kebutuhan. Namun sejatinya, persiapan fisik justru harus diutamakan agar aktivitas ibadah berjalan lancar.

Manager Medical Underwriter Sequis Fridolin Seto Pandu menyarankan agar masyarakat mempersiapkan tubuh sebelum menjalankan ibadah puasa dengan mengubah pola hidup ke arah yang lebih sehat.
 
Selama satu bulan, tubuh akan berada dalam kondisi tidak makan dan tidak minum selama 12 jam. Walaupun kebiasaan ini sudah dilakukan sejak kecil, gangguan kesehatan seiring usia dan gaya hidup bisa saja muncul pada momen tersebut.

Untuk itu, sebelum menyambut Ramadan, berikut persiapan yang bisa kamu lakukan.
 

1. Medical checkup 

Pemeriksaan kesehatan penting untuk mengetahui apakah kita memiliki penyakit komorbid atau tidak. Jika didapati memiliki komorbid, seperti diabetes, hipertensi, asam urat, kolesterol sebaiknya konsultasikan penyakit tersebut pada dokter agar tetap aman saat berpuasa.
 

2. Atur pola tidur

Biasakan tidur jam 9 atau 10 malam dan bangun subuh. Jika berkesempatan tidur siang, maka beristirahatlah sekitar 30 menit. Atur ritme kerja dan aktivitas saat pagi dan siang agar tubuh dapat beristirahat tepat waktu saat malam hari sehingga saat bangun subuh pun tidak merasa lelah. 

Kebiasaan ini tentu sangat baik agar nanti saat berpuasa, umat muslim tidak terlewat untuk sahur dan menjalankan salat subuh. 
 

3. Perhatikan asupan

Mulai dengan mengurangi konsumsi daging olahan dan makanan siap saji. Biasakan diri untuk sarapan dan tidak terlambat makan siang juga baik dilakukan. 

Rutin mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung serat untuk melancarkan metabolisme tubuh agar tidak mengalami sembelit. Ada baiknya juga mengurangi kebiasaan ngemil karena tubuh dapat merasa kenyang sesaat hingga menganggu pola makan. 

Kebiasaan ngemil juga dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh yang berhubungan dengan resistensi insulin yang dapat mengganggu metabolisme gula. Dengan asupan sehat dan membiasakan tubuh tidak sering ngemil, maka saat buka puasa tubuh sudah terbiasa tidak harus mengonsumsi camilan manis dan lezat.
 

4. Biasakan tubuh bergerak

Lakukan olahraga secara rutin dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti jogging, jalan cepat, yoga. Mereka yang rutin berolahraga akan mendapat bonus tubuh lebih bugar, dapat berpikir lebih jernih, dan mudah beristirahat. 

Saat Ramadan, lakukan olahraga saat menjelang berbuka atau beberapa saat setelah berbuka puasa.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

4 Langkah Membangun Business Messaging Agar Konsumen Loyal

BERIKUTNYA

Tip Jadi Kreator Konten Banyak Penggemar Ala Jerome Polin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: