Kulkas Samsung yang memakai fitur AI. (Sumber gambar : Samsung)

Mengintip Inovasi Teknologi Kulkas, Ada Fitur AI sampai Layar LCD

10 March 2024   |   09:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lemari es atau refrigerator semakin beragam, baik dari model hingga fitur yang disematkan. Jika dahulu alat elektronik ini hanya digunakan untuk mengawetkan makanan melalui metode pendinginan, kini fungsinya lebih dari itu. Dengan bantuan artificial intelligence (AI), pengalaman yang ditawarkan kepada pengguna menjadi lebih menyenangkan.

Tak dimungkiri, dunia tengah menyambut era AI atau kecerdasan buatan. Alhasil, perusahan elektronik berlomba-lomba menyematkan teknologi ini ke dalam produk terbaru mereka, termasuk kulkas atau lemari es. Salah satunya datang dari produsen AQUA Elektronik. 

Datang dengan warna hitam, kulkas AQR-CTD746RAG(BK) dari AQUA Elektronik Indonesia membawa ragam fitur pintar dengan bantuan AI. Kulkas ini memiliki fitur Smart Control with Colorful Screen yang bisa terkoneksi ke smartphone melalui WiFi.

Dengan demikian, pengguna dapat mengontrol suhu dan mengatur isi kulkas langsung dari ponsel, plus dilengkapi dengan desain panel layar sentuh yang lebih berwarna.

“Bisa mengatur suhu di freezer atau fridge, bisa food management, bisa mencatat bahan makanan yang ada di kulkas,” ujar Meiriano Ullman, Head of Product Planning Department AQUA Electronic Indonesia saat berbincang dengan Hypeabis.id beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Cara Membersihkan & Merawat Kulkas Agar Tetap Awet

Temperatur pada kulkas ini tidak perlu diubah-ubah. Namun, suhu bisa disesuaikan sesuai bahan makanan yang disimpan. Pengguna bisa memakai metode Auto agar suhu di dalam kulkas bisa menyesuaikan dengan banyaknya isi makanan yang di dalamnya. 

Selain itu, adanya Humidity Control System pada kulkas ini, membuat kesegaran buah dan sayuran lebih terjaga. Dia menjelaskan sayur dan buah-buahan perlu tingkat kelembaban tinggi. Kulkas ini bisa menjaga kelembaban hingga 90 persen sehingga kesegaran buah dan sayur menjadi dua kali lipat dibandingkan lemari es konvensional.

“Normalnya buah dan sayur tahan 7 hari, ini bisa 14 hari,” tambah pria yang karib disapa Rian itu. 

Kulkas berkapasitas 658 liter dengan empat pintu ini juga memiliki fitur ABT Pro yang dapat menguraikan bakteri serta molekul bau menjadi karbon dioksida dan air, sehingga membunuh 99,9 persen bakteri. Aroma yang dikeluarkan bahan makanan di dalam kulkas pun tidak tercampur satu sama lain. 

Keunggulan lainnya yang ditawarkan kulkas AQR-CTD746RAG(BK) yaitu Fresher Shield. teknologi tersebut membuat kulkas otomatis mengeluarkan embun beku secara terus menerus sehingga meminimalisasi fluktuasi suhu. 

Teknologi terbaru dari AQUA Elektronik ini juga menjaga rasa orisinal dari bahan makanan, terutama daging. Rian menerangkan, jika menggunakan kulkas biasa, daging memang awet, tetapi tidak bisa menjaga rasanya. Sebab, pada saat pembekuan normal, suhu atau temperatur di dalam pembekunya tidak stabil. 

Dengan adanya Fresher Shield, suhu menjadi stabil sehingga rasa bahan makanan terjaga. “Kalau kulkas biasa, beku ya beku. Dengan Fresher Shield, pendingin jadi stabil, juicy-nya daging masih dapat,” imbuhnya. 

Kulkas multi door yang memiliki dimensi lebar 908 mm, tebal 748 mm, dan tinggi 1.905 mm ini terbilang awet dalam konsumsi daya. Dijual dengan harga Rp20,5 juta ini, konsumsi dayanya sekitar 102 watt atau cukup Rp55.000 per bulan. 
 

Kulkas dari AQUA . (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Kulkas dari AQUA . (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Bicara fitur AI pada refrigerator, selain AQUA Elektrik, Samsung tidak bisa diabaikan. Pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2024 awal Januari lalu, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini memamerkan kulkas terbarunya, Bespoke 4-Door Flex Refrigerator yang dikemas dengan berbagai teknologi inovatif. 

Salah satu fitur baru yang menariknya adalah AI Vision Inside. Fitur ini menggunakan kamera internal pintar untuk mengenali barang yang dimasukkan dan dikeluarkan dari kulkas. Dengan teknologi Vision AI, pengguna dapat mengidentifikasi hingga 33 jenis makanan segar dengan satu juta foto makanan yang tersimpan di dalam perangkat. 

Daftar makanan yang tersedia pun dapat diedit di layar Family Hub. Pengguna juga dapat menambahkan informasi tanggal kadaluarsa secara manual untuk barang-barang yang ingin dipantau, dan lemari es ini akan mengirimkan peringatan melalui layar LCD 32 inci untuk barang-barang yang akan kadaluarsa sebelum waktunya. 

“Kami memanfaatkan teknologi AI untuk mengembangkan peralatan rumah tangga yang beroperasi lebih baik dibandingkan sebelumnya, seolah-olah mereka bisa membaca pikiran pengguna,” ujar Moohyung Lee, EVP and Head of the Customer Experience Team, Digital Appliances (DA) Business, Samsung Electronics.

Selain itu, dengan bantuan fitur Fridge Manager, pengguna bisa memantau status filter air di dalam kulkas dan menginformasikan kapan filter harus diganti. Bahkan layar Family Hub memungkinkan pembelian filter air baru dengan cepat dan sekali klik dari Amazon.
 
Kegunaan layar tidak berhenti sampai di situ. Anyplace Induction Cooktop dan Slide-in Range terbaru dari Samsung memiliki layar LCD 7 inci yang membuat pengguna dapat menelusuri resep yang telah dipilih dan disimpan dari Family Hub untuk membantu menyiapkan makanan.
 
Moohyung Lee menyebut aplikasi Samsung Food kini dapat diakses di Family Hub, Anyplace Induction Cooktop, dan Slide-in Range. Samsung Food juga terhubung dengan Samsung Health. Layanan ini menggunakan informasi kesehatan yang dikumpulkan dari Samsung Health untuk menyarankan resep yang sehat dan sesuai. Setelah itu, pengguna dapat mengirimkan instruksi memasak untuk resep tersebut ke berbagai peralatan dapur hanya dengan beberapa kali menekan tombol.

Fitur lainnya yang ditawarkan Bespoke 4-Door Flex Refrigerator adalah Tap View yang memungkinkan pengguna untuk mirroring tampilan smartphone Galaxy ke layar Family Hub dengan mudah. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati aplikasi YouTube di layar kulkas. 

Baca juga: Coba Beberapa Tips Ini untuk Membuat Isi Kulkas Tetap Rapi & Bersih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resensi Buku Kimchi Confessions, Ketika Xaviera Putri Membedah Realitas Pendidikan Korea

BERIKUTNYA

Cara Membersihkan & Merawat Kulkas Agar Tetap Awet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: