Dragon Ball merupakan salah satu karya terbaik dan terlaris dari mangaka Akira Toriyama (Sumber gambar: Bird Studio))

Pencipta Dragon Ball, Mangaka Akira Toriyama Meninggal Dunia Usia 68 Tahun

08 March 2024   |   12:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mangaka Akira Toriyama, yang terkenal dengan karya seperti Dragon Ball dan Dr. Slump, meninggal dunia pada 1 Maret 2024 karena hematoma subdural akut. Pencipta manga yang jadi bagian dari budaya pop 1990-an itu meninggalkan warisan  pastinya akan dirindukan oleh orang-orang terkasih dan penggemarnya di seluruh dunia.

Kabar kepergian Toriyama disampaikan oleh laman Dragon Ball Official. Dalam pernyataan resmi yang dilihat Hypeabis.id pada Jumat, 8 Maret 2024 dari Bird Studio dan Capsulte Corporation Tokyo, sang mangaka meninggal pada usia 68 tahun.

Baca juga: Rekomendasi 2 Manga Jadul dari Wondry Book Store Blok M Square

“Kami sangat sedih, dia masih memiliki beberapa karya yang sedang dikerjakan dengan penuh semangat. Selain itu, masih banyak lagi yang ingin dicapai,” demikian tertulis.  

Pernyataan itu juga menuliskan bahwa Toriyama telah menghasilkan banyak judul dan karya seni kepada dunia. Tidak hanya itu, dia juga mampu berkarya selama lebih dari 45 tahun lantaran dukungan banyak orang di dunia.

Manajemen berharap karya dari sang komikus yang unik dapat terus dicintai oleh semua orang di dunia pada masa yang akan datang hingga waktu yang lama. “Kabar duka ini kami sampaikan, dengan rasa syukur atas kebaikan Anda selama ini,” demikian tertulis.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa upacara pemakaman akan diadakan secara pribadi yang akan dihadiri oleh keluarga dan beberapa sanak saudaranya. Kondisi ini sesuai dengan keinginan almarhum yang menginginkan ketenangan.

Tidak hanya itu, pernyataan resmi itu juga menjelaskan bahwa manajemen tidak akan menerima atau hadiah belasungkawa, kunjungan, dan sebagainya.

“Kami mohon agar Anda menahan diri untuk tidak melakukan wawancara dengan keluarganya,” demikian tertulis.
 

Pernyataan itu juga menuliskan bahwa manajemen belum memutuskan kegiatan apa pun tentang kepergian sang mangaka pada masa yang akan datang. Namun, manajemen akan memberitahu setelah diputuskan.

Kabar kepergian sang mangaka juga disampaikan oleh laman Shonen Jump, manajemen muliskan bahwa Akira Toriyama yang karyanya banyak dimuat di Shonen Jump telah meninggal dunia.

“Seluruh departemen editorial Shueisha sangat sedih dengan berita kematiannya yang mendadak,” demikian tertulis.

Mereka menuliskan bahwa karya – karya Toriyama seperti Dragon Ball, Dr. Slump, Sand Land, dan sebagainya telah melampaui batas negara dan sudah dibaca dan disukai oleh banyak orang di seluruh dunia.

Lebih dari itu, karakter-karakter menawan yang diciptakannya dan selera desainnya yang luar biasa telah memberikan pengaruh besar kepada banyak seniman dan pencipta manga di dunia.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda atas pencapaian luar biasa Anda, dan berdoa agar jiwa Anda beristirahat dalam damai,” demikian tertulis.

Untuk diketahui, karya dari Toriyama yang paling terkenal adalah Dragon Ball. Karya ini pertama kali serialisasinya di majalah komik Weekly Shonen Jump di Jepang pada 1984.

Dari sana, Dragon Ball telah merambah ke berbagai media, termasuk anime dan game, serta melahirkan banyak merchandise, dan terus menghasilkan karya-karya baru. Sampai hari ini Dragon Ball dirilis di seluruh dunia dalam berbagai media, dan dapat dinikmati oleh jutaan penggemar.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Dorong Ekosistem PUBG Mobile & Honor of Kings, EWC Foundation Jalin Kemitraan dengan Level Infinite

BERIKUTNYA

Bukan Adhisty Zara, Ini Alasan Pemeran Dara Diganti di Film Dua Hati Biru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: