Chief Executive Officer Mobily Eng. Salman Bin Abdulaziz Al Badran dan Dowson Tong, Senior Executive Vice President and Chief Executive Officer of Tencent Cloud and Smart Industries Group (CSIG). (Sumber gambar : Tencent)

Mobily dan Tencent Kerja Sama Bangun Ekosistem Digital Global di Arab Saudi

07 March 2024   |   16:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Arab Saudi terus bertransformasi menjadi negara modern di bawah kepemimpinan Putra Mahkota dan Perdana Menteri (PM) Mohammed Bin Salman (MBS). Selain membangun sejumlah proyek raksasa, negara ini berupaya untuk merevolusi lanskap digital seiring perjalanan menuju pusat bisnis dan hiburan global. 

Terbaru, Etihad Etisalat (Mobily), menggandeng Tencent Cloud untuk meluncurkan program Go Saudi. Adapun Etihad Etisalat merupakan perusahaan digital enabler terkemuka di sektor teknologi, media, dan telekomunikasi (TMT) di Kerajaan Arab Saudi (KSA). Sementara itu, Tencent Cloud merupakan bisnis cloud dari perusahaan teknologi global Tencent yang berbasis di China. 

Baca juga: Dorong Ekosistem PUBG Mobile & Honor of Kings, EWC Foundation Jalin Kemitraan dengan Level Infinite

Melalui kerja sama dengan Tencent Cloud, Mobily akan secara strategis mendiversifikasi solusi bisnis perusahaannya dan memanfaatkan teknologi baru, mulai dari Artificial Intelligence (AI), Cloud, Big Data, dan Immersive Convergence untuk meraih peluang-peluang baru di sektor TMT dan lainnya.
 
Go Saudi yang diumumkan dalam acara teknologi KSA, LEAP 2024  berfokus pada beberapa hal. Pertama, program ini meluncurkan platform cloud untuk perusahaan terbaru yang dibangun dan didukung oleh Tencent Cloud Enterprise (TCE). Platform cloud ini akan menyediakan layanan Information Technology (IT) terintegrasi, termasuk komputasi, basis data, jaringan, penyimpanan, keamanan, dan layanan fundamental digital lainnya.

Mobily akan memanfaatkan platform ini untuk menciptakan sejumlah layanan baru, media, dan AI generasi berikutnya pada klien. Beberapa contohnya seperti kemampuan pemrosesan media, komunikasi real-time, serta hosting untuk streaming dan video-on-demand, juga digital human creation. Platform cloud privat untuk perusahaan ini akan memprioritaskan privasi pengguna dan keamanan data. Tujuannya, untuk menumbuhkan lingkungan cloud yang tepercaya. 

Kedua, dalam memanfaatkan platform TCE, Mobily akan mengeksplorasi kemampuan Tencent Cloud Mini Program Platform (TCMPP) untuk menyediakan layanan live harian yang terintegrasi untuk menghubungkan pelanggan dan pengguna Internet dengan perusahaan dan komunitas bisnis, ke dalam satu ekosistem digital.
Eng.

“Kolaborasi Mobily dengan Tencent Cloud memungkinkan kami tidak hanya meningkatkan skala bisnis, tetapi juga memainkan peran yang jauh lebih aktif dalam meningkatkan profil Kerajaan Arab Saudi sebagai pusat pilihan bagi bisnis global yang berekspansi,” ujar Salman Bin Abdulaziz Al Badran, Chief Executive Officer of Mobily.

Sementara itu, Senior Executive Vice President and Chief Executive Officer of Tencent Cloud and Smart Industries Group (CSIG), Dowson Tong, menjelaskan bahwa platform cloud enterprise yang telah dirombak ini akan memberikan kemampuan baru yang canggih bagi Mobily untuk mengembangkan bisnis perusahaan di berbagai demografi, baik dari sektor publik maupun swasta.

"Kami berharap dapat mendukung aspirasi KSA untuk menjadi launchpad pilihan bagi perusahaan-perusahaan global di kawasan ini," kata Tong.

Tong menyebut kemitraan ini menjadi kolaborasi pertama Tencent di Arab Saudi. Dengan demikian, ada peluang untuk pertukaran pengetahuan dan inovasi, sekaligus mendukung ekspansi perusahaan global dan Tiongkok ke Arab Saudi. 

“Kami terus mencari lebih banyak peluang untuk mendukung perusahaan-perusahaan Arab Saudi dalam upaya globalisasi mereka, mempromosikan bisnis dan penawaran mereka, dengan memanfaatkan ekosistem digital Tencent," tambah Tong.

Tencent tampil perdana di LEAP tahun ini. Pada sesi keynote, Tong memuji penduduk KSA yang sangat terlibat dan melek teknologi.  Penduduk KSA terbilang konsumen yang kuat dan pengembang layanan media digital kelas atas. Oleh karena itu, Tencent Cloud terbuka untuk lebih banyak kolaborasi lokal guna membangun ekosistem digital di KSA. 

Tong menyampaikan saat ini, Ekosistem Mitra Global Tencent Cloud memiliki 11.000 mitra.  Program Go Saudi diharapkan dapat menjadi katalisator bagi terciptanya ekosistem digital dinamis.

Kolaborasi strategis antara Mobily dan Tencent Cloud hadir di tengah transformasi ekonomi digital berbasis luas di Arab Saudi, sejalan dengan strategi Vision 2030. Vision 2030 telah menetapkan target 5,7% produk domestik bruto (PDB) dan menjadikan Arab Saudi sebagai salah satu dari 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Baca juga: Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Biennale Seni Islam Pertama di Dunia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Bikin Camilan Sendiri di Rumah, Ini Resep Matcha Toast Simple dan Mudah

BERIKUTNYA

Dialami S.coups SEVENTEEN, Berapa Lama Pemulihan Cedera ACL?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: