Ilustrasi Kapal Bajak Laut (Sumber: unsplash.com/@zoltantasi)

5 Rekomendasi Game Bertema Bajak Laut: Sea of Thieves hingga Ship Builder

05 March 2024   |   17:53 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Banyaknya film, novel, dan berbagai bentuk karya seputar bajak laut, menjadikannya sebagai salah satu tema fiksi yang sangat populer. Menggambungkan elemen misteri, petualangan, dan sifat ugal-ugalan, cerita dan gaya hidup bajak laut sendiri mulai diadaptasikan dalam narasi beberapa game.

Menurut The Writers Initiative, cerita bajak laut adalah fantasi yang memanjakan para penggemarnya. Dengan adanya game bertema bajak laut, pengalaman eksploratif dan kebebasan seorang pemain pasti akan jauh mengalahkan pengalaman membaca buku atau menonton film bajak laut. 

Baca juga: Rekomendasi 8 Game Rilis Maret 2024, Lightyear Frontier sampai Dragon’s Dogma 2

Jika sebelumnya buku dan film bajak laut mengangkat sebuah garis cerita, game bajak laut memberikan opsi kepada pemainnya untuk dapat mengukir cerita sendiri. Menjadi pedagang laut yang ramah dan sukses, atau menjadi kapten bajak laut yang sadis.

Buat Genhype yang ingin memulai petualangan bajak laut, berikut rekomendasi lima game bertema bajak laut yang seru untuk dimainkan.


1. Assasin’s Creed IV: Black Flag

Berlatar belakang di Kepulauan Carribea pada 1880-an, Assasin’s Creed Black Flag mengikuti kisah Edward Kenway, seorang bajak laut dan prajurit yang sedang mencari tujuan hidupnya. Game ini merupakan bagian dari seri Assassin's Creed, franchise game tentang konflik selama berabad-abad antara Assassin dan Templar, dua faksi  yang memiliki tujuan yang sama, tapi dengan ideologi berbeda.

Pemain akan disuguhi dengan pertempuran laut yang seru dan menyelesaikan berbagai misi untuk maju ke alur cerita utama. Game ini juga dilengkapi sistem tempur laut yang unik, di mana pemain dapat memimpin kapalnya sendiri untuk pertempuran dengan kapal lain.

Selain cerita dan sistem pertempuran laut yang unik, pemain juga dapat membajak kapal lain untuk mencuri uang dan sumber daya yang akan berguna untuk memperkuat pemain dengan berbagai senjata maupun untuk kapalnya. Mengeksplorasi pulau misterius, menyelam untuk mencari harta karun, hingga memburu hewan laut seperti paus Humpback adalah beberapa hal menarikk lainnya dalam game ini.


2. Sea of Thieves

Ingin menjadi bajak laut bersama teman-teman? Sea of Thieves adalah game yang memberi pengalaman multiplayer yang unik, di mana pemain dapat menjelajahi laut lepas, menyelesaikan misi, dan terlibat dalam pertempuran dengan grup bajak laut lainnya. Pemain juga dapat menyimpan muatan, memodifikasi tampilan, dan memberi nama untuk sebuah kapal. 

Baca juga: 3 Game Legendaris yang Populer pada Era 1990-an

Para pemain harus bekerja sama sehingga  komunikasi sangat penting dalam memainkan game ini. Kapal bajak laut lain yang tiba-tiba menyerang dan kemunculan monster laut yang ingin menhancurkan hulu kapal, adalah beberapa hal yang membuat pemainnya terkadang marah dan stres, sekaligus banyak pula momen lucu.


3. Ship Builder

Jika game sebelumnya berfokus pada petertempuran kapal, Ship Builder akan berfokus pada aspek membangun sebuah kapal. Pemain akan diminta untuk mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membangun kapal-kapal legendaris seperti Galleon.

Dengan kemampuan bermain multiplayer sampai tiga pemain, game ini akan menciptakan hubungan yang kuat antarpemain. Apalagi setelah kapal berhasil dirakit, pemain akan memiliki kebanggaan tersendiri.


4. Salt 2: Shores of Gold

Jika ingin bermain game seperti Sea of Thieves sendiri tanpa pemain lain, Salt 2: Shores of Gold mungkin menjadi jawabannya. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, Shores of Gold memiliki fitur yang tidak dimiliki banyak game bajak laut lainya. Dunia game ini dihasilkan secara prosedural sehingga pemain tidak akan pernah kehabisan pulau untuk dijelajahi. 

Pemain dapat menjelajahi berbagai pulau yang dipenuhi gua-gua besar, reruntuhan kuno, markas bajak laut, desa, dan tempat misterius lainnya untuk mencari barang jarahan. Selain itu, pemain juga dapat memodifikasi kapal pribadi, menjual dan menukar sumber daya, serta memodifikasi berbagi aspek dari karakter yang dimainkan sesuai dengan gaya bermain. Game ini mendapatkan berbagai dukungan dan masukan dari komunitas di platform Steam.


5. Lego Pirates of The Caribbean

Penggemar film Pirates of The Caribbean, salah satu film paling laris dari Disney akan menyukai game ini. Lego Pirates of the Caribbean adalah game yang menawarkan genre bajak laut yang ringan dan ramah keluarga. Mengimplementasikan humor dalam game-game Lego yang lucu dan mudah dipahami untuk anak kecil dan juga orang dewasa.

Pemain dapat menjelajahi berbagai lokasi dari film Pirates of  The Carribean, seperti Port Royal dan Isla de Muerta di dunia Lego. Selain itu, pemain dapat memainkan berbagai karakter ikonik dari franchise ini seperti Captain Jack Sparrow, Will Turner, dan Elizabeth Swann. 

Baca juga: 4 Game Simulator Untuk Bersantai dan Melepaskan Stres

Untuk menyelesaikan game ini, pemain harus berhasil memecahkan teka-teki, bertarung dengan penjahat, serta mengoleksi berbagai item. Game ini sangat cocok untuk penggemar setia Pirates of The Caribbean, dan juga pemain yang penasaran dengan keseruan bajak laut yang ditawarkan. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menu Sat Set Anti Ribet, Resep Nasi Tomat Daging Bermodalkan Rice Cooker

BERIKUTNYA

Enggak Cuma Caleg Gagal, Pemilu Meningkatkan Risiko Depresi Masyarakat Umum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: