Berbagai Video Games 1990-an (Sumber: https://unsplash.com/@benofthenorth)

3 Game Legendaris yang Populer pada Era 1990-an

21 February 2024   |   17:58 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Perkembangan teknologi video game pada era 90-an membawa gelombang revolusi dalam industri permainan elektronik dengan munculnya sejumlah konsol gaming yang ikonik, seperti Sony PlayStation, Nintendo 64, SEGA, Gameboy, dan masih banyak lagi. 

Keberhasilan dan inovasi konsol-konsol tersebut memperkenalkan pengalaman baru untuk menikmati hiburan pada masa itu. Dengan peningkatan grafis yang lebih baik, gameplay yang lebih dengan implementasi berbagai fitur interaktif, serta storytelling dengan narasi yang dalam.

Kehadiran berbagai perangkat permainan elektronik tersebut tidak hanya menjadi sebuah alat hiburan, tetapi juga menciptakan dan menggembangkan komunitas penggemar video game secara global. 

Baca juga: Penerbit Majomojo Hadirkan Game Mega Zombie M, Cek Gameplay & Fiturnya

Era gaming ini dianggap sebagai “the golden age of video games” yang menjadi sebuah fondasi bagi industri gaming yang terus bertumbuh, menjadi salah satu bentuk hiburan paling populer dan profitable di seluruh dunia.

Nah Genhype, untuk merasakan keseruan era emas dari video games, yuk simak tiga games legendaris dari era 1990-an yang masih sangat menarik untuk dimainkan.


1. Metal Gear Solid (1998)

 

Sumber: konami.com

Sumber: konami.com


Game Metal Gear Solid adalah salah satu karya awal dari pencipta video game legendaris Hideo Kojima yang membawanya masuk lebih jauh dalam industri game. Kombinasi mekanik stealth sebagai fitur gameplay utama, penggunaan akting suara, dan grafik yang menawan merupakan resep kesuksesan dari game legendaris ini.

Metal Gear Solid mengisahkan tentang Solid Snake, seorang prajurit yang menyusup ke fasilitas senjata nuklir untuk mengatasi ancaman teroris dari unit pasukan khusus pemberontakan FOXHOUND.

Dalam perjalanan misinya, Snake harus membebaskan sandera dan mencegah teroris meluncurkan serangan nuklir. Metal Gear Solid merangkai jaringan naratif kompleks yang melibatkan politik, pengkhianatan, dan dilema moral, semuanya berlatar di dunia yang berada di ambang kehancuran.


2. Tony Hawk’s Pro Skater (1990)

Mau coba skating di ruang tamu? Tony Hawk’s Pro Skater adalah jawabannya. Game ini menjadi salah satu permainan skateboard elektronik pertama yang menampilkan kontrol intuitif dan gameplay unik, dengan implementasi teknologi motion capture yang menghasilkan gerakan skateboard tampak sangat realistis.

Didukung background musik punk rock dan ska, para pemain dapat memilih berbagai player skateboard terkenal untuk memainkan dan menyelesaikan beberapa misi dengan melakukan skate tricks, serta mengumpulkan item.

Pemain dapat memilih berbagai mode permainan, termasuk mode karier untuk menyelesaikan misi dan meningkatkan atribut karakter, mode bebas untuk melakukan trik skate tanpa tujuan khusus, dan mode multiplayer. Secara keseluruhan, game legendaris ini turut mengembangkan antusiasme terhadap dunia skating dan menjadikan Tony Hawke sebagai salah satu pemain skate profesional yang ikonik hingga sekarang.

3. Gran Turismo (1997)
 

Sumber: gran-turismo.com

Sumber: gran-turismo.com
 

Jika Pro Skater menawarkan kalian untuk bisa skating di ruang tamu, Gran Turismo akan membawa kalian menyetir berbagai mobil sport legendaris dari tahun 1990-an. Pemain dapat memilih dari 140 mobil dengan model 3D yang sangat detail dan akurat, serta 11 trek balapan. 

Baca juga: Game RPG Farming Adventure Tales of Seikyu Bakal Rilis di Nintendo Switch

Pemain dapat menikmati sensasi handling dan dinamika berkendara yang realistis di kala itu, berkat implementasi pemodelan fisika canggih. Secara keseluruhan, Gran Turismo sangat berfokus pada detail dan realisme, yang membuatnya menjadi salah satu franchise game yang terus menembus batasan-batasan ekspektasi kritik dan penggemar game di seluruh dunia.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dibekali Lensa ZEISS, Intip Bocoran Spesifikasi ViVo V30 Pro

BERIKUTNYA

Eunkwang, Minhyuk, Hyunsik, & Peniel Resmi Bergabung dengan Label Baru BTOB Company

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: