Hutan Kota GBK Jakarta. (Sumber foto: Unsplash/Falaq Lazuardi)

3 Kegiatan Low Budget yang Bisa Genhype Lakukan di Kawasan GBK

04 March 2024   |   14:03 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Apa hal yang pertama kali terlintas di pikiran Genhype ketika mendengar tentang Gelora Bung Karno (GBK)? Mungkin sebuah lapangan luas untuk pertandingan sepak bola, venue konser atau trek joging yang panjang dengan pepohonan rindang. 

Tidak sedikit yang mengasosiasikan GBK dengan tiga kegiatan itu, tapi memang benar jika kawasan ini adalah tempat yang identik untuk orang-orang yang melakukan kegiatan olahraga di sana. Banyak juga tempat-tempat seperti lapangan olahraga, trek joging, atau gym yang diperlukan bagi mereka untuk melakukan rutinitas kebugarannya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Taman di Jakarta untuk Piknik, Ada Hutan Kota GBK dan Tebet Eco Park

Mungkin disini sebagian dari Genhype juga pernah datang langsung kesana untuk sekedar latihan kebugaran atau joging di sore hari. Namun, tak sedikit juga yang mendatangi GBK untuk acara konser atau acara hiburan lainnya. 

Nah, kalau Genhype lagi bosan dan ingin menghabiskan waktu seharian di satu spot saja, kalian bisa datang ke GBK. Sebenernya GBK itu tidak hanya diperuntukan untuk kegiatan semacam olahraga atau acara konser karena luasnya kawasan GBK ini kalian bisa melakukan hal-hal seru lainnya. Apa saja sih kegiatannya? Mari kita bahas. 
 

1. Piknik di Hutan Kota GBK

Kalau Genhype sedang berencana untuk piknik cantik dan rekreasi di tengah kota, kalian bisa mendatangi hutan kota yang ada di kawasan GBK. Di sana kalian dapat menikmati panorama taman yang hijau dengan view danau yang terletak di tengah taman dan gedung-gedung tinggi pencakar langit di Jakarta.

 


Tak perlu khawatir dengan polusi dan panasnya cuaca Jakarta karena di hutan kota terdapat banyak pohon rindang yang dapat membuat suasana di sana menjadi sejuk. Selain itu, terdapat juga fasilitas seperti bangku taman, trek joging, toilet, kamar mandi, dan mushola untuk solat, serta food court untuk pengunjung yang ingin mengisi perut setelah beraktivitas.

Hutan kota GBK sendiri memiliki jam buka dan operasional yang terbatas. Kalau Genhype mau datang kesini, catat, ya. Area hutan kota sendiri buka setiap hari Selasa hingga Minggu. Adapaun jam operasionalnya dibagi menjadi dua shift, yaitu pukul 06.00-10.00 WIB untuk shift pertama dan pukul 15.00-18.00 WIB untuk shift kedua. 

Untuk datang ke Hutan Kota GBK, kalian bisa menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta atau MRT dan kalian bisa turun di Pintu 7 GBK. Genhype juga bisa membawa kendaraan pribadi dengan lokasi parkir berbayar yang tersebar di sekitar kawasan GBK.

Kapan lagi kan kalian bisa menikmati hutan kota gratis dengan pemandangan gedung-gedung tinggi di Jakarta.
 

2. Bersantai di lapangan softball

Kalau Genhype lagi penat dan banyak pikiran, coba deh sesekali datang ke lapangan softball yang ada dikawasan GBK. Di tempat ini kalian bisa duduk-duduk santai di tribun penonton atau taman sekitar lapangan sambil melihat orang-orang yang bermain softball. Di sekitar lapangan softball juga terdapat gedung-gedung tinggi untuk merasakan vibes ibu kota Jakarta. 

Sebagai informasi, lapangan softball ini dibuka untuk umum dan tidak ada biaya untuk masuk, jadi kalian bisa bebas datang kapan saja. Kalau Genhype mau datang berkunjung kalian bisa masuk lewat akses Pintu 6 GBK atau masuk melalui pintu tepat di sebelah FX Sudirman. 

Lapangan softball di kawasan GBK menyediakan fasilitas seperti ruang ganti, toilet, vanding machine untuk minuman, dan ada juga spot untuk kalian foto-foto. 

Ada tips juga nih buat Genhype yang mau datang kesini, disarankan datang ke lapangan softball pada sore hari agar bisa melihat indahnya langit sore ketika matahari akan terbenam karena begitu akan memasuki waktu malam, ambience-nya menjadi lebih tenang dan sendu. 
 

3. Nongkrong di rooftop cafe

 


Genhype tahu tidak kalau di kawasan GBK terdapat kafe dan restoran yang berada di lantai teratas gedung Parkir Timur Senayan. Namanya Sentosa Senayan dan The Wolf Espresso. Spot yang digadang-gadang sebagai hidden gem ini lokasinya tepat menghadap gedung-gedung tinggi di sepanjang Jalan Sudirman.

Area yang menaungi kafe dan restoran cocok buat kalian pengejar sunset daerah Jakarta. Terdapat juga ruangan indoor dan outdoor di cafe ini. Selain itu, Genhype juga bisa duduk-duduk santai di taman yang ada di restoran ini. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Fakta Menarik Film Exhuma, Horor Korea yang Dibintangi Lee Do-hyun

BERIKUTNYA

5 Lagu Populer Karya Ed Sheeran yang DIbawakan Penyanyi Top Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: