Rekomendasi taman di Jakarta (Sumber Foto: Freepik)

7 Rekomendasi Taman di Jakarta untuk Piknik, Ada Hutan Kota GBK dan Tebet Eco Park

29 August 2023   |   09:39 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Jakarta tak hanya dipenuhi oleh gedung-gedung tinggi pencakar langit saja. Kota metropolitan ini juga memiliki ruang terbuka hijau sebagai fasilitas umum yang bisa dinikmati banyak orang. Misalnya taman kota yang tersebar di beberapa titik wilayah Jakarta.

Banyak yang memanfaatkan taman kota untuk rekreasi, piknik, olahraga, atau hanya sekadar untuk istirahat melepas penat. Taman-taman ini juga memiliki fasilitas yang memadai, seperti toilet, musala, playground anak, area jogging, foodcourt, dan lainnya.

Baca juga: 5 Resep Kudapan yang Pas Buat Bekal Piknik di Akhir Pekan

Nah Genhype, berikut adalah rekomendasi taman di Jakarta yang cocok untuk piknik dan untuk berbagai aktivitas menyenangkan lainnya.


1. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK (Sumber Foto: Jakarta Tourism)

Hutan Kota GBK (Sumber Foto: Jakarta Tourism)

Hutan Kota GBK berlokasi di jalan Jenderal Sudirman, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dulunya area seluas 14,711 hektar ini merupakan golf driving range. Sampai kemudian disulap menjadi ruang terbuka hijau untuk masyarakat umum.

Taman ini memiliki banyak pepohonan hijau, kolam ikan, jalan setapak, amphiteater dan lainnya. Selain piknik di hamparan rumput yang luas, pengunjung juga bisa berolahraga seperti jogging, jalan kaki atau bersepeda. Hutan Kota GBK juga memiliki fasilitas pos keamanan, toilet , ruang ganti, serta kios-kios makanan dan minuman.

Apabila ingin berkunjung ke hutan kota GBK bisa masuk secara gratis dengan jam operasional 06.00 - 10.00 dan 15.00-18.00. Sementara pada hari senin tempat ini ditutup.


2. Taman Langsat

Taman Langsat (Sumber Foto: Java Travel)

Taman Langsat (Sumber Foto: Java Travel)


Taman Langsat berlokasi di Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan, di belakang Pasar Burung Barito. Taman ini memiliki luas 3,6 hektar dengan fasilitas yang cukup memadai. Terdapat jogging track, area bermain anak-anak, dan tempat duduk untuk istirahat.

Taman ini memang terbilang sunyi pada siang hari. Namun, cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan ditemani kicauan burung dan pepohonan rindang. Untuk bisa berkunjung ke taman Langsat, masyarakat bisa masuk secara gratis tanpa dipungut biaya tiket masuk. Jam operasionalnya mulai 06.30 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari.


3. Taman Menteng

Taman Menteng (Sumber Foto: Twitter/@JakartaTourism)

Taman Menteng (Sumber Foto: Twitter/@JakartaTourism)


Taman Menteng berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. aman ini berdiri di atas lahan seluas 2,9 hektar, serta memiliki koleksi 30 spesies tanaman berbeda. Fasilitas lainnya ada jogging track,  lapangan futsal dan lapangan basket.

Untuk anak-anak ada area bermain dan tempat duduk yang nyaman. Menjelang sore biasanya Taman Menteng sering digunakan untuk acara musik dan pertemuan komunitas. Taman Menteng dibuka setiap hari untuk umum secara gratis, mulai jam 05.00-22.00 WIB.
 

4. Taman Suropati

Taman Suropati (Sumber Foto: Jakarta Pusat)

Taman Suropati (Sumber Foto: Jakarta Pusat)

Taman Suropati berlokasi di kawasan Menteng, tepat pada pertemuan tiga jalan, yakni jalan Imam Bonjol, jalan Teuku Umar, dan jalan Diponegoro. Taman Suropati ini merupakan taman tertua di Jakarta, karena sudah berdiri sejak 1920. 

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di taman ini, seperti piknik di bawah pohon besar yang usianya sudah ratusan tahun. Kamu bisa menyantap makanan sambil melihat pemandangan kolam ikan. Selanjutnya jika ingin olahraga, di sini tersedia jogging track.

Terakhir para pengunjung bisa istirahat sejenak untuk mengisi perut di food court taman Suropati. Taman ini terbuka gratis untuk umum dan dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.


5. Taman kota waduk pluit

Taman kota waduk pluit (Sumber Foto: Jakarta Tourism)

Taman kota waduk pluit (Sumber Foto: Jakarta Tourism)


Taman Kota Waduk Pluit letaknya bersebelahan dengan Waduk Pluit, di jalan Pluit Timur Raya, Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Taman seluas 10 hektare ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti alat olahraga, lapangan basket dan futsal, jogging track, amphitheater, toilet, dan playground

Pada hari biasa, taman kota waduk pluit tidka begitu ramai. Namun, pada akhir pekan, area ini dipadati oleh pengunjung untuk piknik dan melakukan kegiatan rekreasi lainnya. Taman kota Waduk Pluit bisa dikunjungi secara gratis setiap hari dalam 24 jam.
 

6. Tebet eco park

Tebet Eco Park (Sumber Foto: Twitter/@kotajaksel

Tebet Eco Park (Sumber Foto: Twitter/@kotajaksel)


Tebet Eco Park berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan. Taman ini memiliki luas sekitar 7 hektar dan ditanami lebih dari 1.000 pohon.Tebet eco park sendiri dulu sempat ditutup untuk revitalisasi pada 2021 dan kembali dibuka pada 2022 dengan menyuguhkan wajah baru yang lebih segar.

Fasilitas di Tebet Eco Park terbilang sudah memadai, seperti area piknik, toilet, musholla, playground, jogging track, lapangan sepak bola mini, dan lainnya. Di sini juga terdapat infinity link bridge yakni jembatan ikonik berbentuk lambang infinity atau tak terbatas.

Ada juga Community Garden yakni kawasan khusus bercocok tanam bagi masyarakat sekitar Tebet maupun komunitas berkebun lokal. Tebet eco park buka setiap hari pada jam 06.00–11.00 dan 13.00–18.00, untuk masuknya gratis.
 

7. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng (Sumber Foto: Jakarta Tourism)

Taman Lapangan Banteng (Sumber Foto: Jakarta Tourism)


Taman Lapangan Banteng berlokasi di sebelah utara Monumen Nasional (Monas) atau pusat kota Jakarta. Taman ini mencatatkan sejarah penting Jakarta. Terdapat patung gagah yang berdiri di tengah-tengah yang dinamakan sebagai Monumen Patung Pembebasan Irian Barat dari penjajahan Belanda. 

Taman ini memiliki beragam fasilitas seperti taman bunga untuk piknik, air mancur, patung-patung seni, serta jogging track. Selain itu, pertunjukan air mancur menari di taman Lapangan Banteng menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu para pengunjung.

Baca juga: Begini Konsep Baru Piknik di Taman Hiburan setelah Pandemi

Pertunjukan air mancur hanya dilaksanakan pada akhir pekan di malam hari, terdapat empat sesi yang dimulai sejak pukul 18.30 WIB. Taman Lapangan Banteng sendiri buka mulai jam 06.00-20.00 setiap hari. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sempat Membaik Diguyur Hujan Buatan, Kualitas Udara DKI Jakarta Kembali Tidak Sehat

BERIKUTNYA

Gran Turismo Salip Barbie dalam 3 Hari Penayangannya di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: