Ilustrasi Rijsttafel masa kini. (Dok. Tugu Kunstkring Paleis)

Ingin Rasakan Suasana Rijsttafel? Coba Sajikan 7 Menu Ini

18 August 2021   |   15:12 WIB

4. Hidangan daging dan ikan
 
Ilustrasi hidangan ayam. (Dok. Keriliwi dari Unsplash)
Dalam jamuan makan rijsttafel, olahan daging ayam atau bebek, sapi, dan babi menghiasi meja makan dengan berbagai variasi masakan. Untuk ayam, pengolahannya bisa dilakukan dengan dimasak, digoreng, dicampur kari (menjadi kari ayam), atau dicampur bumbu dan rempah lain. Salah satu contoh olahan ayam yang populer adalah ayam besengek.

Lalu, daging sapi dalam jamuan rijsttafel diolah dengan dendeng yang merupakan sobekan daging sapi yang diiris tipis dan diberi bumbu, dikeringkan sinar matahari, dan digoreng dengan minyak atau mentega.

Hidangan babi sendiri datang dari pengaruh masakan Tionghoa atau China, di mana pengolahannya bisa dilakukan dengan menjadikan daging babi sebagai sate, dimasak dengan saus seperti babi kecap dan babi gulai, atau dimasak dengan bumbu tertentu seperti babi merah.

Sementara itu, hidangan ikan juga disajikan di dalam rijsttafel, di mana biasanya ikan yang digunakan adalah ikan laut dan sungai yang dimasak, dipanggang, atau disajikan dengan saus kari. Contoh hidangannya adalah ikan asam garam dan ikan goreng cuka.

5. Sambal
Selain nasi, sambal juga merupakan makanan utama yang wajib hadir di dalam jamuan rijsttafel. Fadly bercerita bahwa sambal adalah menu dengan variasi terbanyak dan menjadi yang paling ikonik. Sambal ini hadir dalam belasan jenis, baik sambal yang sudah ada seperti sambal goreng dan sambal mentah maupun sambal yang merupakan hasil kreasi seperti sambal badjak dan sambal setan.

"Orang mencari sensasi dengan nama nyeleneh dan saat itu banyak aneka sambal. Semakin pedas dan membakar rasa sambalnya, orang Eropa merasakan histeria tersendiri," jelas Fadly ketika bercerita tentang alasan sambal disukai oleh orang-orang Belanda saat itu.

Jadi, buat GenHype yang mau mencoba hidangan rijsttafel, jangan lewatkan sambal dalam hidangan kalian. Sebab, makanan satu ini bisa jadi kesempatan kalian mencoba berbagai macam saus pedas mulai dari sambal petis hingga sambal goreng tomat.

6. Panganan tambahan
 
Ilustrasi pisang goreng. (Dok. Wok & Skillet)
Jangan kaget jika kalian melihat beberapa panganan tambahan seperti serundeng, telor dadar, kacang goreng, kerupuk, dan pisang goreng di dalam hidangan rijsttafel. Bahkan makanan seperti kerupuk dan pisang goreng merupakan makanan yang juga disukai oleh orang-orang Belanda pada masa kolonial.

Fadly berbagi bahwa pisang goreng merupakan salah satu makanan yang memicu keheranan karena rasanya yang disukai oleh beberapa kalangan orang Belanda.

"Ini juga yang memunculkan keheranan di mata Sultan Yogyakarta ketika melihat kebiasaan orang Belanda makan pisang goreng, terutama perempuan Belanda yang sangat gandrung makan pisang goreng bahkan ditempatkan sebagai makanan penutup," tambahnya.

7. Minuman khas
Dalam sejarah rijsttafel, ada kebiasaan yang umum dilakukan di kalangan orang Belanda di mana jamuan makan ini berakhir dengan konsumsi minuman beralkohol. Tapi, jika Genhype ingin menikmati pengalaman serupa, Fadly menyebutkan minuman khas seperti cendol, dawet, dan bir pletok bisa dipilih sebagai pengganti dari bir atau minuman beralkohol.


Edtior: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Memahami Krisis Iklim & Dampaknya bagi Kehidupan

BERIKUTNYA

Tinder Bakal Verifikasi Identitas untuk Semua Pengguna

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: